Widget HTML Atas

Apa itu PAUD Formal dan Non Formal?

Apa itu PAUD Formal dan Non Formal? - Halo bapak ibu semua kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang pengertian paud formal maupun paud non formal yang mungkin bisa menjadi bahan pengetahuan bapak ibu sekalian.

Pahami Perbedaan PAUD Formal dan Non Formal!  Ketika dihadapkan pada pendidikan anak usia dini, banyak orang tua yang bingung untuk mencari solusi pendidikan yang terbaik. Alih alih mulai memilih sekolah yang tepat, kebanyakan orang tua malah kerap dibingungkan dengan istilah dari pendidikan tersebut.

Mulai dari sekolah PAUD, playgroup, dan juga sekolah TK. Lalu apa perbedaan dari ketiga istilah jenjang pendidikan tersebut? Sebelumnya kita akan bahas dulu mengenai istilah PAUD. Istilah ini sering kali diartikan sebagai institusi pendidikan informal sebelum anak masuk ke jenjang pendidikan taman kanak-kanak alias TK.

Padahal PAUD memiliki makna yang lebih luas dari itu, di mana pendidikan ini menaungi playgroup (kelompok bermain) dan taman kanak-kanak (TK). Perbedaan pendidikan PAUD ini didasarkan atas banyak hal, salah satunya perbedaan antara PAUD formal dan non formal.

Apa Perbedaan Pendidikan PAUD Formal dan Non Formal ?

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini diperuntukkan bagi semua anak yang berusia 0 - 6 tahun. Keikutsertaan PAUD bisa jadi pondasi dasar kepribadian anak yang bertujuan menyiapkannya saat memasuki jenjang pendidikan dasar. Seperti halnya pendidikan Sekolah Dasar atau sederajat.

Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa perbedaan pendidikan PAUD formal dan non formal. PAUD dibedakan menjadi 2, yaitu pendidikan non formal seperti playgroup dan pendidikan formal seperti TK. Kelompok bermain (playgroup) biasa diisi oleh anak-anak yang berusia 2 - 4 tahun.

Sesuai namanya, playgroup menjadi tempat berkumpulnya anak-anak kecil di usia tersebut. Perbedaan cara mengajar dan pembelajaran ini juga menjadi perbedaan yang wajib dipahami oleh orang tua. Namun tak jarang, banyak orang justru mengartikan kelompok bermain ini sebagai PAUD.

Padahal ada perbedaan pendidikan PAUD formal dan non formal terhadap makna PAUD sendiri. Nah, bagi anda yang belum terlalu paham, tentu anda harus tahu perbedaan PAUD formal maupun non formal dalam satuan pendidikan anak usia dini. PAUD untuk kelompok bermain juga sekaligus menjadi tempat anak pertama kali belajar bersosialisasi.

Biasanya anak-anak akan datang dengan ditemani orang tua atau pengasuhnya, sehingga pendidikan ini sangat penting dalam melatih kemandirian. Nah, jika melihat aktivitas pembelajarannya, kegiatan yang dilakukan di playgroup lebih banyak pada kegiatan fisik. Misalnya saja seperti mewarnai, bermain, di dalam hingga bermain di luar ruangan.

Meski begitu, kegiatan ini haruslah dirancang melalui kurikulum PAUD yang jelas untuk satuan pendidikan kelompok bermain. Untuk perbedaan pendidikan PAUD formal dan non formal selanjutnya adalah membahas mengenai Taman kanak-kanak (TK). Satuan pendidikan ini bisa diikuti oleh anak yang berusia 4 - 6 tahun.

Menurut UU Sisdiknas, Taman Kanak-kanak merupakan jalur pendidikan formal untuk satuan pendidikan anak di usia dini. Ada perbedaan tersendiri antaran TK dengan kelompok bermain. Anak yang masuk ke TK sudah dapat diajarkan beberapa kemampuan dasar yang tidak didapatkan dalam pendidikan non formal.

Pembelajaran ini untuk menyiapkan bekal sekolah ke jenjang yang lebih tinggi seperti SD sederajat. Pembelajaran yang diberikan di satuan pendidikan TK seperti membaca, menulis, dan berhitung. Secara garis besar, ada beberapa pembelajaran yang didapatkan anak melalui perbedaan pendidikan PAUD formal dan non formal di TK ini.

Misalnya seperti anak dapat membaca buku cerita secara mandiri dan mengerti konsep matematika dasar. Selain itu, anak juga diajarkan kemampuan sosialisasi, bermain musik, beribadah sesuai agamanya, serta latihan gerakan olahraga tertentu. Namun sayangnya, banyak orang salah mengartikan perbedaan pendidikan PAUD formal dan non formal antara TK dan playgroup ini.

Baca Juga

No comments for "Apa itu PAUD Formal dan Non Formal?"

close