Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

7 Tips Kuliah sambil kerja dan tetap Seimbang dengan Perkuliahan

Kuliah sambil kerja dan tetap Seimbang dengan Perkuliahan

Kuliah sambil kerja dan tetap Seimbang dengan Perkuliahan - Terkadang terbesit di dalam hati sebuah rasa ingin mandiri dan tidak minta lagi ke orang tua, entah fikiran itu datangnya darimana ada rasa aja begitu ingin meringankan beban orang tua ya minimal tidak meminta uang jajan lagi.

Kamu ingin menempuh pendidikan tinggi, tetapi ekonomi terbatas? Atau mungkin, orang tuamu mewajibkan untuk mandiri ketika masuk universitas? Tak perlu khawatir; kamu bisa kok, kuliah sambil kerja.

Meski tidak mudah menjalani hal itu, kelak kamu akan merasakan manfaatnya. Nah, supaya antara kuliah dan pekerjaan tetap seimbang, simak tips-tips berikut ini.

1. Kuliah Sambil Kerja adalah Pilihan—Kuatkan Mentalmu
Mahasiswa lain menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, main, berorganisasi, atau bersenang-senang. Sebaliknya, kamu harus mengorbankan sebagian kesempatan di sela kuliah untuk bekerja.

Saat itulah mentalmu diuji—kuat atau tidaknya menjalani kehidupan ini. Kalau berhasil lolos, kamu bisa menjadi generasi paling tangguh di masa tersebut.

2. Agar Tak Mengganggu Waktu Kuliah, Pilih Pekerjaan Freelance
Tips kedua, pilihlah pekerjaan paruh waktu atau freelance. Kamu tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

3. Meski Bekerja, Bukan Berarti Kamu Mengabaikan Organisasi
Bagi sebagian mahasiswa yang kuliah sambil kerja, ikut organisasi adalah hal mustahil. Padahal, itu bisa diatasi dengan membagi waktu secara seimbang.

Semisal, dari hari Senin sampai Kamis kamu harus bekerja. Berarti, carilah organisasi yang aktivitas rutinnya di luar waktu tersebut. Mudah, kan?

4. Tetap Jaga Kesehatan, Walaupun Jadwalmu Padat
Ketika menjalani kuliah sambil bekerja, kamu mungkin mengalami kelelahan. Itu hal biasa, selagi tidak sampai jatuh sakit. Tipsnya, terapkan pola hidup sehat dengan berpikir positif, rajin olahraga, dan menyantap makanan bergizi. Jangan lupa, perbanyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh seimbang.

5. Agar Tidak Keteteran, Jangan Pernah Menunda Tugas Kuliah
Lelah yang melanda seusai bekerja, sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk menunda tugas kuliah. Kalau kamu belum bisa mengerjakannya sepulang kerja, cobalah menuntaskan di pagi hari. Ingat kata Jim Stone—penulis buku dari Amerika Serikat—bahwa kebiasaan menunda akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

6. Manfaatkan Kesempatanmu Selama Bekerja untuk Mencari Relasi
Kamu tidak akan pernah tahu, sosok yang menjadi rekan bisnis di masa depan. Bisa jadi, mereka adalah orang tua murid lesmu, kawan selama di tempat kerja, atau justru klien yang kamu layani. Jadi, selagi ada kesempatan, carilah relasi sebanyak-banyaknya.

7. Selagi Bekerja, Bangunlah Hubungan Baik dengan Bosmu
Walaupun jarang bertemu dengan bosmu, cobalah untuk berkomunikasi. Ceritakan tentang kuliah atau kondisi kamu selama ini. Mungkin, ada sedikit kelonggaran manakala bekerja di sana.

Semisal, tiba-tiba kamu harus terlambat bekerja, bosmu tidak akan marah. Pasalnya, ia bisa memahami hal yang menjadi alasanmu.
Semoga bermanfaat dan tetap semangat.
Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain