Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Tutorial Membuat Alat Penetas Telur Ayam Mudah Biaya Sedikit

Tutorial Membuat Alat Penetas Telur Ayam Mudah Biaya Sedikit - Hallo sahabat tips dimanapun kalian berada, kali ini admin akan membagikan kepad kalian semua tentang sebuah tips tutorial cara membuat penetas telur dengan mudah yang pastinya bakal menghemat biaya produksi kalian deh. oke kita langsung saja ke tutorialnya.

Apa itu alat penetas telur? Dibaca dari namanya saja, sudah bisa diartikan bahwa mesin tersebut berfungsi untuk menetaskan telur. Dalam hal ini, adalah menetaskan telur ayam yang banyak diternak atau dibudidayakan di luar sana. Sebenarnya, ayam betina dapat menetaskan sendiri telur-telurnya secara alami atau mandiri. Namun demikian, penetasan telurnya terlalu lama dan tingkat keberhasilannya kecil.


Berbeda dengan menetaskan telur dengan menggunakan mesin yang waktunya lebih cepat dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Misalnya, dari 10 telur ayam yang ditetaskan, paling hanya 1-2 butir saja yang gagal ditetaskan. Sisanya berhasil ditetaskan dan menjadi anakan ayam.

Dengan mempunyai mesin penetas telur sendiri, seseorang dapat menetaskan banyak anak ayam sendiri tanpa harus menunggu lama. Anak-anak ayam tersebut dapat dijual di pasaran atau dipelihara lagi agar makin besar sehingga harga jualnya lebih tinggi. Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan dan prospektif untuk digeluti. Oleh karena itu, tidak sedikit orang atau pihak yang menggelutinya.

Anda mungkin salah satu orang yang tertarik untuk beternak ayam. Jika seperti itu, tidak ada salahnya Anda menetaskan sendiri telur-telur ayamnya dengan mesin atau alat buatan sendiri. Apakah bisa membuat alat penetas telur sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana? Tentu saja bisa dan Anda dapat mempraktikkannya sendiri di rumah

Alat dan Bahan yang Digunakan


Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat sebuah alat penetas telur sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Sebuah kardus berukuran sekitar 30 cm x 30 cm x 30 cm. Usahakan kardusnya yang tebal. Jika perlu, Anda bisa melapisi sekali lagi tiap sisi kardusnya. Jika seperti itu, otomatis Anda perlu menyediakan minimal2 kardus yang berukuran sama.
  2. Sebuah lampu 5 watt jenis bohlam yang panasnya stabil. Untuk mengantisipasi lampunya tidak putus, Anda perlu menyediakan cadangan lampunya. Jangan memilih jenis lampu LH apalagi LED karena tidak memancarkan panas berlebih.
  3. Kabel beberapa meter dan peralatan listrik secukupnya yang nanti digunakan untuk mengalirkan dan menyambungkan listrik di alat penetas telur.
  4. Isolatif
  5. Gunting
  6. Cutter
  7. Sekam secukupnya
  8. Wadah tempat air berukuran sedang atau panjangnya kurang dari 10 cm.
Setelah semua bahan dan alat di atas sudah disiapkan, Anda bisa memulai proses pembuatan alat penetas telur dengan langkah-langkah berikut ini.
  1. Persiapkan kardusnya terlebih dulu. Lalu, buatlah ventilasi di bagian atas dengan ukuran sekitar 6 cm x 6 cm.
  2. Setelah itu, buatlah 4 lubang ventilasi di bagian bawahdengan masing-masing berdiameter sekitar 1 cm.
  3. Selanjutnya, letakkan wadah tempat air di bagian pojok kardus penetas telur. Tujuannya untuk menjaga kelembapan udara agar tidak terlalu kering.
  4. Jangan lupa menaruh sekam di bagian bawah kardus penetas telur dengan ketebalan sekitar 3 cm. Sebaiknya, di bawah sekam,diletakkan dulu kertas koran sebagai alasnya sehingga sekam tidak berantakan, apalagi saat diganti nanti lebih mudah.
  5. Langkah berikutnya yaitu memasang lampu 5 watt. Pasang di bagian tengah kardus dan pastikan jaraknya sekitar 8 cm – 10 cm dari telur ayam.
Setelah alat penetas telurnya selesai dibuat, Anda tinggal menyiapkan telur-telur ayam yang mau ditetaskan. Akan tetapi, tidak boleh sembarangan memilih telur ayamnya karena ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.
  1. Memiliki berat 40 – 45 gram (berat normal)
  2. Memiliki bentuk yang normal
  3. Berumur tidak lebih dari 5 hari
  4. Tidak ada kotoran di cangkang telur
  5. Permukaan telur tidak retak, tidak terlalu kasar, dan tidak lembek
  6. Tidak berbau busuk
  7. Rasio induk jantan dan betina maksimal 1:8
  8. Rongga udara terlihat jelas di bagian tumpul dan tidak berpindah-pindah
Itulah sedikit informasi mengenai cara membuat alat penetas telur sederhana. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang mudah didapatkan.


Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain