Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Sistematika Penulisan Laporan Yang Baik Dan Benar

 Sistematika Penulisan Laporan Yang Baik Dan Benar - Hallo teman teman, kali ini saya akan memberikan sistematika penulisan laporan yang baik dan benar. namun sebelum mengetahui sistematikanya teman teman harus tahu pengertian laporan terlebih dahulu. Laporan ada suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan apapun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang pemuda pancasila. berikut ini saya akan memberitahukan kepada teman teman tentang sistematika penulisan laporan yang baik dan benar. 

Sistematika Penulisan Laporan Yang Baik Dan Benar

Bab 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Kegiatan

1.2 Tujuan Kegiatan

Bab 2 Metode Pelaksanan

2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

2.2 Peserta Kegiatan

2.3 Materi Kegiatan

2.4 Pelaksanaan Kegiatan

Bab 3 Penutup

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran


Contoh Laporan Sederhana

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kegiatan

Pertanian dapat membuahkan hasil yang sangat baik dan banyak jika para petani diberikan berbagai pemahaman yang memadai. Oleh karena itu, para petani memerlukan penyuluhan kelompok tani dari ahlinya.

1.2 Tujuan Kegiatan

Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua petani mengenai tentang pentingnya dan sistem pertanian yang baik, benar, san efektif. Jadi, laporan ini dibuat sebagai bentuk tanggung jawab atas kegiatan penyuluhan yang sudah dilaksanakan.

BAB 2 METODE PELAKSANAAN

2.1 Waktu dan Tempat

Penyuluhan Kelompok Tani  dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Kecamatan ..... Kabupaten ... yang beralamat di Jl. Xxx No.18B

Penyuluhan Kelompok Tani ini diselenggarakan pada tanggal 10 - 17 Agustus 2022.

2.2 Peserta Penyuluhan

Pelatihan ini diikuti oleh setiap kelompok tani yang hidup di Kecamatan Mantap Terus, Kabupaten Aduhai. Agar dapat terlaksana dan terkendali dengan baik, pelatihan per hari dibagi berdasarkan desa. Ada 30 kelompok tani yang tersebar di dalam 5 desa di Kecamatan Mantap Terus, Kabupaten Aduhai. Setiap kelompok tani terdiri dari ketua, pengurus, dan seluruh anggota kelompok tani itu.

Ada 3 orang penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Mantap Terus, yang hadir untuk memberikan pelatihan, masing-masing didampingi oleh seorang sekretaris desa.

2.3 Materi Penyuluhan

Materi penyuluhan kelompok tani yang diberikan pada program penyuluhan ini adalah komposisi pemberian pupuk organik bagi tanaman padi, jagung, dan kedelai. Pada program kali ini juga diajarkan cara membuat pupuk organik dari sisa tanaman pakan ternak dan kotoran ternak yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

2.4 Pelaksanaan Penyuluhan 

Kegiatan penyuluhan setiap harinya dimulai tepat waktu pada pukul 13.00 WIB usai makan siang.

Penyuluhan pertanian berjalan efektif sekitar 90% saja, karena ada beberapa dari anggota yang sakit dan harus melakukan pekerjaan tambahan demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Awalnya kelompok tani dirasa kurang begitu percaya dengan pupuk organik dan metode pembuatannya yang ditawarkan di dalam penyuluhan, karena tidak yakin bahwa pupuk organik itu akan sepenuhnya menyelamatkan tanaman mereka dari serangan hama. Namun, setelah penyuluhan mendalam, mereka akhirnya setuju untuk menguji penggunaan pupuk organik.

Penyuluhan ini selesai dengan pemberian pupuk organik kepada setiap kelompok tani dan brosur yang berisi panduan untuk membuat pupuk organik secara mandiri di rumah.

BAB 3 PENUTUP 

3.1 Kesimpulan

Meskipun terdapat beberapa hambatan, seperti hujan, tetapi kegiatan penyuluhan ini dapat dijalankan dengan baik. Jumlah anggaran yang sudah terkumpul pin berhasil dikelola dengan baik untuk kesuksesan penyuluhan ini.

3.2 Saran

Untuk ke depannya, program penyuluhan kelompok tani dapat didatangkan ke rumah masing-masing ketua kelompok tani agar para peserta lebih semangat mengikutinya dan tidak terlalu terkendala jika turun hujan.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain