Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

7 PTN Dengan Biaya Termurah di Indonesia

 7 PTN Dengan Biaya Termurah di Indonesia -   Hallo sahabat, setelah sahabat menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah pastilah ingin melanjutkan pendidikan guna bisa mencapai cita-cita. namun, dengan berkembangnya zaman, biaya kuliah menjadi menjadi mahal. sahabat tidak usah khawatir, kali ini saya akan mengshare Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya termurah di Indonesia. 

Dengan adanya informasi ini, semoga bisa membantu sahabat untuk melajutkan pendidikan agar bisa meraih cita-cita yang diingingkan. 


7 PTN Dengan Biaya Termurah di Indonesia

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 

Universitas Muhamadiyah Yogyakarta adalah sebuah Universitas terbaik yang telah menempati urutan ke 3242 dan juga sebagai Universita termurah yang ada di Yogyakarta. Universitas ini selalu mengirim mahasiswanya baik itu di luar negeri ataupun di dalam negeri untuk dapat melanjutkan pendidikan S1 atau pun S3.

Universitas Muhamdiyah Yogyakarta ini berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sehingga dalam hal ini sudah tidak perlu di ragukan lagi keunggulan dari Universitas ini.

Universitas Bina Nusantara  (UBN)

Universitas Bina Nusantara adalah sebuah Universitas tebaik yang ada di Indonesia. dan telah menempati urutan ke 2611 di Asia. Universitas Bina Nusantara ini sering disebut dengan sebutan BINUS.dan juga merupakan universitas yang cukup murah yang ada di daerah Jakarta.

Dan   Universitas ini terkenal dengan Jurusan Tekhnik Imnformatikannya yaitu pada bidang IT. Pada awalnya Universitas ini adalah sebuah Akademik Tekhnik Komputer kemudian di ubah menjadi sebuah Universitas yaitu Universitas Bina Nusantara yang menjadi salah satu Universitas yang terbaik dengan biaya yang di keluarkan untuk masuk di perguruan tinggi ini cukup murah. 


Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Yogyakarta sering kali disebut sebagai kota pelajar. Banyak para pelajar yang kemudian menempuh pendidikan di Jogja karena ada deretan universitas terbaik yang tersedia. 

Belum lagi masalah biaya hidup yang begitu murah pun sering kali jadi incaran untuk menetap selama pendidikan. Nah ternyata, salah satu PTN di Jogja, yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan biaya kuliah yang murah lho!

Biaya pendidikan Sarjana (S1) di UNY ditentukan dari tingkat kemampuan ekonomi orangtua atau wali mahasiswa. Mahasiswa yang diterima dengan jalur SM S1 UNY akan dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA). 

Dari semua jurusan yang berasal dari 7 fakultas, biaya pendidikan di UNY paling murah akan dikenakan pada UKT I, sebesar Rp500 ribu. Lalu, paling tinggi akan dikenakan UKT VII pada jurusan di fakultas teknik, sebesar Rp6,3 juta.

Universitas Sebelas Maret (USM)

Di Jawa Tengah ada Universitas Sebelas Maret yang tak kalah dengan UKT murahnya. Kisaran biaya UKT ini mulai dari Rp475 ribu sampai Rp4 jutaan. 

UKT pada masing-masing program studi dibagi menjadi delapan kelas atau kelompok. Untuk kelompok I dan kelompok II, biaya UKT akan dikenakan sebesar Rp475 ribu dan Rp975,5 ribu.

Lalu, untuk kelompok III sampai VII, biaya UKT semakin besar dengan rentang biaya antarkelompok sekitar Rp400 ribuan sampai Rp1 juta. Sedangkan kenaikan nominal dari kelompok VII ke VIII pun akan lebih besar lagi, kisaran Rp100 ribu sampai Rp4 jutaan.

Universitas Brawijaya (UB)

Malang pun tak kalah jadi incaran mahasiswa karena ada Universitas Brawijaya. Perguruan Tinggi Negeri ini menawarkan biaya kuliah yang begitu murah. 

Untuk biaya kuliah mahasiswa yang diterima dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022, terbagi menjadi 6 kelompok. UKT terendah yakni Rp500 ribu dan UKT VI tertinggi pada jurusan Kedokteran Gigi mencapai Rp21 juta. 

Universitas Indonesia (UI)

Biaya kuliah UI 2022 program S1 Reguler dibagi menjadi Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-Berkeadilan) dan BOP-Pilihan.

BOP-Pilihan UI adalah mekanisme pembebanan biaya pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggungnya dengan dasar keinginan berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan berkualitas di UI.

Sedangkan BOP-Berkeadilan UI atau BOP-B UI adalah mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggungnya.

Biaya kuliah di UI yang dikenal murah ada pada BOP-Berkeadilan UI dengan biaya terendah Rp 500 ribu dan tertinggi Rp 7,5 Juta.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

Berdasarkan peraturan Rektor Undip per 9 Februari 2022, biaya kuliah Undip 2022 ditetapkan atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pendidikan Institusi (SPI).

Mahasiswa Undip 2022 yang akan dikenakan UKT tanpa SPI adalah yang diterima melalui program S1 dan D4 melalui jalur SNMPTN 2022, SBMPTN, dan Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSBB) Sekolah Vokasi.

Besar UKT Undip 2022 berbeda-beda sesuai ketentuan prodi masing-masing dan penggolongannya.

UKT golongan 1 yang terendah adalah Rp 500 ribu sedangkan yang tertinggi mencapai Rp 22 Juta.




Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain