Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

7 Cara Mengatasi Masalah Kenapa “iMessage Waiting for Activation”

Cara Mengatasi Masalah Kenapa “iMessage Waiting for Activation” - Hallo sahabat tech dimanapun kalian berada kesempatan kali ini addmin akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah tutorial yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian semua, oleh sebab itu mari kita simak ulasannya.

“iMessage Waiting for Activation”

Banyak pengguna iPhone merasa kesulitan untuk mendapatkan solusi dari masalah “iMessage Waiting for Activation”. Fitur bertukar pesan ini merupakan fitur yang sangat bagus tetapi dia datang bersama dengan keruwetannya sendiri.

Jika kamu mengalami error “iMessage Waiting for Activation” dan mencari solusi yang mudah?, di tulisan berikutnya kamu akan mendapatkan 7 solusi menghadapi error tersebut.

Solusi-solusi yang kami sertakan ditulisan ini akan membantu bagi siapa saja yang mencari penyelesaian atas isu masalah ini. Untuk awal, mari kita berangkat dengan dukungan provider telco atau operator terhadap fitur aktivasi layanan chat dari Apple ini.

Memperbaiki Error “iMessage waiting for activation”

Solusi 1

Solusi 1. Error aktivasi iMessage dan dukungan operator, Operator yang kamu gunakan apakah mendukung layanan ini?

Hal ini perlu dikonfirmasi kembali ke operator telco yang kita gunakan apakah mereka mendukung layanan bertukar pesan dan berjalan diatas jaringan mereka. Hal ini perlu dipastikan karena sangat penting untuk mengetahui apakah operator telco melakukan pembatasan atas layanan iMessage. Jika ragu, segera kontak operator telco yang kamu gunakan dengan mendatangi galeri atau contact center dan pastikan tidak ada hambatan.

Solusi 2

Solusi 2. Sign-Out Lalu Sign-In. Hal ini terkadang perlu dilakukan karena banyak laporan yang menyatakan solusi layanan bertukar pesan tidak bekerja cukup dengan solusi sign-out lalu sign-in lagi. Untuk melakukan proses ini cukup dengan masuk ke;

  1. Masuk ke menu Settings –> Message, lalu scroll ke bawah ke menu ‘Send & Receive’. Tap pada ‘Send & Receive’.
  2. Tap pada Apple ID. Sign out
  3. Kemudian non-aktifkan fitur iMessage
  4. Turn on/off Wifi
  5. Aktifkan kembali layanan iMessage
  6. Masukkan ID Apple lalu aktifkan kembali layanan iMessage

Langkah-langkah di atas biasanya mampu menyelesaikan masalah error aktivasi iMessage. Jika masih muncul pesan serupa, saatnya beranjak ke solusi nomer 3.

Solusi 3

Solusi 3. Aktivasi Layanan iMessage di Mode Airplane.

Solusi ini banyak disarankan dan patut dicoba sebagai  bagian usaha penyelesaian masalah iMessage activation error. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut;

  1. Masuk ke menu Settings –> scroll ke bawah lalu tap pada menu Messages dan nonaktifkan fitur iMessage (hal ini juga akan men-disable fitur FaceTime)
  2. Nyalakan Airplane mode. Hal ini secara otomatis mematikan fitur Wifi.
  3. Nyalakan terlebih dahulu Wifi.
  4. Kembali lagi ke menu Messages lalu aktifkan layanan iMessage.
  5. Masukkan akun ID Apple yang sudah kita punya.
  6. Kini masuk ke menu Settings lalu matikan fitur Airplane mode.
  7. Notifikasi akan muncul di layar ponsel ‘Your carrier may charge for SMS’. Tap ‘OK’ untuk konfirmasi.
  8. Jika tidak, masuk ke menu Messages, non-aktifkan layanan iMessage kemudian aktifkan lagi.
  9. Layanan iMessage akan segera aktif dalam beberapa menit.

Di proses ini akan terlihat nomer dan Akun ID Apple dalam kondisi abu-abu, setelah beberapa menit nomer dan akun ID apple akan aktif yang artinya layanan iMessage siap digunakan. Namun jika masih belum berhasil, maka Solusi nomer 4 semoga menjadi obatnya.

Solusi 4

Solusi 4. Pastikan Seting Time dan Date Benar. Secara default ponsel iPhone menggunakan Time Zone otomatis sesuai dengan lokasi pengguna yang akan menampilkan waktu secara realtime. Namun terkadang Zona Waktu yang terseting di ponsel tidak sesuai dengan kondisi actual. Hal ini lah yang menjadi penyebab aktivasi layanan iMessage error. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut;

  1. Masuk ke menu Settings –> General –> Date & Time
  2. Set Zone, Date dan Time.

Layanan iMessage masih belum juga aktif di ponselmu?, sepertinya kita perlu merujuk ke Solusi nomer 5 dibawah ini.

Solusi 5

Solusi 5. Hapus semua pembatasan yang dapat mencegah aktivasi layanan iMessage. Beberapa pembatasan mempunyai implikasi ke sekuriti yang bisa jadi menyebabkan kegagalan aktivasi iMessage. Pastikan semua pembatasan yang berkaitan dengan aplikasi iMessage dihapus sebagai solusi masalah aktivasi iMessage, caranya adalah;

  1. Masuk ke menu Settings –> General
  2. Lalu di menu General, masuk ke menu Restrictions –> iMessage

Kini cek layanan iMessage kembali, apakah sudah teraktivasi atau belum?, jika masih error maka solusi nomer 6 di bawah ini semoga menjadi solusinya.

Solusi 6

Solusi 6. Enable/Disable iMessage. Non-aktifkan lalu aktifkan kembali layanan iMessage terkadang mampu menyelesaikan masalah ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara;

  1. Masuk ke menu Settings –> Message
  2. Disable toggle untuk iMessage
  3. Setelah 24 jam, aktifkan kembali fitur iMessage

Jika ke 6 solusi di atas masih menemui jalan buntu untuk menyelesaikan isu error-nya aktivasi iMessage, sepertinya solusi pamungkasnya adalah dengan melakukan apa yang dikatakan solusi nomer 7 di bawah ini.

Solusi 7

Solusi 7. Restore iOS. Restore iOS menjadi sebuah jalan akhir guna menyelesaikan isu error aktivasi iMessage. Restore iOS menjadi solusi paling ampuh dan berikut adalah cara resotre iOS.

  1. Koneksikan iPhone ke Mac atau PC
  2. Buka program iTunes. Masuk ke Menu –> Summary
  3. Di ponsel iPhone –> Restore iPhone

Namun untuk melakukan hal ini, sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Hal ini sangat penting guna menjaga data yang kita punya.

Semoga kesemua solusi di atas dapat membantu menyelesaikan problem error aktivasi iMessage. Perlu untuk diketahui, seting dan aktivasi iMessage tidak selalu sama ke pengguna ponsel iPhone. Jika problem aktivasi iMessage muncul kembali maka jawaban atas error tersebut dapat kamu temukan di atas. Cheers.


Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain