Tutorial Cara Memperbaiki Genset dengan Aman

Bagaimana rasanya mati listrik secara tiba-tiba di tempat kerja? Atau ketika Anda duduk di rumah dan bersantai menonton TV? Pasti kecewa? Saat ini, kami berharap listrik kembali normal sehingga pekerjaan dan aktivitas kami dapat berjalan normal. Salah satu alat yang digunakan pada saat terjadi pemadaman listrik adalah genset.


Ketika datang ke genset, kita harus memperhatikan perawatan genset itu sendiri. Oleh karena itu, 

Tutorial Cara Memperbaiki Genset dengan Aman - pasokan listrik tetap terjaga, terutama di perkantoran, rumah sakit, bandara dan tempat-tempat umum lainnya. Ada banyak cara untuk merawat genset agar tetap aman dan terus bekerja.

1. Lakukan Pemanasan Genset

Pemanasan genset dapat dilakukan satu kali seminggu. Jadi, tidak hanya motor atau mobil saja, ya, yang dipanaskan, genset pun harus dipanaskan agar mesinnya tetap aktif berjalan saat dimulai “starting”. Genset yang sudah dipanaskan akan memungkinkan mesin bergerak dan tentunya lebih handal

2. Periksa Aki Genset

Pemeriksaan aki genset dapat dilakukan dengan memeriksa alur koneksi terminal aki agar tidak longgar. Sistem listrik DC (Aki) ini pastikan tidak berkarat karena dapat menghambat “starting” genset. Jangan lupa juga, ya, untuk memeriksa terminal pada baterai “starting”.

3. Periksa Bahan Bakar

Pastikan filter alat bakar dalam kondisi yang baik. Jalur- jalur bahan bakar pastikan juga tidak bergesekan dengan benda apapun sebab akan menimbulkan kegagalan fungsi. Jika ada keretakan atau lecet pada “fitting” segera perbaiki.

4. Periksa Sistem Kontrol

Pemeriksaan sistem kontrol bermanfaat untuk melancarkan penyaluran beban. Lakukan pemeriksaan secara teratur dan pastikan log data yang benar selama pemanasan mesin. Jangan lupa juga untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automactic stand by (AUTO).

5. Periksa Indikator Mesin

Pemeriksaan indikator mesin dapat dilakukan dengan memeriksa tekanan oli dan suhu radiator. Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk memeriksa “performa” mesin saat bekerja dengan mendengarkan bunyi mesin. Jika ada masalah pada mesin biasanya ada peringatan dini. Tetap waspada  jika terjadi kegagalan pembakaran (misfires), getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, dan peningkatan konsumsi oli atau bahan bakar.

6. Periksa Sistem Pembuangan

Pemeriksaan sistem pembuangan dapat dilakukan dengan memeriksa knalpot  dan asap yang dikeluarkan tidak terlalu berlebihan. Jika asap yang dikeluarkan berlebih maka dikhawatirkan ada masalah dari kualitas bahan bakar yang kotor atau kualitas udara sehingga perlu perbaikan secepat mungkin.

7. Rawat Sistem Pelumasan

Periksalah tingkatan (level) oli mesin saat mesin dimatikan pada interval yang ditentukan tabel (table). Jaga level oli sedekat mungkin dengan “full” tanda pada dispstick dengan menambahkan oli yang berkualitas dan merek yang sama. Matikanlah mesin dan tunggu sekitar 10 menit untuk pembacaan yang akurat. Aktivitas ini bertujuan untuk memastikan oli bagian atas mesin mengalir ke dalam bak mesin. Untuk menghindari kerusakan lingkungan, oli dan filter bekas harus dibuang.

8. Rawat Sistem Pendingin

Perawatan sistem pendingin harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan sirip-sirip pendingin (radiator fin). Gunakanlah kompresi udara tekanan rendah atau aliran air ke arah yang berlawanan dari aliran udara normal radiator untuk membersihkan radiator. Perawatan sistem pendingin juga dapat dilakukan dengan memeriksa level cairan pendingin (coolant) dalam keadaan mesin tidak menyala.

9. Gantilah Sparepart Genset

Penggantian sparepart genset sangat penting terlebih jika genset telah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Anda dapat melihat buku panduan genset untuk mengetahui komponen genset apa saja yang harus diperbaiki dan kapan waktu untuk melakukan penggantian tersebut. Anda juga bisa langsung mendatangi perusahaan tempat Anda pernah membeli genset.

10. Jaga Selalu Kebersihan Genset

Pada tips terakhir ini, sesuatu yang bersih adalah sesuatu yang sehat tentunya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan genset dengan cara membersihkan kotoran, debu, benda asing yang mengganggu.

Baca juga :