Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Contoh Proyek/P5 Penguatan Profil di Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Contoh Proyek/PS Penguatan Profil di Kurikulum Merdeka Tahun 2022 - Asslamualaikum sahabat semua kembali lagi dengan admin yang akan membagikan kepada kalian semua tentang mata pelajaran baru di kurikulum merdeka belajar, oleh sebab itu simak ulasannya ya.

Pengertian Proyek/P5 dalam Kurikulum Merdeka

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila disingkat P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Pelaksanaan P5 dalam Pembelajaran Kegiatan kokurikuler berbasis projek. Dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila

Pelaksanaanya dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Dirancang terpisah dari intrakurikuler (Tujuan, muatan, dan kagiatan pembelajaran projek profil tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler)

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pendidik dapat tetap melaksanakan pembelajaran berbasis projek di kegiatan mata pelajaran (intrakurikuler).

Pembelajaran berbasis projek di intrakurikuler bertujuan mencapai Capaian Pembelajaran (CP), sementara projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan mencapai kompetensi profil pelajar Pancasila.

Identifikasi awal kesiapan satuan pendidikan dalam menjalankan projek penguatan profil pelajar Pancasila didasarkan pada kemampuan satuan pendidikan dalam menerapkan pembelajaran berbasis projek (project based learning).

Pembelajaran berbasis projek adalah pendekatan kelas yang dinamis di mana peserta didik secara aktif mengeksplorasi masalah dan tantangan dunia nyata untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam.

Contoh Proyek/P5 Penguatan Profil di Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Nah berikut ini beberapa contoh yang saya buat mengenai proyek, simak ulasannnya ya.

1. Kewirausahaan

  • Tema : Kewirausahaan / Market Day
  • Judul Proyek : “Membangun Jiwa Enterpreneur Sejak Dini”
  • Peserta : Kelas 1 sampai 6
Deskripsi kegiatan :
Proyek “Membangun Jiwa Enterpreneur Sejak Dini” merupakan proyek utama yang akan mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang kewirausahaan yang dikenal dengan sebutan Market Day. 

Proyek ini melatih anak dari dasar tentang bagaimana caranya berinteraksi, mengelola penjualan dan melayani konsumen. Selain itu, proyek ini menjadikan sebagai sarana bagi peserta didik dan warga sekolah untuk menjalankan bagaimana prosedur tentang kerja sama, membangkitkan jiwa enterpreueneur dan kemandirian. 

Diawali dengan menganalisis permasalahan kontekstual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kemudian menentukan proyek dalam bentuk hasil karya tulis, gerak dan seni, jiwa kewirausahaan dan potensi sumber daya alam dan budaya lokal di sekitar satuan pendidikan. 

Proyek ini dikembangkan per jenjang kelas dengan bimbingan guru kelas dan guru mata pelajaran yang kemudian digabungkan dalam satu event di akhir proyek pada akhir semester.

Proyek ini mengakomodir 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila dan merupakan integrasi beberapa mata pelajaran, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni, Matematika dan Bahasa Indonesia.


2. Kembang Gula

  • Tema : Kembang Gula
  • Judul Proyek : “Menggali Kreatifitas dan Bakat Generasi Pemuda”
  • Peserta : Kelas 1 sampai 6
Deskripsi kegiatan :

Proyek kedua dari Profil Pelajar Pancasila SD IT Muhammadiyah Bireuen mengemas unsur dan nilai-nilai untuk mengasah potensi dalam kompetensi. 
Proyek ini mengangkat bagaimana cara gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif dan kebhinekaan menjadi sebuah kekuatan dan potensi yang luar biasa. 

Permasalahan utama yang muncul adalah rendahnya keinginan untuk mengasah bakat yang dimiliki.. Proyek ini pun tetap terintegrasi dengan mata pelajaran dalam intrakurikuler. 

Proyek kedua ini merupakan proyek yang mengasah potensi dan bakat dalam kompetensi. 

Proyek ini mencerminkan kabayan versi modern yang mengajak teman-temannya untuk menjadi duta budaya Sunda setelah melalui perjalanan lintas waktu yang mengenalkan mereka tentang nilai luhur budaya Sunda.

Selain drama musikal, diadakan pula pameran tahunan yang menampilkan semua hasil karya dan potret pembelajaran selama satu tahun untuk semakin mengenalkan SD Keseluruhan proyek ini sangat menggambarkan 6 dimensi nilai Profil Pelajar Pancasila.

Berikut adalah timeline proyek kedua Profil Pelajar Pancasila.



Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain