Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Pengertian Simbiosis Mutualisme beserta contohnya Terbaru

pengertian atau definisi dari simbiosis mutualisme lengkap dengan contoh

Apa itu simbiosis mutualisme? Istilah ini erat kaitannya dengan hubungan makhluk hidup yang saling berinteraksi sehingga menimbulkan suatu simbiosis. Tidak hanya mutualisme, ada juga simbiosis parasitisme dan komensalisme. Apa perbedaan dari ketiga simbiosis tersebut? Nah, pertama tama kita akan mengenal pengertian atau definisi dari simbiosis mutualisme lengkap dengan contoh yang bantu Anda memahaminya.

Apa itu simbiosis? Simbiosis adalah timbal balik atau hasil dari interaksi dua organisme yang berbeda tersebut. Ilmu dan pengetahuan ini umumnya diulas pada buku pelajaran sekolah dasar dari kelas 4 sampai 6 dan masuk soal ujian biologi. Materi ini membantu kita memahami secara lebih jelas bagaimana kehidupan makhluk hidup berlangsung dengan melakukan interaksi antar sesama makhluk hidup.

Nah, untuk jenis simbiosis yang pertama yakni simbiosis mutualisme memiliki pengertian hubungan antara sesama makhluk hidup yang saling memberikan keuntungan diantara kedua belah pihak tersebut. Jika kedua makhluk hidup tersebut tidak melakukan simbiosis maka hasilnya mereka akan mengalami kerugian. Menurut Anda makhluk hidup seperti hewan atau tumbuhan apa saja yang melakukan simbiosis mutualisme?

Sebagai berikut kita akan membahas beberapa contoh makhluk hidup yang melakukan simbiosis mutualisme dilingkungan sekitar kita secara lengkap. Mau tahu? Yuk simak.

Mengenal Pengertian Simbiosis Mutualisme beserta contohnya lengkap

1. Bunga dengan Kupu kupu

Contoh pertama yang bisa kita amati untuk mengenal lebih jauh tentang simbiosis mutualisme adalah hubungan yang terjadi antara bunga dan kupu kupu. Bunga dan kupu kupu adalah dua makhluk hidup yang melakukan simbiosis mutualisme. Bagaimana bisa? Perhatikan bahwa kupu kupu mencari makanan dengan menghisap madu. Madu tersebut didapat di sekitar sari kelopak bunga.

Tidak hanya kupu kupu yang mendapat keuntungan, melainkan bunga juga mendapatkan keuntungan karena kupu kupu membantu dalam proses penyerbukan bunga. Dengan demikian, dua makhluk tersebut melakukan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain.


2. Bakteri Usus halus dengan Manusia

Bakteri usus kecil yang disebut juga dengan istilah bakteri ecoli merupakan salah satu contoh simbiosis mutualisme yang ada dalam tubuh kita. Tahukah Anda, apa fungsi dari bakteri usus halus tersebut? Bakteri ini membantu dalam hal menghambat atau mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang ada dalam tubuh saat proses disintegrasi di usus besar.

Dengan demikian, Anda bisa melihat manusia mendapatkan keuntungan karena bisa terhindar dari adanya pertumbuhan bakteri jahat dalam proses degrasi. Lantas, apa keuntungan yang bisa di dapatkan dari oleh bakteri usus halus? Bakteri tersebut bisa mendapatkan sisa makanan yang berada di usus besar. Menarik sekali bukan?

3. Burung Hantu dengan Petani

Sebagaimana yang kita ketahui, manusia mempunya banyak sekali profesi pekerjaan. Salah satunya adalah petani. Kita bisa melihat petani dilingkungan pedesaan atau daerah tertentu yang memungkinkan penanaman padi. Nah, tahukah Anda petani merupakan salah satu profesi yang bisa kita ambil contoh sebagai simbiosis mutualisme.

Petani bisa diuntungkan karena kehadiran burung hantu. Dimana burung hantu bisa membantu dalam mengusir hama seperti tikus yang mengganggu proses panen menjadi berkurang. Sedangkan untuk burung hantu bisa memperoleh keuntungan untuk mendapatkan makanannya dan memenuhi perkembangannya dengan baik.

4. Jamur dengan Tanaman Alga

Hubungan saling menguntungkan atau contoh simbiosis mutualisme berikutnya adalah jamur dan alga. Apa hubungan yang terjadi antara jamur dan alga? Jamur sendiri mampu menjadikan lingkungan alga menjadi lembab sehingga nantinya alga bisa tumbuh dengan baik dan melakukan proses fotosintesis. Sedangkan jamur sendiri akan mendapatkan keuntungan dari bagian hasil fotosintesis tersebut.

5. Kerbau dengan Burung Jalak

Kerbau dan Burung Jalak rupanya saling membantu untuk bisa bertahan hidup dengan baik. Dimana burung jalak tersebut akan hinggap pada punggung kerbau, apa yang dia lakukan? Burung jalak akan mencari kutu dan membantu kerbau membersihkan kulitnya dari kutu tersebut. Sedangkan si burung Jalak bisa mendapatkan makanannya yaitu kutu. Hubungan antar keduanya saling menguntungkan sehingga bisa dijadikan contoh simbiosis mutualisme.

6. Bangau dan Kuda Nil

Bangau dan Kuda Nil adalah dua hewan yang berbeda namun ternyata bisa saling mengandalkan. Seperti halnya kerbau dan burung jalak, Bangau juga makan kutu kutu yang terdapat dalam tubuh kuda nil loh. Sehingga keduanya sama sama diuntungkan. Dimana bangau mendapatkan makanannya sedangkan kuda nil bisa bersih dari kutu.

7. Tumbuhan dan Manusia

Untuk contoh simbiosis mutualisme berikutnya adalah contoh yang umum dan kita bisa rasakan dalam kehidupan sehari hari. Kita sebagai manusia membutuhkan tumbuhan untuk bisa mendapatkan oksigen yang dihasilkan dari tumbuhan dan bertahan hidup. Sedangkan tumbuhan sendiri bisa mendapatkan karbondioksida dari hasil kegiatan manusia untuk proses fotosintesis yang bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya. Keuntungan timbal balik inilah yang disebut sebagai simbiosis mutualisme.

Inilah informasi pembahasan tentang pengertian, jenis dan contoh simbiosis mutualisme makhluk hidup dilingkungan sekitar kita secara lengkap. Dengan memahami pengertian dan juga mengamati bagaimana proses simbiosis mutualisme bisa terjadi, Anda bisa membedakannya dengan jenis simbiosis lainnya seperti komensalisme dan paratisme.


Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain