Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Penyebab dan Cara Memperbaiki Tegangan Genset Tidak Keluar


Penyebab dan Cara Memperbaiki Tegangan Genset Tidak Keluar - Hallo sahabat semua kembali lagi dengan admin yang akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah tutorial cara memperbaiki genset yang mungkin bisa membantu bapak ibu sekalian.

Genset adalah perangkat yang terdiri dari generator dan driver, yaitu mesin diesel. Generator ini berfungsi untuk mengubah kekuatan gerakan mekanis ke energi listrik. Sesuai dengan fungsi generator adalah menghasilkan listrik yang mengalir ke jaringan instalasi listrik dan digunakan untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik.

Dalam operasinya, generator dapat terjadi atau kerusakan yang mungkin terjadi seperti voltase generator tidak keluar. Berikut ini adalah penyebab dan cara memperbaiki generator tidak keluar tegangan.

Tidak ada tegangan pada generator yang dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain:

Mesin generator tidak beroperasi secara normal
Mesin genset yang tidak beroperasi secara normal dapat menjadi penyebab tegangan generator tidak keluar.

Bagaimana cara memperbaiki:

Cara Memperbaiki Genset Tidak Keluar Tegangan Karena Mesin yang Tidak Beroperasi Biasanya, yaitu Nyalakan Mesin Mengemudi Generator dan pastikan rotasi mesin normal dengan kecepatan 1500 rpm. Jika rotasi masih kurang, maka tingkatkan kecepatan mesin sampai mendapat kecepatan normal.

Saklar utama pada generator belum terhubung

Sakelar penghubung dari generator ke instalasi listrik harus dihidupkan sehingga tegangan listrik dapat mengalir ke instalasi listrik. Setelah menyalakan mesin beroperasi dengan putaran normal, maka sakelar utama terhubung. Switch berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan listrik dari generator ke instalasi listrik dan sebagai keselamatan ketika ada lebih banyak arus atau korsleting.

Ketika genset generator dihidupkan dan tegangan keluar berasal dari generator dan sakelar utama tidak memiliki tegangan berarti masalahnya pada sakelar utama.

Bagaimana cara memperbaiki:

Jika sakelar utama rusak maka ganti sakelar utama sehingga listrik dari generator dapat dihubungkan dan mengalir ke instalasi listrik dan pastikan jika kondisi kabel dalam kondisi baik dan terhubung dengan baik.

Diode (Rotating Rectifier)

Dioda penyearah yang berputar atau berputar adalah penyebab generator tidak keluar dari tegangan listrik lainnya.

Bagaimana cara memperbaiki:

Cara memperbaiki generator tidak keluar tegangan karena dioda adalah melakukan pemeriksaan pada generasi generator yang tidak beroperasi dan memeriksa kabel pada dioda terhubung dengan baik. Mungkin saja jika dioda rusak atau rusak, maka periksa dioda yang terkandung dalam penyearah yang berputar dengan membuka satu per satu dioda, lalu ukur dioda menggunakan ohmmeter atau multitester untuk mengukur tahanan (ohm).

Setelah dioda dipasang dengan benar, maka Anda dapat menghidupkan generator kemudian mengukur tegangan generator.

Avr genset.

Penyebab bukan voltase dari generator dapat disebabkan oleh kerusakan pada genset avr.

Bagaimana cara memperbaiki:

Mengganti jika keamanan pada AVR rusak, atau mengatur ulang keamanan untuk menghubungkan lagi (untuk jenis otomatis).

Roll Excitor STATOR

Genset yang tidak keluar dari tegangan dapat disebabkan karena gulungan exciter menderita kerusakan seperti bocor atau terbakar.

Bagaimana cara memperbaiki:

Periksa gulungan exciter dengan mengukur nilai tahanan menggunakan ohmmeter atau ohm multitester. Kemudian periksa kebocoran isolasi kabel gulir, lalu lepaskan setiap kekal dari terminal. Melakukan penggantian gulungan exciter atau memutar ulang.

Itu adalah beberapa penyebab dan cara memperbaiki generator tidak keluar tegangan yang perlu Anda ketahui. Tahu informasi lebih lengkap tentang genset pada ahli dalam kekuatan ABC dengan 40 tahun pengalaman di dunia mesin. Tidak hanya itu, menjual generator daya ABC dan penyewaan generator daya ABC untuk Anda yang membutuhkan cadangan daya listrik dengan berbagai merek terkenal seperti Perkins Genset, Mitsubishi, Lovol, Yanmar, Cummins, Photon, Primero dan banyak lagi mulai dari kapasitas 8 hingga 3000kva. Generator generator murah dengan kualitas nomor satu dan menjamin garansi yang panjang.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain