Widget HTML Atas

Kisi-kisi contoh soal ukom kebidanan terbaru

Kisi-kisi contoh soal ukom kebidanan terbaru - Hallo sahabat semua kembali lagi dengan saya admin yang akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah soal latihan uji kompetensi kebidanan yang mungkin bisa di jadikan sebagai bahan untuk belajar, soal ukom bidan ini saya sertakan dengan jawabannya secara terpisah, jadi kalian bisa mengetahuinya setelah kalian mengerjakannya.

1. Pada tanggal 24 April 2019 seorang perempuan membawa anaknya yang berumur 3 tahun datang ke klinik dengan keluhan anak buang air besar 4 x sehari, konsistensi air, anak tidak mau makan, BB menurun

A. Gentamisin 4 mg/ Kg BB/ hari

B. Gentamisin 5 mg/ Kg BB/ hari

C. Gentamisin 6 mg/ Kg BB/ hari

D. Gentamisin 7 mg/ Kg BB/ hari

E. Gentamisin 8 mg/ Kg BB/ hari


2. Seorang bidan melakukan penyuluhan pada remaja mesjid di desa Mekar pada tanggal 26 Mei 2019. Metode penyuluhan yang dilakukan untuk mendapatkan umpan balik dari remaja adalah?

A. Bersifat Konseling

B. Bersifat Motivasi

C. Bersifat Nasihat

D. Bersifat satu arah

E. Bersifat dua arah


2. Seorang perempuan membawa anaknya yang berumur 3 tahun ke BPM dan mengatakan anaknya sering batuk-batuk, suhu badan yang tiba-tiba nai, sesak, ada cupping hidung, disertai dengan muntah dan diare. Diagnosa kasus diatas adalah

A. Pneumonia Pneumokokus

B. Pneumonia Lobaris

C. Pneumonia Stafilokokus

D. Pneumonia Streptococus

E. Pneumonia Pseudomonas aeroginosa


3. Seorang perempuan datang ke BPM, mengatakan mengalami keputihan yang berbau dan berbusa, vulva membengkak, kemerahan dan gatal. Suami perempuan tersebut berprofesi sebagai Supir. Hasil pemeriksaan v4gin4 terdapat keputihan yang berbau dan kental. Diagnosa yang tepat adalah?

A. Sifilis

B. Herpes Genetalis

C. Tricomonas V4gin4lis

D. Chancroid

E. Klamida


4. Seorang perempuan datang ke Bidan Praktik mandiri membawa bayinya usia 1 bulan untuk imunisasi. Hasil pemeriksaan: Keadaan bayi baik, TTV normal, BB normal. Imunisasi apa yang diberikan seorang bidan?

A. HB1

B. Vit K

C. DPT 1

D. BCG

E. DPT 2


5. Seorang bayi telah lahir spontan 2 hari yang lalu di RS, gerakan aktif, TTV : Normal, BB 3000 gram PB 49 cm ,. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan kelainan, TTV normal, dilakukan pemeriksaan refleks dengan cara menyentuh bagian pipi bayi dan bayi memberikan respon dengan cara mengikuti arah jari. Apakah nama refleks yang dilakukan bidan?

A. refleks rooting

B. refleks babinski

C. refleks sucking

D. refleks grasping

E. refleks moro


6. Seorang perempuan usia 28 tahun baru saja melahirkan 6 jam yang lalu. Bayi menangis kuat, warna kulit merah, gerak aktif, BBL 2900 gram. Penatalaksanaan apakah yang harus dilakukan terhadap bayi?

A. Memandikan

B. Mengeringkan

C. Menghisap lendir

D. Memotong tali pusat

E. Inisiasi menyusu dini


7. Seorang bayi telah lahir spontan 1 jam yang lalu, aktif, TTV : Normal, BB 2900 gram PB 48 cm ,. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan kelainan, bayi diletakkan di ruangan ber AC. 30 menit kemudian suhu bayi turun hingga Disebut mekanisme apakah kehilangan suhu tubuh pada bayi tersebut?

A. Evaporasi

B. Konduksi

C. Konveksi

D. Radiasi

E. Termogulasi


8. Seorang perempuan usia 26 tahun P1AO, telah melahirkan bayi secara spontan. 30 menit yang lalu di BPM, Bidan telah melakukan penyuntikan Oksitosin1 dan 2, massase uterus. Dari hasil pemeriksaan didapatkan ibu mengalami perdarahan, placenta lahir lengkap. Kandung kemih kosong.

Apakah diagnosis pada ibu tersebut?

A. Solutio placenta

B. Robekan serviks

C. Sisa Placenta

D. Atonia uteri

E. Inversio uteri


9. Seorang perempuan usia 28 tahun, G1P0 datang ke BPM dengan keluhan keluar lendir bercampur darah,mules-mules. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh bidan didapatkan hasil pembukaan 8cm, his: 3x10’selama 30 detik, ketuban utuh. Lambang untuk penulisan air ketuban di patograf adalah?

A. U

B. J

C. M

D. D

E. S


10. Seorang perempuan melahirkan bayi di BPM 15 menit yang lalu dan telah dilakukan penyuntikan oksitosin, akan tetapi placenta belum lahir. Tindakan apakah yang harus dilakukan bidan?

A. Pemberian oksitosin ke 2

B. Periksa kandung kemih

C. Periksa adanya tanda-tanda pelepasan plasenta

D. Lakukan pemasangan infus

E. Lakukan dorso kranial


11. Seorang perempuan umur 23 tahun, G1P0A0 datang ke BPM dengan keluhan keluar lendir bercampur darah sejak semalam. Hasil pemeriksaan, TTV normal, Palpasi abdomen sesuai dengan Usia kehamilan, His : 2x20, 30”, Pembukaan : 3cm, portio: tebal lunak, teraba muka, mulut dan rahang, ketubuan +. Apakah presentasi janin berdasarkan hasil pemeriksaan dalam?

A. Presentasi dahi

B. Presentasi muka

C. Presentasi ganda

D. Presentasi kepala

E. Presentasi bokong


12. Seorang perempuan umur 25 tahun,G2P0A0, 28 minggu datang ke BPM dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, mual/muntah. Hasil pemeriksaan : TD : 110/70 mmhg, Suhu:37,8, Nadi : 80x/menit, RR :20x/menit, Palpasi abdomen dan keadaan janin normal, ada nyeri lepas sebelah kanan perut, tidak ada pengeluaran darah perv4gin4m. Apakah diagnosa kemungkinan pada ibu tersebut?

A. Peritonitis akut

B. Peritonitis

C. Apendisitis

D. Amnionitis

E. Metritis


13. Seorang perempuan umur 24 tahun, G1P0A0 hamil 39 minggu datang ke BPM dengan keluhan mengeluarkan cairan dari jalan lahir sejak 1 jam yang lalu dan berlangsung terus menerus, belum mengeluarkan lendir darah. Hasil pemeriksaan: keadaan umum baik, TTV Normal, TFU 40 cm, puka, divergen, DJJ 156 x/menit, His:2x10’. Hasil pemeriksaan dalam portio tebal, lunak, belum ada pembukaan. Apakah diagnosa pada ibu tersebut?

A. KPD

B. Infeksi

C. Tanda-tanda inpartu

D. Perdarahan

E. Hipertensi


14. Seorang perempuan umur 27 tahun G4 P3 A0, 40 minggu, datang ke RS dengan kejang-kejang. Hasil pemeriksaan TD 170/140 mmHg, muka, tangan dan kaki oedema, pembukaan serviks 5 cm.

Apakah diagnosa pada ibu tersebut?

A. Eklamsia

B. Pre eklamsi berat

C. Pre eklamsi sedang

D. Pre eklamsi ringan

E. Superimposed pre eklamsi


15. Seorang perempuan umur 35 tahun, G2P1A0, datang ke BPM dengan keluhan mules, keluar lendir bercampur darah, cairan warna jernih. Hasil pemeriksaan KU baik, TTV Normal, his 3x10’ selama 45”, DJJ 144x/menit. pembukaan 8 cm, ketuban (-), teraba tali pusat di samping kepala. Apakah diagnosa pada ibu tersebut?

A. Inpartu kala I dengan KPD

B. Inpartu kala I dengan Õsiologis

C. Inpartu kala I dengan tali pusat terkemuka

D. Inpartu kala I dengan fase aktif memanjang

E. Inpartu kala I dengan tali pusat menumbung


16. Seorang perempuan umur 30 tahun G3P1A1 hamil 38 minggu datang ke BPM dengan keluhan mules yang sering, keluar lendir darah. Hasil Pemeriksaan: TTV Normal, pembukaan 8 cm, ketuban (+), penurunan kepala masuk panggul sejajar spina ischiadica Sudah dimanakah posisi penurunak kepala janin?

A. Pintu atas kepala panggul

B. Hodge 1

C. Hodge II

D. Hodge III

E. Hodege IV


17. Seorang perempuan umur 28 tahun telah melahirkan Bayi sehat dan normal di BPM, TTV ibu Normal, saat ini bidan sedang melakukan pemeriksaan pengeluaran plasenta dengan cara meletakkan tangan disertai tekanan pada atas simfisis, tali pusat di tegangkan maka bila tali pusat masuk (belum lepas), jika diam atau maju (sudah lepas). Apakah nama metode pengeluaran plasenta yang dilakukan oleh bidan?

A. Kustner

B. Klein

C. Strassman

D. Duncan

E. Schultze


18. Seorang perempuan 25 tahun datang ke BPM dengan keluhan tidak haid selama 3 bulan, selalu mual pada pagi hari. Ny. Sari mengatakan anak pertama baru berumur 1 tahun, menggunakan KB Pil tapi tidak rutin karena lupa. Hasil pemeriksaan TTV normal, ballottement (+), USG (+) PP test (+) dan Hb 10,5 gr%. Apakah yang merupakan tanda pasti kehamilan?

A. Mual pada pagi hari

B. Ballotement (+)

C. Hb 10,5 gr

D. USG (+)

E. tidak haid selama 3 bulan


19. Seorang perempuan, usia 30 tahun, hamil 38 minggu datang ke Bidan Praktik Mandiri untuk melakukan pemeriksaan kehamilan. Hasil pemeriksaan didapatkan oedem di Bagian wajah, kaki, tangan dan kaki, TD : 130/100 mmHg. Pemeriksaan penunjang apakah yang dilakukan bidan?

A. Head to toe

B. HB Sahli

C. Protein Urine

D. HCG

E. USG


20. Seorang perempuan usia 23 tahun, GI P0 A0, 12 minggu datang ke BPM untuk memeriksakan kehamilannya, mual muntah terus menerus, tidak nafsu makan dan nyeri epigastrium. Hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg, nadi 96 x/menit, suhu 38° C, RR 18 x/menit, nafas tercium bau acetone, terlihat khawatir dengan keadaan dirinya. Apakah diagnosa pada kasus tersebut?

A. Emesis gravidarum

B Hiperemesis gravidarum tingkat I

C. Hiperemesis gravidarum tingkat II

D. Hiperemesis gravidarum tingkat III

E. Hiperemesis gravidarum tingkat IV


21. Seorang perempuan umur 27 tahun GI P0 A0 hamil 36 minggu. Hasil pemeriksaan TD 140/90 mmHg.tinggi fundus uteri 32 cm, kepala sudah masuk PAP. Berapakah tafsiran berat badan janin?

A. 3100 gr

B. 3255 gr

C. 3410 gr

D. 3500 gr

E. 4000 gr


22. Seorang perempuan umur 34 tahun, hamil 30 minggu, datang ke rumah sakit dengan keluhan perdarahan pervaginam merah kehitaman, nyeri perut menetap, gerakan janin tidak dirasakan oleh ibu. Hasil pemeriksaan DJJ (-), palpasi ditemukan perut teraba keras, TD 100/60, Nadi 78 x/menit, Suhu 36OC. Apakah diagnosis pada ibu tersebut?

A. Solutio placenta

B. Placenta previa

C. Retensio placenta

D. Placenta akreta

E. Plasenta previa marginalis


23. Seorang perempuan umur 23 tahun, G1P0A0 datang ke BPM dengan keluhan mengeluarkan darah flek-flek dari jalan lahir sejak 2 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan, TTV Normal, TFU 3 jari atas symphisis, Inspekulo keluar darah dari OriÕsium Uteri ekstrerna, tidak ada pembukaan.

Apakah diagnosis pada ibu tersebut?

A. Abortus habitualis

B. Abortus Iminens

C. Abortus Insipiens

D. Abortus in complete

E Abortus complete


24. Seorang perempuan umur 20 tahun,G1P0A0 datang ke RS dengan keluhan mengeluarkan darah dari jalan lahir sejak 3 hari yang lalu. Hasil pemeriksaan, TTV Normal, TFU 3 jari atas symphisis, Inspekulo keluar darah dari OriÕsium Uteri ekstrerna, ada pembukaan. Pemeriksaan penunjang apakah yang dilakukan oleh bidan?

A. Pemeriksaan HCG

B. Pemeriksaan HB

C. Pemeriksaan USG

D. Pemeriksaan Protein Urine

E. Pemeriksaan Dalam


25. Seorang perempuan umur 30 tahun,G3P2A0, 36 minggu datang ke BPM dengan keluhan nyeri kepala, nyeri epigastrium. Hasil pemeriksaan TD : 130/100, Nadi : 82x/menit, Suhu : 36C, RR : 22x/menit, oedem di kaki dan tangan. Hasil pemeriksaan Protein Urine : ++ (2). Apakah diagnosis pada ibu tersebut?

A. Hipertensi kronik

B. Hipertensi kronik dengan superimposed pre eklamsia ringan

C. Pre eklamsi ringan

D. Pre eklamsi berat

E. Eklamsia


Jawaban : 

  1. A. Gentamisin 4 mg/ Kg BB/ hari
  2. A. Bersifat Konseling
  3. A. Pneumonia Pneumokokus
  4. C. Tricomonas V4gin4lis
  5. D. BCG
  6. A. refleks rooting
  7. A. Memandikan
  8. C. Konveksi
  9. D. Atonia uteri
  10. A. U
  11. A. Pemberian oksitosin ke 2
  12. B. Presentasi muka
  13. C. Apendisitis
  14. A. KPD
  15. D. Pre eklamsi ringan
  16. E. Inpartu kala I dengan tali pusat menumbung
  17. D. Hodge III
  18. A. Kustner
  19. D. USG (+)
  20. C. Protein Urine
  21. C. Hiperemesis gravidarum tingkat II
  22. B. 3255 gr
  23. A. Solutio placenta
  24. B. Abortus Iminens
  25. C. Pemeriksaan USG
  26. E. Eklamsia

Baca Juga

No comments for "Kisi-kisi contoh soal ukom kebidanan terbaru"