Widget HTML Atas

RAHASIA SAAT MENGERJAKAN SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN TERBARU

RAHASIA SAAT MENGERJAKAN SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN

Faktor Kunci Sukses Ujian Kompetensi Keperawatan

Suksesnya peserta ujian dalam mengerjakan soal uji kompetensi keperawatan terletak pada beberapa kunci rahasia berikut ini:

Cari Kata Kunci Soal

Setiap soal kasus yang muncul memiliki kata kunci yang mengarahkan soal pada jawaban yang tepat. Jadi langkah pertama anda dalam mengerjakan soal ukom adalah menemukan atau mengidentifikasi kata kunci.

Cara paling mudah menemukan kata kunci adalah membaca soal ukom secara cepat dan fokus. Bacalah soal dengan cepat dan sangat fokus. Ingat jangan sampai anda kehilangan fokus saat membaca cepat. Kehilangan fokus dapat membuat anda mengulangi bacaan dari awal karena ada informasi yang masuk ke kepala anda.

Analisis Data Secara Tajam dan Akurat

Selain kata kunci, soal-soal ukom juga menyertakan data-data yang membantu analisis anda dalam menjawab pertanyaan soal. Penting bagi anda untuk mengetahui kaitan antara kunci dengan data-data pendukung, serta mengefektifkan waktu dalam mengerjakan soal.

Anda dapat mengeliminasi data-data yang tidak berkaitan dari pemikiran anda dan fokus pada data-data yang benar-benar mendukung analisis.

 

Analisis yang tajam dan akurat berperan penting dalan ketepatan anda menjawab soal. Hal ini dapat anda pelajari dengan terus berlatih dan belajar soal-soal uji kompetensi. Semakin banyak soal ukom yang anda pelajari dan kerjakan, maka akan semakin mengasah kemampuan anda dalam menganalisis soal.                                                                                                                                                                                      

Tidak Terjebak atau Terkecoh dengan pilihan Jawaban

Seperti soal-soal ujian pada umumnya, soal-soal uji kompetensi sering menjebak peserta. Jebakan yang sangat umum dan sudah kita ketahui bersama adalah seluruh jawaban terlihat benar semua. Jawaban yang terlihat benar semua dapat dipecahkan dengan tingkat fokus dan ketelitian yang baik.

Disinilah ketelitian anda sebagai peserta di uji. Jika anda mendapatkan soal dengan pilihan jawaban seperti ini, ingat kembali kata kuncinya apa. Setelah itu, periksa kembali data pendukung serta hasil analisis anda.

Camkan bahwa dalam setiap soal ukom, selalu hanya ada satu jawaban yang paling benar dan itu pasti dapat ditemukan dengan analisis data yang tajam dan akurat.

Kesampingkan Pengalaman Pribadi

Pengalaman pribadi berupa kegiatan praktikum laboratorium, magang dan lain-lainya mungkin dapat membantu anda dalam mengerjakan soal.

Namun, ingat bahwa dalan ujian kompetensi semua soal dikerjakan berdasarkan data yang ada pada soal. Anda harus memahami maksud isi soal sesunggungnya berdasarkan data-data yang ada pada pernyataan soal dan jangan perrnah bias atau terjebak dalam pengalaman pribadi anda yang pernah menemui kasus atau kejadian serupa yang mirip dengan soal. 

Lakukan Teknik Scanning dan Skrining.

Tekhnik scaning dan skimming sebenarnya masih berkaitan dengan poit 1,2 dan 3 diatas namun sengaja melakukan pengulangan supaya lebih tertanam dalam pikiran dan daya ingat anda hehhehe.

Tekhnik scaning dan skimming merupakan tekhnik untuk membaca secara CEPAT dengan untuk MENEMUKAN (MAIN IDEA) atau DATA FOKUS atau INFORMASI PENTING .

Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua kalimat atau kata-kata dalam vignette PENTING dan MENUNJANG sebagai DATA yang DIPRIORITASKAN karena pembuat soal telah menambahkan DISTRAKTOR (pengalihan/pengeceh soal).

Jadi dalam melakukan scanning dan scaming harus cepat menggaris bawahi/memfokuskan pada DATA PENTING yang sangat erat kaitannya dengan FOKUS PERTANYAAN (Lead in).

Baca Juga

No comments for "RAHASIA SAAT MENGERJAKAN SOAL UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN TERBARU"