Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Contoh Soal PPPK 2022 Guru SD Lengkap dengan Pembahasannya

Salah satu tips untuk menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru SD adalah dengan berlatih soal-soal. Lantas seperti apa soal PPPK Guru SD?

Sebelumnya, Pemerintah telah membuka pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) baik untuk CPNS 2022, PPPK Guru dan non-Guru 2022 mulai 30 Juni hingga 21 Juli 2022 dengan formasi sebanyak 688.623 formasi.

Untuk menghadapinya, Sobat Pendidikan bisa berlatih soal PPPK Guru SD 2021 yang dikutip dari buku “TES PPPK 2022 TENAGA PENDIDIK GURU” oleh Media Eduka berikut ini.

1. Anak usia kelas III SD dapat menyesuaikan bahasa yang digunakan untuk menjaga kesantunan dibandingkan anak usia kelas 1 SD. Misalnya bentuk sapaan kamu kepada orang yang lebih tua sudah dihindari. Perkembangan tersebut menunjukkan anak memiliki kemampuan….

A. Fisiolinguistik

B. Sosiolinguistik

C. Literasi linguistik

D. Neurolinguistik

E. Psikolinguistik

Pembahasan:

Sosiolinguistik adalah subdisiplin linguistik yang mempelajari hubungan antara bahasa dan masyarakat. Dengan kata lain, sosiolinguistik mempelajari pemakai dan pemakaian bahasa, tempat pemakaian bahasa, tata tingkat bahasa, berbagai akibat dari adanya kontak dua bahasa atau lebih, dan ragam serta waktu pemakai ragam bahasa.

Jawaban: B


2. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat adalah….

A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk karya seni rupa

B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa.

E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan.

Pembahasan:

Untuk menjawab soal tersebut peserta harus memahami tingkatan kognitif dengan kata kerja operasionalnya.

Mencipta (C6) => Membangun, membentuk, membuat, menampilkan, memperjelas, menemukan, menyusun.

“Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan” terdapat kata membuat yang merupakan tingkatan kognitif mencipta (C6)

Jawaban: E


3. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan hubungan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu ….

A. Kooperatif

B. Inkuiri

C. Problem solving

D. Discovery

E. Kontekstual

Pembahasan:

Kontekstual adalah konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban: E


4. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik individu maupun kelompok.

Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan….

A. Inquiry

B. Saintifik

C. Discovery

D. Berbasis proyek

E. Berbasis masalah

Pembahasan:

Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan saintifik, yang meliputi mengamati, mananya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi.

Jawaban: B


5. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan

A Memberikan acuan

B. Melaksanakan tes awal

C. Memberikan bimbingan

D. Membuat kaitan

E. Mengingatkan motivasi

Pembahasan:

Membuat kaitan berarti mereview atau flashback atau mengingat kembali

Jawaban D.


Demikian informasi “Contoh Soal PPPK 2021 untuk Guru SD Lengkap dengan Pembahasannya”

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain