Widget HTML Atas

Tips Mengatasi Permasalahan di Akun LTMPT 2021/2022

Membuat Akun LTMPT merupakan salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Untuk itu setiap pelajar SMA/SMK/MA sederajat wajib memiliki akun LTMPT.

Pembuatan akun LTMPT sudah diterapkan sejak tahun 2020 hingga sekarang. Namun pada prosesnya pembuatan akun LTMPT, hingga proses pengisiannya. Masih banyak peserta yang mengalami beberapa permasalahan pada akun LTMPT nya.

Saat Kamu sedang membaca artikel ini, artinya kamu sedang mengalami sebuah permasalahan tertentu di Akun LTMPT mu. Untuk itu disini kita akan membantu Kamu, untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang Kamu hadapi ini.

1. Jenis Masalah Akun LTMPT dan Cara Mengatasinya

Berikut ini pertanyaan -pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta yang sedang mendaftar akun di LTMPT. Berikut ini jawaban dan solusi atas pertanyaan tersebut.

1.1 Kenapa Saya Tidak Bisa Login Akun LTMPT?

Kamu tidak bisa login ke LTMPT, biasanya disebabkan hal berikut:

  1. Kamu belum memiliki akun di LTMPT
  2. Username dan Password kamu salah
  3. Salah memasukan meletakan huruf besar atau kecil saat ingin login.

Berikut ini beberapa solusi yang akan membantu Kamu

  1. Membuat Akun LTMPT
  2. Memeriksa kembali, apakah email yang Kamu gunakan untuk login ke akun LTMPT sudah sama dengan email yang didaftarkan di LTMPT.
  3. Perhatikan email yang kamu tulis saat mendaftar akun LTMPT, apakah ditulis dengan huruf kecil semua? Atau besar semua? atau Kombinasi dari keduanya? Termasuk juga dengan password. Karena sistem akan menganggap berbeda jika Kamu menggunakan huruf besar/kecil. Dan silakan kamu coba lagi dengan penulisan yang berbeda.

1.2 Kenapa Biodata Saya Tidak Tersimpan Di LTMPT?

Ada beberapa alasan kenapa biodata Kamu tidak tersimpan. Data Kamu tidak tersimpan di LTMPT, biasanya karena biodata Kamu belum lengkap. Seperti Data Foto yang belum terupload dengan baik, dan pastikan Kamu mengecek dengan teliti data yang Kamu isikan. Karena jika sudah tersimpan secara permanen, tidak dapat dirubah lagi.

1.3 Bagaimana Memperbesar Ukuran Foto di LTMPT?

Hal ini banyak sekali dialami oleh siswa SMA/SMK/MA yang ingin mengupload foto di LTMPT. Ada beberapa penyebab ukuran foto menjadi kecil, biasanya Kamu meminta foto tersebut melalui media sosial seperti WA, Facebook dan Kamu tidak melakukan kompres dalam bentuk rar/zip. Jika meminta foto untuk agar ukurannya tidak berubah, termasuk dalam hal ini kualitas fotonya Kamu bisa minta dikirim lewat email. Ukuran minimal file pasfoto adalah 80 KB. Silakan lihat Cara Mudah Memperbesar Ukuran Foto di LTMPT, sehingga Kamu dapat dengan mudah memperbesar ukuran foto yang tadinya kecil.


1.4 Bagaimana Memperkecil Ukuran Foto di LTMPT?

Beberapa peserta banyak mengalami foto yang terlalu besar saat mengupload di LTMPT, sehingga foto tidak berhasil di Upload. Ukuran maksimal file pasfoto adalah 300 KB, jika foto kamu melebihi batas maksimal maka kamu harus memperkecil ukuran foto tersebut.

Kamu dapat mengurangi (mengkompres) ukuran foto kamu menjadi lebih kecil, melalui situs tersebut https://imagecompressor.com/. Misalnya foto kamu tadinya 500 KB, saat dikompres bisa menjadi 100 KB.

1.5 Bagaimana Cara Mendaftar Akun LTMPT?

Bagi Kamu yang masih bingung atau belum mengetahui sama sekali, membuat akun LTMPT. Silakan lihat langkah-langkahnya pada Cara Daftar Akun LTMPT Lengkap dengan Gambar

1.6 Bagaimana Mengisi Akun LTMPT?

Mungkin banyak diantara Kamu yang masih bingung, cara mengisi akun LTMPT. Langkah-langkahnya dapat Kamu lihat pada informasi Mengisi Data Akun LTMPT.

1.7 Apakah Data Sudah Disimpan Permanent Dapat Diubah Lagi?

Seperti yang telah tertera dalam ketentuan situs LTMPT, bahwa data yang sudah tersimpan permanen tidak bisa diubah lagi. Artinya jika ada data yang kurang, jangan disave permanet dulu.

1.8 Bagaimana Jika NISN saya salah Untuk Mendaftar LTMPT?

Jika terjadi kesalahan NISN, pertama hal yang harus Kamu lakukan adalah mengecek NISN mu yang sekarang sudah terdaftar belum. Jika Kamu mengecek dengan NISN, nama Kamu tidak muncul berarti NISN Kamu benar-benar salah. Kamu dapat mengecek dan mencari NISN mu dengan cara kedua yaitu dengan Pencarian berdasarkan Nama Siswa, Tgl Lahir, dan Nama Ibu.

Jika Kamu masih bingung cara mengecek NISN, berikut ini langkah-langkanya:

  • Buka situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  • Klik menu Data Siswa (kiri layar)
  • Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama
  • Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu.

1.9 Bagaimana Cara Mengecek NPSN saya?

Bagi Kamu yang belum mendapat NPSN, atau NPSN Kamu bermasalah dapat mengeceknya terlebih dahulu! Berikut ini langkah-langkah mengecek NPSN:

  • Silakan Kamu buka referensi.data.kemdikbud.go.id
  • Klik menu Data Master Pendidikan
  • Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  • Klik nama provinsi
  • Klik nama kabupaten
  • Klik nama kecamatan Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah Angka NPSN juga bisa di
  • klik untuk mengetahui alamat detail sekolah

2.0 Kenapa Jurusan Saya tidak Muncul di Akun LTMPT?

Untuk jurusan itu pihak sekolah yang mengisi. Jika Kamu mengalami masalah ini, silakan tanyakan terlebih dahulu ke pihak sekolah! Apakah Jurusan sudah di input (dimasukan) oleh pihak sekolah.

Jurusan ini terintegrasi dengan Capesun di Emis.

2.1 Bagaimana jika Tanggal Masuk Sekolah Saya salah?

Jika tgl masuk sekolah Kamu salah, maka cara untuk memperbaikinya adalah meminta pihak sekolah mengupdate data tgl masuk sekolah. Karena hanya pihak sekolah yang bisa memperbaharui data tersebut.

2.2 Kenapa Saya Gagal Upload Foto & Kosong di LTMPT?

Pastikan foto Kamu sudah sesuai ketentuan. Jika Kamu merasa bahwa benar-benar sudah sesuai ketentuan, maka langkah yang Kamu lakukan adalah mencoba menggunakan browser lain. Kebanyakan terjadi masalah pada browser. Biasanya ini sering terjadi jika Kamu upload fotonya lewat HP. Kami sarankan untuk mengupload menggunakan Laptop/Komputer bagi yang punya.

2.3 Bagaimana Jika Ada data Akun LTMPT ada yang salah?

Jika akun LTMPT Kamu belum disave permanen, maka data tersebut masih bisa diperbaiki. Bagi Kamu belum save permanen, silakan masuk lagi saja ke akun ltmpt Kamu lalu isi data yang salah.


2.4 Bagaimana Jika Saya tidak Punya Akun LTMPT apakah bisa ikut SNMPTN?

Bagi Kamu yang tidak mendaftar akun LTMPT, maka Kamu tidak bisa mengikuti SNMPTN dan SBMPTN. Karena akun LTMPT ini syarat wajib untuk mengikuti jalur tersebut.

2.5 Jika Ada Foto, Jurusan, Nik, Dan Data Yang Salah Lainnya Apakah Saya Masih Dapat Ikut SNMPTN?

Terkait hal tersebut, kembali ke kebijakan LTMPT. Berdoa yang terbaik saja agar Kamu lolos, namun yakinlah bahwa masalah ini bukan Kamu saja yang mengalami. Karena banyak peserta lain juga yang mengalami masalah yang sama.

2.6 Bagaimana Mengatasi Lupa Password Akun LTMPT?

Jika kamu mengalami lupa Password pada akun LTMPT. Kamu dapat membaca langkah-langkahnya di Cara Mengatasi Lupa Password Akun LTMPT dengan Mudah

2.7 Kenapa Kode Aktivasi Saya Tidak Masuk?

Jika kode aktivasi tidak masuk ke email Kamu, silakan klik Kirim ulang kode. Jika tidak ada ada dikotak masuk, silakan Kamu buka bagian SPAM pada emailmu.
Baca Juga

No comments for "Tips Mengatasi Permasalahan di Akun LTMPT 2021/2022"

close