Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Pembukaan Pendaftaran Online Universitas Sebelas Maret UNS Tahun 2022/2023

Pembukaan Pendaftaran Online Universitas Sebelas Maret UNS Tahun 2022/2023 - Hallo gengs kembali lagi dengan admin yanag akan memberikan kepada kalian semua tentang sebuah informasi pendaftaran masuk kampus ternama di indonesia yaitu universitas sebelas maret.

www.spmb.uns.ac.id 2022 -- Pendaftaran UNS Online, PMB UNS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNS, Informasi Pendaftaran UNS, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNS, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur SPMB, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Universitas Sebelas Maret (UNS). 2024. 2025.


Pada kesempatan ini admin akan memberikan penjelasan tentang informasi Pendaftaran Online UNS 2022/2023 (Universitas Sebelas Maret). Namun sebelumnya, admin akan memberikan informasi tersebut, sebagai pembuka, admin akan memberikan sedikit informasi mengenai Universitas Sebelas Maret (UNS).

Sekilas Tentang Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah sebuah universitas yang terletak di Kota Surakarta, tepatnya di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Sesuai namanya, Universitas Sebelas Maret (UNS) berdiri pada 11 Maret 1976. Universitas ini menyediakan program pendidikan seperti program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.

Universitas Sebelas Maret (UNS) saat ini telah memiliki beberapa Fakultas dan program studi untuk jenjang Diploma, Sarjana, Pascarjana,diantaranya


Program Studi Jenjang Diploma UNS, yaitu :

Bahasa Mandarin, Usaha Perjalanan Wisata, Bahasa Inggris, Desain Komunikasi Visual, Komunikasi Terapan, Perpustakaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Pemasaran, Akuntansi, Manajemen Perdagangan, Manajemen Bisnis, Keuangan dan Perbankan, Perpajakan, Kebidanan, Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Teknologi Hasil Pertanian, Agribisnis, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Farmasi, Teknik Informatika, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Bidan Pendidik.


Program Studi Jenjang Sarjana (S1) UNS yaitu :

Sastra Jawa, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Kriya Seni, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Dokter, Psikologi, Agroteknologi, Agribisnis, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Peternakan, Teknologi Pangan, Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Industri, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreas, Farmasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ekonomi, Hubungan Internasional, Pendidikan Geografi, Sastra Arab, Pendidikan Bahasa jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Fisika,Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sosiologi Antropologi, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Tanah, Teknik Elektro, Statistika, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Program Studi Jenjang Magister (S2) UNS yaitu :

Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Teknik Industri, Pendidikan Seni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kimia, Biosain, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Ilmu Fisika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Pendidikan Ekonomi, Kenotariatan, SeniRupa, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Sains, Pendidikan Kependudukan Dan Ling Hidup, Ilmu Lingkungan, Ilmu Linguistik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Publik, Penyuluhan Dan Komunikasi Pembangunan, Sosiologi, Ilmu Hukum, Kajian Budaya, Teknologi Pendidikan, Agribisnis, Agronomi, Ilmu Gizi, Ilmu Kedokteran Keluarga, dan Manajemen.

Program Studi Jenjang Doktor (S3) UNS yaitu :

Ilmu Lingkungan, Ilmu Linguistik, Ilmu Pertanian, Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Kajian Budaya, Pendidikan Bahasa Indonesia, Ilmu Hukum, Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Kedokteran.

Program Studi Pendidikan Profesi UNS yaitu :

Program Studi Pendidikan Profesi terdiri dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). 

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) terdiri dari :

Obstetri dan Ginekologi, Bedah, Psikiatri, Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Orthopaedi dan Traumatologi, Ilmu Kesehatan THT Bedah Kepala dan Leher, Ilmu Kesehatan Anak, Anestesiologi & Reanimasi, Ilmu Penyakit Dalam, Patologi Klinik, Kardiologi & Kedokteran Vaskuler, Ilmu Penyakit Syaraf, Penyakit Kulit & Kelamin

Itulah sekilas tentang Universitas Sebelas Maret (UNS. Semoga bisa memberikan tambahan wawasan kepada anda tentang Universitas Sebelas Maret (UNS). Kita kembali lagi ke pembahasan awal yang akan membahas tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS).

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur. Jalur-jalur tersebut adalah jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur Mandiri UNS yang biasa disebut SPMB, serta penerimaan program pascasarjana.

Dengan banyaknya jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka anda memiliki kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di UNS. Namun semua itu semua butuh perjuangan dan pengorbanan. Kalian harus bersaing dengan banyak orang yang ingin masuk ke UNS.

Untuk itu, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa memenangkan persaingan tersebut dan pada akhirnya bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS).

Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran Online UNS Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa SLTA sederajat yang berprestasi dari sekolah dan akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikusi SNMPTN bisa mendaftarkan diri melalui jalur lainnya seperti SBMPTN atau jalur Mandiri yang ada.

Tahapan pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu Registrasi Akun LTMPT, Pengisian Data PDSS, Pemeringkatan, dan Pendaftaran SNMPTN.

Penjelasan lebih lengkap mengenai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, tahapan seleksi jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dan lain-lain bisa di baca pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran SNMPTN atau Panduan Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran Online UNS Jalur SBMPTN

SBMPTN adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang  terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukan bagi siswa lulusan SMA / Sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir, atau bagi siswa yang sebelumnya tidak bisa mengikuti SNMPTN atau yang telah mengikuti SNMPTN tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftar SBMPTN.

Tahapan pendaftaran SBMPTN diawali dengan registrasi akun LTMPT, kemudian mendaftar UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN. Informasi tentang registrasi akun LTMPT telah dijelaskan di bagian atas. Silahkan kunjungi artikelnya.

Penjelasan lain mengenai jadwal pelaksaaan, panduan pendaftaran, persyaratan, tanggal pendaftaran, biaya, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dan lain-lain bisa di baca pada artikel yang telah dibuat sebelumnya yang berjudul Panduan Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran SM UNS

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang dikenal dengan SM UNS.

SM UNS merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS). SM UNS diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang memilih jenjang Diploma atau Sarjana UNS.

4. Pendaftaran Diploma UNS

Penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma dilakukan melalui jalur PMDK UNS dan jalur ujian tertulis. Jalur PMDK diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi selama di tingkat SLTA, sedangkan jalur ujian tertulis diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi dan juga yang tidak berprestasi salama di tingkat SLTA.

5. Pendaftaran SPMB Transfer S1 UNS

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan dari jenjang Diploma III ke jenjang Sarjana dengan program studi yang sesuai. Setiap calon peserta harus membayar biaya pendaftaran untuk bisa mendaftar jalur ini. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis.

6. Pendaftaran SPMB Pascasarjana UNS

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana UNS, maka dapat mengikuti seleksi SPMB Pascasarjana UNS. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua calon peserta dan ujian khusus / keterampilan di program studi masing-masing.

7. Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) UNS

Bagi yang ingin mendaftar Program Pendidikan Dokter Spesialis, silahkan mendaftarkan diri. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian khusus/keterampilan di program studi masing-masing.

8. Pendaftaran Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Bagi anda yang ingin mendaftar ke Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), silahkan daftarkan diri anda. Seleksi PPAk dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian khusus/ketrampilan di program studi masing-masing.

9. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik yang baik. UNS merupakan salah satu Universitas yang menyalurkan program Bidikmisi.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan mempunyai prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke UNS. Dari sekian banyak jalur penerimaan mahasiswa baru UNS, pilihlah jalur yang diprediksikan dapat memberi peluang besar untuk lulus seleksi.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain