Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Pembukaan Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud dan Kemenag 2022/2023

Pembukaan Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud dan Kemenag 2022/2023 - Hallo sahabat semua kembali lagi dengan admin yang akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah informasi pendaftaran KIP Kuliah untuk Universitas di bawah naungan kemenag, oke kita langsung saja simak ulasan dibawah ini ya guys.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022 -- Jadwal KIP Kuliah, Jadwal Bidikmisi, Jadwal KIP Kuliah Sekolah & Siswa, Jadwal KIP Kuliah SNMPTN, Jadwal KIP Kuliah SBMPTN, Jadwal KIP Kuliah SNMPN, Jadwal KIP Kuliah SBMPN, Jadwal KIP Kuliah Seleksi Mandiri PTN & PTS, Jadwal KIP Kuliah SPAN PTKIN, Jadwal KIP Kuliah UM PTKIN, Jadwal KIP Kuliah PTKIS, Jadwal KIP Kuliah PTKIN, Jadwal KIP Kuliah Kemdikbud, Jadwal KIP Kuliah Kemenag, Jadwal Kegiatan KIP Kuliah, Jadwal KIP Kuliah Cair, Jadwal Pendaftaran - Seleksi - Pengumuman KIP Kuliah. 2024. 2025


Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud dan Kemenag 2022/2023. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi masuk ke PTN melalui seleksi KIP Kuliah. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP Kuliah. KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi unggul.

KIP Kuliah ini merupakan program pemerintah untuk membantu mengatasi kesulitan ekonomi yang di alami oleh calon mahasiswa.

Dengan adanya KIP Kuliah, diharapkan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi terus saja melangkah dan nantinya setalah diterima di perguruan tinggi dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan berprestasi serta dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

Nah, seperti judul artikel ini bahwa admin akan menyampaikan informasi mengenai Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud dan Kemenag.

Jadwal menjadi suatu hal yang sangat penting karena dengan mengetahui jadwal maka seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat terkontrol waktu pelaksanaannya. Begitu juga dengan jadwal kegiatan KIP Kuliah terutama jadwal pendaftarannya, bahwa jadwal pendaftaran KIP Kuliah sangat penting diketahui oleh calon peserta dan juga pihak sekolah karena inilah tahap awal dari suatu kegiatan.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah yang akan disampaikan kali ini dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud
  • Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag
  • Pembahasan lebih lanjut simak di bawah ini.

A. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud

Kemdikbud menaungi perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Terkait jadwal pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud, akan diinformasi menjadi beberapa yaitu :

  1. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk Sekolah
  2. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk Siswa
  3. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SNMPTN
  4. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SBMPTN
  5. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SNMPN
  6. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SBMPN
  7. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur seleksi mandiri PTN
  8. Jadwal pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur seleksi mandiri PTS

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa untuk bisa mendapatkan KIP Kuliah, maka calon peserta harus mengikuti jalur seleksi masuk yang dibuka oleh perguruan tinggi yang dituju.

Misalnya jalur seleksi yang dibuka suatu PTN adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. maka KIP Kuliah yang bisa diikuti adalah KIP Kuliah jalur SNMPTN, KIP Kuliah jalur SBMPTN, dan KIP Kuliah jalur mandiri PTN.

Pelaksanaan pendaftaran KIP Kuliah tersebut tentunya tidak bersamaan. KIP Kuliah jalur SNMPTN dibuka lebih awal, kemudian dibuka KIP Kuliah jalur SBMPTN, dan terakhir KIP Kuliah jalur mandiri PTN (Ini lanjutan dari contoh di atas).

Untuk kampus lainnya, misalnya Polteknik Negeri, KIP Kuliah yang dibuka yaitu KIP Kuliah jalur SNMPN, KIP Kuliah jalur SBMPN, dan KIP Kuliah jalur mandiri.

Calon peserta dapat mengikuti KIP Kuliah jalur manapun asalkan memenuhi persyaratan, baik persyaratan KIP Kuliah itu sendiri dan juga persyaratan jalur seleksi yang diikuti.

Jika telah memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, maka dapat melakukan pendaftaran KIP Kuliah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Berikut ini admin berikan informasi mengenai Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022 (Masih prediksi berdasarkan tahun lalu)

No Nama Kegiatan Dibuka Ditutup

  • 1 Pendaftaran Sekolah 31 Januari 30 September
  • 2 Pendaftaran Siswa 1 Februari 31 Oktober
  • 3 SNMPTN 4 Februari 14 Februari
  • 4 Seleksi Mandiri PTN 4 Februari 30 September
  • 5 SNMPN 4 Februari 6 April
  • 6 SBMPTN 1 Maret 24 Juni
  • 7 SBMPN 15 April 31 Mei
  • 8 Seleksi Mandiri PTS 29 April 30 September

Keterangan :

Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

B. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

Kemenag menaungi perguruan tinggi keagaam islam negeri dan perguruan tinggi keagamaan islam swasta. Nah, untuk bisa mendapatkan KIP Kuliah Kemenag tentunya kalian harus mengikuti salah satu jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi yang dibuka seperti jalur SPAN PTKIN, UM PTKIN, atau jalur mandiri.

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah Kemenag 2022 (masih prediksi berdasarkan tahun lalu)

No Nama Kegiatan Dibuka Ditutup

  • 1 Pendaftaran PTP KIP Kuliah 30 April 2021 11 Juni 2021
  • 2 Seleksi PTKIS Calon PTP KIP Kuliah 14 Juni 2021 25 Juni 2021
  • 3 Penetapan PTKIS PTP KIP Kuliah 30 Juni 2021 05 Juli 2021
  • 4 Rekrutmen dan Seleksi Mahasiswa Calon Penerima KIP Kuliah oleh PTP 05 Juli 2021 23 Agustus 2021
  • 5 Pengiriman SK Penetapan Penerima KIP Kuliah dari PTP ke Diktis Kemenag 02 Agustus 2021 23 Agustus 2021
  • 6 Proses Pembuatan ID dan Rekening Penerima KIP Kuliah 30 Agustus 2021 17 September 2021
  • 7 Penetapan Mahasiswa PTKIS Penerima KIP Kuliah 24 September 2021 01 O

Keterangan :

PTP = Perguruan Tinggi Penyelenggara

PTKIS = Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Setelah pendaftaran KIP Kuliah berakhir, selanjutnya menunggu proses seleksi. Seleksi dilakukan oleh pihak kampus dengan melakukan cek berkas kelengkapan persyaratan, wawancara dengan orang tua, jika memungkinkan mengecek langsung kondisi rumah, dan lain-lain sesuai ketentuan.

Untuk pengumuman hasil seleksi KIP Kuliah dapat dilihat langsung di website masing-masing kampus ataupun melalui media online lainnya. Waktunya yaitu setelah kalian dinyatakan lulus pada jalur seleksi yang diikuti. Misalnya, kalian mengikuti KIP Kuliah jalur SNMPTN, jika pada saat pengumuman SNMPTN dinyatakan lulus, selanjutnya tinggal menunggu pengumuman KIP Kuliah.

Cara melihat pengumuman KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel berikut : Pengumuman KIP Kuliah

Selanjutnya silahkan kembali lagi pada artikel KIP Kuliah lengkap : Pendaftaran KIP Kuliah

Itulah infomasi mengenai Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud dan Kemenag. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk kalian calon peserta KIP Kuliah. Cukup sekian dan semoga berhasil. Thanks.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain