Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Contoh Pidato Persuasif beserta Strukturnya Mudah Dipahami

Contoh Pidato Persuasif beserta Strukturnya Mudah Dipahami - hey hallo semuanya kembali lagi nih bersama saya yang akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah pidato persuasif yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi sesuai dengan kebutuhan kalian semua, yuk langsung saja dalam pembahasannya.

Berikut adalah contoh teks pidato persuasif beserta strukturnya dengan berbagai topik pembahasan meliputi: bahaya narkoba, pentingnya pendidikan, kebersihan lingkungan, dan disiplin.

Contoh pidato persuasif tentang narkoba

Pembukaan

Narkoba merupakan permasalahan pelik di Indonesia bahkan dunia. Keberadaannya mengkhawatirkan banyak pihak. Kondisi para korban yang sudah terlanjur terperosok ke jurang hitamnya pun sangat memprihatinkan. Narkoba telah merusak banyak jiwa muda yang sebetulnya perjalanannya masih panjang.

Isi
Pernyataan Posisi

Tindakan tegas untuk tidak menggubrisnya sama sekali adalah satu-satunya jalan untuk menghindarinya. Karena sedikit saja berdekatan dengan benda ini, maka kita akan terperosok ke dalam lubang hitam yang akan menyiksa kita secara fisik maupun psikis.

Tahap Argumen

Bagaimana tidak, sekali mencoba narkoba maka barang ini akan terus-menerus menghantui kita setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik! Narkoba adalah zat adiktif yang artinya tubuh kita akan terus memintanya saat telah mencicipinya.

Bukan berarti tubuh kita benar-benar menginginkannya, tetapi narkobalah yang memanipulasi tubuh kita untuk memintanya. Tubuh kita akan dibodohi untuk terus memasukan obat berbahaya ini meskipun zat-zat yang terkandung di dalamnya justru menghancurkan tubuh kita.

Tak berhenti di situ saja, narkoba juga akan menyerang kita secara psikis. Artinya, hati kita akan terus dibuat gelisah jika belum mencicipinya. Kepala kita akan ditutupi oleh kegelapan yang ditimbulkannya. Hingga kita bahkan mampu untuk membentak bahkan menyakiti orang yang kita kasihi.

Berbicara perihal orang yang kita kasihi, maka yang menjadi korban bukan hanya kita sendiri. Melainkan orang-orang terdekat kita yang peduli terhadap kehidupan kita. Bayangkan perasaan orangtua Anda melihat Anda menderita karena terjebak oleh bahan berbahaya ini. Mereka tidak akan sanggup melihat kita menderita. Mereka juga akan mendapatkan banyak stigma masyarakat untuk seumur hidup!

Penguatan Pernyataan Posisi

Sudah cukup rasanya 3.000.000 orang di Indonesia yang telah terjebak dalam kenikmatan fananya. Ya, Anda tidak salah mendengarnya 3.000.000 orang dan masih terus bertambah telah terjerumus ke lubang hitam benda haram ini berdasarkan data yang dihimpun oleh BNN atau Badan Narkotika Nasional pada tahun 2019.

Penutup

Oleh karena itu saya nyatakan dengan tegas, tolong jangan dekati benda haram ini! Bukan hanya masalah hukum dan bahkan hukum hanya perantara saja. Narkoba harus dijauhi karena benda ini benar-benar destruktif, dan akan menghancurkan kehidupan Anda! Terima kasih.

Contoh pidato persuasif tentang pendidikan

Pembukaan

Garda terdepan kemajuan suatu bangsa adalah pendidikan. Pendidikan tidak akan pernah lepas dari kunci sukses dari segala segi kehidupan. Maka dari itu izinkan saya untuk menggalangkan semangat pendidikan dalam kesempatan kali ini.

Isi

Pernyataan Posisi

Pendidikan adalah bidang yang sedang kita tempuh bersama-sama saat ini. Baik sebagai peserta didik maupun sebaga penyelenggara pendidikan. Kita semua adalah sama di mata pendidikan, kita semua padu dalam ekosistem pendidikan sepanjang hayat. Artinya, sampai kapan pun dan di mana pun kita semua harus menjadi penggerak pendidikan baik dalam skala kecil maupun besar.

Tahap Argumen

Pentingnya pendidikan dalam kehidupan bangsa bersandar pada kenyataan bahwa perkembangan sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam kesuksesan sistem masyarakat. Baik dalam sektor ekonomi, sosial, politik, budaya dan sektor-sektor utama lainnya.

Masyarakat yang berpendidikan akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Contoh nyatanya dapat dilihat pada Jepang. Bagaimana negara tersebut dapat berdiri kembali dengan cepat setelah kehancurannya ketika bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Sektor pendidikan adalah salah satu hal utama yang mereka perhatikan pasca bencana kemanusiaan tersebut. Alhasil meskipun mereka kalah dalam perang dunia kedua mereka berhasil menjadi salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia.

Hal tersebut dapat ditelusuri ke salah satu artikel yang diterbitkan oleh Britannica salah satu lembaga pendidikan dunia yang menyatakan bahwa pasca kekalahannya dalam perang dunia ke-2 telah terjadi reformasi dan pengembangan besar-besaran dalam sistem pendidikan Jepang.

Penguatan Pernyataan Posisi

Dengan potongan kecil contoh tersebut saya kira sudah cukup untuk menjadi argumen kuat ihwal pentingnya pendidikan. Segala segi kehidupan di dunia ini tidak pernah lepas dari kemajuan pendidikannya pula. Bukan hanya dari segi ilmu pengetahuannya saja, tapi dari pendidikan karakter dan kemajuan mental masyarakat pula.

Penutup

Kiranya sudah cukup jelas apa yang saya sampaikan kali ini. Mari kita bersama-sama terus mengingat dan mewujudkan pendidikan yang baik dan mendidik di Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Contoh pidato persuasif tentang lingkungan (kebersihan lingkungan)

Pembukaan

Lingkungan merupakan pijakan utama kita dalam melakukan semua aktivitas kehidupan di dunia. Tanpa lingkungan yang menunjang dan memadai maka kehidupan kita tidak akan berjalan dengan baik pula. Lingkungan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula dalam kehidupan kita sebagai makhluk penghuni yang bahkan tidak akan bertahan hidup tanpanya.

Isi

Pernyataan posisi

Maka dari itu menjaganya adalah hal yang harus kita lakukan. Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sembari menggunakannya akan memberikan timbal balik yang sepadan juga bagi kita. Sebaliknya jika kita hanya meninggali lingkungan ini dan mengabaikan kebersihannya, malapetaka adalah balasannya.

Tahap argumen

Saya kira semuanya pasti sepakat bahwa kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Oleh karena itu manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah menjaga kesehatan kita. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menjaga kebersihan diri sendiri saja tidak cukup. Lingkungan tidak bersih dapat menjadi sarang bagi berbagai pembawa penyakit. Berbagai mikroba berbahaya dapat hidup di lingkungan yang tidak bersih, termasuk virus.

Selain kesehatan fisik, menjaga lingkungan yang bersih juga dapat menjaga kesehatan mental kita. Menurut American Heart Association menghabiskan waktu pada lingkungan bersih yang terbuka dan hijau mampu membantu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi.

Kemudian lingkungan yang bersih juga membuat kita jauh lebih nyaman untuk ditinggali. Semuanya pasti menyadari hal ini. Lingkungan yang bersih membuat kita lebih nyaman untuk tinggal dalam waktu yang lebih lama yang pada akhirnya akan membantu berbagai kegiatan yang kita lakukan menjadi jauh lebih lancar.

Penguatan Pernyataan Posisi

Sekali lagi saya tekankan bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh kita semua. Bisa jadi kita tidak langsung mendapatkan dampak negatifnya. Tetapi orang lain yang merupakan sesama manusia dengan Anda membayar akibatnya.

Tanpa menjaga kebersihan lingkungan sungai banjir akan melanda orang-orang yang dekat dengan sungai. Sampah plastik berujung mengotori lautan. Ya, sampah plastik jika tidak diolah dengan benar akan berujung ke lautan dan yang paling dirugikan adalah orang-orang yang berada di sana.

Bahkan, menurut data yang dihimpun national geographic, jika kita tidak berhenti membuang sampah plastik sembarangan, pada tahun 2040 hampir tiga puluh juta ton persegi sampah plastik akan membanjiri lautan.

Penutup

Demikian pemaparan dari saya mengenai kebersihan lingkungan. Semoga pidato singkat ini dapat membakar semangat hadirin sekalian untuk selalu turut menjaga rumah kita semua. Sekian dan terima kasih.

Contoh pidato persuasif tentang disiplin

Pembukaan

Selamat siang, salam sejahtera dan semoga kita semua tetap dilindungi di masa yang sulit ini. Hadirin sekalian, pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pesan singkat untuk membawa potensi diri kita semua ke tahap yang lebih lanjut.

Isi

Pernyataan posisi

Apa suatu hal yang dapat benar-benar mengeluarkan potensi kita itu? Hal tersebut bukan lain adalah disiplin. Ya, disiplin dalam arti sederhananya yakni mampu menjaga konsistensi dan konsekuen terhadap kewajiban apa yang hendak dan sedang kita lakukan. Kita sebagai civitas sekolah sudah sepatutnya menanamkan disiplin diri yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kegiatan pembelajaran.

Tahap Argumen

Tanpa disiplin seseorang yang pinta dan luar biasa cerdas pun tidak akan mampu mengeluarkan potensi dirinya. Ia tidak dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri apalagi untuk orang lain. Mengapa? Karena proses kreatif itu membutuhkan disiplin yang tinggi. Jika seseorang tidak secara disiplin mengerjakan pekerjaannya, pekerjaan itu tidak akan pernah selesai.

Kurangnya disiplin diri juga akan menghambat suatu pekerjaan menjadi lebih lambat. Artinya, pekerjaan tak kunjung selesai karena tidak adanya konsistensi pengerjaan yang akan segera membuatnya selesai. Di era revolusi industri 4.0 yang serba cepat ini, kurangnya disiplin mengancam seseorang untuk tidak dapat bertahan melawan arus lalu lintas pekerjaan yang begitu cepat ini.

Disiplin juga merupakan fondasi utama kompetensi seseorang. Mengapa? Karena disiplin adalah salah satu bagian dari soft skill yang merupakan penentu sukses atau tidaknya seseorang di dalam kehidupan. Menurut Dr. Syahrial Mukhtar, Vice President Stakeholder Relation PT. Pertamina soft skill adalah kunci keberhasilan dalam Dunia Kerja.

Penguatan Pernyataan Posisi

Dengan demikian melatih disiplin diri merupakan aspek penting yang tidak boleh terlewatkan bagi kita semua. Disiplin adalah kunci sukses kehidupan kita dalam segi atau dimensi apapun, tanpa terkecuali. Memang menjaga kedisiplinan itu bukan hal yang mudah dan bisa menjadi berat. Namun, Mario Teguh pakar motivasi Indonesia pernah berkata bahwa penderitaan karena disiplin lebih baik daripada penderitaan karena penyesalan.

Penutup

Demikian pesan yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua dapat terus menjaga dan berlatih secara berkelanjutan agar dapat menjadi individu yang disiplin. Terima kasih atas perhatiannya.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain