Widget HTML Atas

Contoh Soal (UKOM) Perawat Lengkap Jawaban Terbaru

Contoh Soal (UKOM) Perawat Lengkap Jawaban Terbaru

Hallo sahabat semua kembali lagi dengan saya nih admin yang akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah soal atau kisi-kisi soal perawat yang mungkin bisa di jadikan sebuah referensi untuk kalian semua, nah oleh sebab itu simak ulasan berikut ini he he he.

Latihan Soal Ujian Kompetensi Mahasiswa Perawat

1. Keluarga bapak S 30 tahun tahap perkembangan usia sekolah tinggal di Kelurahan J di dapatkan data An. S usia 7 tahun sedang sakit, Ibu mengatakan anaknya terbiasa jajan di warung, sulit makan, saat ini mengeluh mual, muntah, dan panas naik turun. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan Suhu 390C, pernafasan 22x/menit, Nadi 92x/menit, Berat badan sebelum sakit 20 kg dan saat ini 18 kg, lidah nampak kering dilapisi selaput tebal, perut kembung, nyeri tekan pada perut kanan, dan keluarga cemas akan kondisi anaknya. Apakah masalah keperawatan utama yang muncul pada kasus keluarga di atas?
A. Hipertermi pada An. S
B. Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh pada An. S
C. Nyeri akut pada An. S
D. Ansietas pada An. S
E. Mual pada An. S

2. Keluarga Tn. A 25 tahun tahap perkembangan pree school tinggal di desa X, istri Ny. B 20 tahun dan An. D 10 bln. Di dapatkan data An. D sudah 2 hari pilek, sudah lama tidak di bawa ke posyandu, belum mendapatkan imunisasi campak, DPT, polio. Ibu mengatakan tidak tahu manfaat imunisasi untuk anak dan malas ke posyandu. Pemeriksaan fisik suhu tubuh 37ÂșC, nadi 98x/mnt, pernafasan tidak dapat dihitung (anak rewel), pada KMS belum imunisasi Campak, DPT III, polio III, hepatitis, 4x tidak datang ke Posyandu. Apakah masalah keperawatan utama yang muncul pada kasus keluarga tersebut?
A. Hipertermi pada An. D
B. Pola nafas inefektif pada An. D
C. Kurang pengetahuan pada keluarga Tn A
D. Bersihan jalan nafas inefektif pada An. D
E. Resiko terkena penyakit (kurangnya cakupan imunisasi) pada An. D

3. Seorang laki-laki berusia 65 tahun sejak 3 hari yang lalu dirawat di ruang penyakit dalam d3ngan keluhan nyeri dada sebelah kiri. Menjalar ketangan kiri dan punggung pasien, dari hasil pengkajian ulang pasien mengatakan nyeri sudah tidak ada. Bernafas tidak berat lagi TD 130/ 80 mmhg. Nadi 92x/mnt. RR 20X /mnt. Suhu 37,2°C. Pasien dinyatakan boleh pulang esok hari Apakah haluaran (outcome) dari tindakan keperawatan pasa pasien tersebut?
A. Mengetahui cara minum obat
B. Secara verbal menyatakan nyeri hilang
C. Dapat mengontrol aktivitasnya sehari-hari
D. Mengetahui kapan harus control ulang
E. Tidak tergantung pada obat-obatan

4. Seorang perempuan 35 tahun dirawat diruang penyakit dalam d3ngan keluhan cepat cape. Dan siklus menstruasi tidak teratur. Dari hasil pengkajian didapatkan kuku mengkilap. Rambut tipis. Kulit kering. Pasien kurang mampu atau terlambat menangkap pengetahuan baru Td 100/70 mmhg. Nadi 88x/mnt. Suhu 36.0°C. RR 18x/mnt. BB 75kg. TB 155 cm. Dari hasil Lab di dapatkan T4 3.5 ug/dl. T3 70 ug/dl. Apakah masalah keperawatan pada pasien tersebut?
A. Ketidak seimbangn nutrisi
B. Gangguan pencernaan
C. Kurang pengetahuan
D. Intolerasi aktivitas
E. Hipotermi

5. Pasien Tn. A laki-laki 25 tahun datang ke IGD dengan keluhan gatal-gatal seluruh tubuh, dyspnoe dan hypotensi. Riwayat penyakit yang harus dikaji pada pasien tersebut adalah ?
A. Riwayat sebelumnya tentang alergi yang dialami
B. Riwayat keluarga tentang alergi yang dialami
C. Pengobatan apa yang membuat pasien alergi
D. Makanan apa yang membuat alergi
E. Kapan kejadian alergi terjadi

6. Seorang perawat akan memberikan penyuluhan kepada pasien yang menerita penyakit jantung koroner factor yang paling mempengaruhi terhadap terjadinya penyakit tersebut. Sebelumnya perawat sudah menjelaskan tentang factor yang dapat di modofikasi maupun factor yang tdk dapat di modofikasi. Apakah factor yang paling berpengaruh paling banyak terhadap kesehatan?
A. Usia
B. Merokok
C. Keturunan
D. Kurang aktivitas
E. Tekanan darah tinggi

7. Seorang laki-laki 50 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan gagal jantung sebelah kiri, pasien mengeluh cepat cape. Kalau melakukan aktivitas dan sudah 3 hari ada batuk. Dari hasil pengkajian didapatkan mulut, dan bibir pucat, dg TD 110/70 mmhg, nadi 120x/mnt, rr 28x mnt, suhu 37,2°c. Pasien selalu bertanya kapan bisa pulan. Hb 10gr/dl. Saturasi oksigen didapatkan 85%. Dari hasil gambar sinar X didapatkan adanya pembesaran jantung bagian kiri. Apakah masalah keperawatan pada pasien tersebut?
A. Intolerasi aktivitas
B. Gangguan perfusi jaringan
C. Resiko kekurangan nutrisi
D. Gangguan rasa aman (cemas)
E. Gangguan bersihan jalan nafas.

8. Sekitar 25.000 bayi di propinsi pada tahun 2013 mengalami kasus gizi buruk. kurangnya asupan makan bergizi pada anak diduga berkaitan erat dengan pola asuh, daya beli orang tua, dan penyakit yang diderita anak. Perawat melakukan pengkajian dengan cara mengidentifikasi terlebih dahulu program yang bisa memfasilitasi masalah tersebut.Apakah kegiatan pokok puskesmas yang mencakup fenomena tersebut?
A. KIA
B. P2M
C. Kesling
D. Promkes
E. Pengobatan

9. Seorang perawat komunitas sedang mengkaji data di posyandu balita, didapatkan seorang anak balita yang mengalami gizi buruk, dengan hasil pemeriksaan BB 12 Kg, TB 80 Cm. Setelah digali lebih dalam terdapat data kurangnya asupan makan bergizi pada anak berkaitan erat dengan pola asuh,  daya beli, dan penyakit yang diderita anak. Apakah data yang diperlukan sebagai penunjang penentuan diagnosis keperawatan?
A. Usia
B. Alamat
C. Pendidikan
D. Riwayat penyakit
E. Pendapatan orang tua

10.Seorang anak laki-laki usia 12 tahun didiagnosa leukimia. Kedua orang tuanya menyatakan bahwa mereka tidak sanggup membayar biaya pengobatan untuk anak laki-laki mereka dan merencanakan untuk beralih ke terapi alternative dan menghentikan proses perawatan di rumah sakit. Intervensi yang harus dilakukan pada keluarga tersebut adalah ?
A. Memberikan informasi mengenai BPJS yang bisa dimanfaatkan keluarga
B. Memberikan pendidikan kesehatan mengenai bahaya penyakit leukemia
C. Mencarikan bantuan pengurangan biaya dari institusi rumah sakit
D. Melakukan terapi konseling kepada seluruh anggota keluarga
E. Memberikan saran terapi alternative yang bisa digunakan

11. Seorang pasien lansia, perempuan, usia 65 tahun, yang sedang immobilisasi, untuk menghindari pasien terjatuh dari tempat tidur perawat memasang plang bed. Prinsip etik apakah yang diterapkan oleh perawat pada kasus di atas?
A. Beneficience
B. Nonmaleficience
C. Autonomy
D. Justice
E. Veracity

12. Seorang laki-laki berusia 9 tahun, menderita Nephrotic syndrome. Terdapat edema pada wajah, abdomen, genital, dan ekstremitas bawah. Ibu pasien mengatakan bahwa berat badan anaknya naik sebanyak 2 kilogram dalam waktu 2 minggu namun ia lupa berapa gelas per hari pasien minum. Apakah masalah keperawatan utama yang terjadi pada pasien tersebut ?
A. Kelebihan volume cairan
B. Risiko kekurangan volume cairan
C. Perubahan citra tubuh
D. Perubahan integritas kulit
E. Nutrisi kurang dari kebutuhan

13. Seorang laki-laki berusia7 tahun, menjalani rawat inap karena menderita Ventricel Septal Defect. Orang tuanya mengatakan sejak kecil pasien tidak dapat beraktivitas seperti anak lainnya karena cepat merasa lelah dan sesak nafas  kemudian seluruh tubuhnya akan membiru.  Dari pemeriksaan fisik didapat data : frekuensi nafas 50 x/menit, terdapat retraksi  dinding dada,distensi vena jugularis, bunyi jantung tambahan, hepatomegali,  edema tungkai dan terdapat clubbing finger. Apakah tanda yang mengindikasikan  pasien mengalami hypoxia kronis ?
A. Clubbing finger
B. Bunyi jantung tambahan
C. Sesak nafas
D. Retraksi dinding dada
E. Edema tungkai

14. Seorang laki-laki berusia 73 tahun, mengalami gangguan tidur, kurang konsentrasi, mengalami penurunan minat, dan merasa tidak bertenaga. Masuk hasil pengkajian manakah data tersebut?
A. Kemandirian
B. Intelektual
C. Delirium
D. Depresi
E. Demensia

15. Seorang perempuan berusia 2,5 tahun, keluarga mengatakan anaknya sering mengeluh gatal-gatal pada tangan, kaki, dan dagu, anak tampak kumel, kebersihan kurang, berdaki, dan pakaian kotor. Apakah masalah kesehatan kasus tersebut?
A. Menderita skabies
B. Menderita bisul
C. Menderita kandidiasis
D. Menderita dermatitis
E. Menderita alergi

16. Seorang perempuan usia 35 tahun di rawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan BAB cair dan sering, kadang bercampur darah,sakit kepala, suhu 380C,Nadi 88x/mnt,TD;90/60 mmhg, Pernafasan 24x/mnt,turgor kulit jelek,mukosa kering, kesadaran menurun. Apakah tindakan yang pertama kali dilakukan pada pasien tersebut?
A. Memberi cairan parenteral
B. Memberikan makanan lunak rendah serat
C. Memasang NGT
D. Mencatat intake dan aut put
E. Observasi tanda tanda vital

17. Ibu dengan anak usia 30 bulan datang ke poli tumbuh kebang untuk konseling. Ibu merasa cemas, karena anaknya belum bisa mengatur BAK dan BAB nya. Orang tuanya bertanya “kapan sebenarnya anak mulai bisa dilatih untuk BAB dan BAK ?”. Manakah jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut ?
A. Sejak anak usia 6 bulan
B. Setelah anak usia 1 tahun
C. Setelah anak dapat berjalan dengan lancer
D. Setelah anak dapat duduk, dan berkomunikasi sederhana
E. Apabila anak mampu membuka dan memakai bajunya

18. Bayi perempuan usia 15 hari dirawat di ruang anak RS X dengan diagnosa medis atresia bilier, didapatkan data pengkajian kesadaran compos mentis, temperatur: 36,50 C, urine berwarna gelap, feces berwarna pucat, kulit berwarna kuning, dan palpasi hepar ada pembesaran, anak tampak tidak mau menyusu pada ibunya. Pengkajian apakah yang harus dilakukan pada bayi tersebut untuk melengkapi kasus diatas
A. Tekanan darah
B. Intake dan output
C. Refleks fisiologis
D. Refleks patologis
E. Berat badan

19. Ny X ( 70 tahun) , pernah mengalami jatuh 1 kali. Kondisi lingkungan rumah gelap dan lantai licin. Saat ini mengkonsumsi obat hipertensi, serta penurunan pendengaran dan penglihaan. Data apa saja yang harus dikaji oleh perawat untuk mengurangi resiko jatuh kasus di atas?
A. Kaji nutrisi klien
B. Kaji kesadaran pasien
C. Kaji tingkat depresi klien
D. Kaji spiritual klien
E. Kaji mual muntah

20. Seorang laki-laki 34 tahun dirawat di ruabg penyakit dalam dengan keluhan panas tinggi sejak 3 hari yang lalu. Pemeriksaan laboratorium menunjukan pasien menderita DHF . Pada saat perawat datang pasien bertanya tentang hasil pemeriksaan laboratorium tersebut perawat menjwab " hasilnya baik-baik saja pak. Apakah prinsif etik yang dilanggar oleh perawat tersebut?
A. Nonmalificence
B. Beneficence
C. Autonomy
D. Veracity
E. Fidelity

21. Seorang ibu 28 tahun dengan status obstetri G1P1A0 dengan usia kehamilan 22 minggu datang ke puskesmas dengan keluhan mudah lelah, sudah 3 hari tidak BAB, bila BAB feses keras. Dari hasil pemeriksaan fisik konjungtiva tidak anemis, sklera tidak ikterik, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi napas 19x/mnt, frekuensi nadi 78x/mnt. Tinggi fundus uteri 2 jari diatas pusat, frekuensi denyut jantung janin 134x/mnt. Pada kasus diatas, kondisi tersebut terjadi disebabkan oleh....
A. peningkatan hormon Estrogen
B. peningkatan hormon Progesterone
C. peningkatan hormon Oksitosin
D. peningkatan hormon Prolaktin
E. peningkatan hormon FS

22. Seorang lansia tinggal di PSTW, berusia 65 tahun, mengalami hip fracture setelah mengalami jatuh saat bangun dari tempat tidur. Lansia dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lanjutan. Perawat gerontik yang bekerja di PSTW menggali data faktor eksternal risiko jatuh pada tiap lansia untuk menghindari kejadian sama terulang kembali. Apakah data pengkajian yang harus digali perawat sesuai kasus di atas?
A. Jenis obat-obatan yang diberikan klinik PSTW kepada lansia
B. Gangguan penglihatan dan pendengan yang dialami lansia
C. Asupan nutrisi berkalsium dan vitamin D pada lansia
D. Ketersediaan handrails di setiap ruangan di PSTW
E. Kekuatan ekstremitas lansia

23. Seorang perempuan berusia 20 tahun dibawa keluarganya ke UGD RSJ Atma Husada Mahakam dengan alasan: sejak dicerai suaminya klien sering berteriak, memukul dirinya sendiri dan mengamuk. Saat dilakukan pengkajian mata klien melotot dan dengan pandangan yang tajam, nada suara tinggi, tangan sering mengepal, tampak tegang saat bercerita dan pembicaraan klien kasar klien tampak berantakan, TD 140/90 mmHg, Nadi 89 x/menit, suhu 37o C, dan RR 24 x/menit. Apakah tujuan umum dari rencana tindakan pada masalah utama di atas?
A. klien dapat membina hubungan saling percaya
B. klien dapat mengidentifikasi akubat perilaku kekerasan
C. klien dapat mengontrol atau mencegah perilaku kekerasan.
D. klien dapat menyebutkan cara mengontrol perilaku kekerasan
E. klien dapat mempraktikkan cara mengontrol perilaku kekerasan

24. Seorang pasien dirawat di ruang penyakit dalam. 12 jam yang lalu Tn. M usia 37 tahun mendapat kecelakaan motor. Pasien mengeluh nyeri dada dan nafas terasa sesak. Hasil pemeriksaan BP = 100/90 mmHg, HR = 95 x/m, RR = 32 x/m, T = 36,5 °C. Hasil pemeriksaan fisik suara nafas ronchi (+), tampak retraksi IC. Hasil pemeriksaan darah ditemukan Hb = 10 mg/dl dan glukosa = 180 mg/dl. Tindakan yang harus dilakukan perawat untuk mengatasi masalah pasien tersebut adalah?
A. Melakukan kleping dan postural drainase
B. Melatih nafas dalam dan batuk efektif
C. Pemasangan selang dada
D. Pemasangan infus
E. Pemasangan NGT

25. Hasil pengkajian perawat di suatu RW ditemukan data : 34 % penduduk usia produktif merasakan keluhan seperti pusing, leher kaku dan 50% diantaranya masih memiliki kebiasaan hampir setiap hari mengkonsumsi ikan asin, tidak ada pantangan terhadap makanan serta jarang  olah raga. Apakah masalah keperawatan utama pada kasus diatas ?
A. Kesiapan untuk meningkatkan pengetahuan
B. Ketidakefektifian pemeliharaan kesehatan
C. Ketidakefektifan manajemen kesehatan
D. Defisiensi pengetahuan masyarakat
E. Perilaku kesehatan berisiko

Jawaban : 
  1. E. Mual pada An. S
  2. C. Kurang pengetahuan pada keluarga Tn A
  3. A. Mengetahui cara minum obat
  4. C. Kurang pengetahuan
  5. A. Riwayat sebelumnya tentang alergi yang dialami
  6. B. Merokok
  7. B. Gangguan perfusi jaringan
  8. C. Kesling
  9. A. Usia
  10. D. Melakukan terapi konseling kepada seluruh anggota keluarga
  11. B. Nonmaleficience
  12. C. Perubahan citra tubuh
  13. A. Clubbing finger
  14. B. Intelektual
  15. A. Menderita skabies
  16. A. Memberi cairan parenteral
  17. D. Setelah anak dapat duduk, dan berkomunikasi sederhana
  18. E. Berat badan
  19. C. Kaji tingkat depresi klien
  20. D. Veracity
  21. B. peningkatan hormon Progesterone
  22. D. Ketersediaan handrails di setiap ruangan di PSTW
  23. C. klien dapat mengontrol atau mencegah perilaku kekerasan.
  24. B. Melatih nafas dalam dan batuk efektif
  25. E. Perilaku kesehatan berisiko
Semoga bisa membantu kawan-kawan semua terimakasih.
Baca Juga

No comments for "Contoh Soal (UKOM) Perawat Lengkap Jawaban Terbaru"