Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

20 Tips Diet yang Sehat untuk Pemula


 20 Tips Diet Sehat untuk Pemula - Memiliki tubuh yang proposional merupakan hal yang sangat didamba dambakan bagi remaja khususnya. namun, ada beberapa orang yang memiliki berat badan berlebih dan tidak sesuai.  berikut ini admin akan memberikan tips dan cara menurunkan berat badan secara sehat tanpa mengonsumsi obat obatan. semoga bermanfaat.. 

20 Tips Diet Sehat untuk Pemula

1. Menambah asupan protein

Cara diet sehat yang pertama adalah menambah asupan protein harian. Sebab saat tubuh mengolah protein yang Anda konsumsi, di waktu yang bersamaan juga akan terjadi pembakaran kalori. Semakin banyak protein yang dikonsumsi, maka pembakaran kalori yang terjadi juga akan semakin tinggi.

Ditambah, nutrisi ini juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan sumber protein seperti telur dan dada ayam, dalam menu harian Anda.

2. Menghindari makanan dalam kemasan dan olahan

Hindari makanan dalam kaleng atau kemasan yang banyak dijual di supermarket. Sebab, makanan tersebut umumnya tinggi akan kandungan gula, lemak, dan kalori. Tentu, jika ingin menurunkan berat badan, hal-hal tersebut tidak akan membantu perjuangan Anda.

3. Sarapan rendah kalori

Walaupun sedang diet, kamu tak boleh melewatkan menu sarapan begitu saja. Terlebih lagi, sangat penting untuk memilih menu yang nutrisinya mengandung banyak serat serta vitamin.

Beberapa contoh makanan diet yang bisa kamu coba adalah pisang, yoghurt, smoothies, oatmeal, atau berries.

Satu buah pisang yang berukuran sedang memiliki sekitar 100 kalori dan 3 gr serat. Di samping itu, satu cangkir yoghurt berprotein tinggi juga bisa menjagamu kenyang lebih lama.

4. Memenuhi stok makanan dan camilan sehat di rumah

Menjalani diet bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali. Hanya saja, jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya diganti dengan yang lebih sehat.

Cara melangsingkan badan secara sederhana dapat dimulai dengan mengganti cemilan dan stok makanan di rumah menjadi makanan yang lebih sehat bisa menjadi awal untuk mengubah kebiasaan makan Anda.

Mulai sekarang, cobalah untuk mulai menyimpan yogurt, buah, kacang-kacangan, dan telur rebus di rumah sebagai alternatif camilan yang lebih sehat.

5. Membatasi konsumsi gula

Cara diet sehat untuk pemula selanjutnya adalah membatasi konsumsi gula. Banyak orang tidak menyadari gula yang mereka konsumsi sudah jauh melebihi kadar yang direkomendasikan. Padahal, kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak dan membuat berat badan terus naik.

Untuk membatasi konsumsi gula, Anda bisa mulai dari cara yang sederhana seperti mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan. Anda juga bisa mencari alternatif pengganti gula yang tetap bisa memberikan rasa manis, tapi lebih sehat.

6. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara diet alami yang satu ini tentu sudah akrab di telinga Anda. Tidak heran, sebab sayur dan buah memang sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin, mineral, dan serat pada sayur serta buah sangatlah tinggi. Sementara itu, kandungan kalorinya cukup rendah. Kedua hal inilah yang membuatnya sangat cocok sebagai asupan orang yang sedang diet. Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet seperti apel, jeruk, kiwi, alpukat, pisang, dan melon.

7. Banyak minum air putih

Minum air putih mampu meningkatkan metabolisme di tubuh dan jika dilakukan sebelum makan, akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Selain itu, karena air putih tidak mengandung kalori, maka mengganti minuman kemasan dengan air putih akan membantu memangkas asupan kalori harian Anda.

9. Mengganti produk makanan dengan versi yang rendah lemak

Salah satu cara diet alami yang mudah dilakukan adalah dengan mengganti susu, yogurt, mayones, atau bahan makanan lain yang sering Anda konsumsi dengan versi rendah lemak. Saat ini, sudah banyak makanan maupun minuman rendah lemak, yang bisa jadi plihan.

10. Rutin minum kopi tanpa gula

Tahukah Anda jika kopi adalah minuman yang cocok untuk menurunkan berat badan? Namun, kopi yang dimaksud bukanlah es kopi kekinian yang banyak mengandung gula dan susu. Kopi yang bisa menurunkan berat badan adalah kopi hitam tanpa gula.

Sebab, kopi hitam bisa menambah energi dan di saat yang bersamaan meningkatkan pembakaran kalori di tubuh. Kafein yang ada di dalam kopi juga akan membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko diabetes.

12. Minum teh hijau tanpa gula

Teh hijau bisa memicu pembakaran lemak di tubuh yang berujung pada menurunnya berat badan. Teh hijau juga akan membantu meningkatkan energi di tubuh.

13. Membatasi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar atau pasta kurang baik untuk Anda yang sedang diet. Sebab, karbohidrat tersebut akan meningkatkan kandungan gula di tubuh. Kandungan gula berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak dan saat penumpukan sudah terjadi, sebagian lemak tersebut akan dikeluarkan ke pembuluh darah.

Meski begitu bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali. Anda hanya perlu menggantinya dengan karbohidrat kompleks lebih sehat yang terkandung pada roti gandum atau nasi merah.

14. Tidur yang cukup

Jika Anda ingin jalani diet sehat, tidur yang cukup tidak bisa terpisahkan dari itu. Sebab apabila Anda kurang tidur, produksi hormon terutama yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan akan terganggu dan membuat Anda jadi lebih sering ingin makan.

15. Tidur yang cukup

Jika Anda ingin jalani diet sehat, tidur yang cukup tidak bisa terpisahkan dari itu. Sebab apabila Anda kurang tidur, produksi hormon terutama yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan akan terganggu dan membuat Anda jadi lebih sering ingin makan.

16. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk dalam hal menurunkan berat badan. Bakteri ini antara lain terdapat pada makanan dan minuman yang difermentasi seperti yogurt, tempe, atau kimchi.

Sebagai salah satu cara diet alami yang sehat, konsumsi probiotik akan membantu mencegah penumpukan lemak di tubuh, mengurangi nafsu makan, dan meredakan inflamasi atau peradangan di tubuh.

17. Langsung menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi segera setelah makan bisa menurunkan keinginan untuk ngemil dan makan lebih banyak lagi. Sebab setelah menyikat gigi, akan muncul rasa tidak enak di mulut apabila langsung digunakan untuk makan.

18. Mulai berolahraga

Cara diet alami di atas akan membuahkan hasi yang lebih efektif apabila Anda menyertainya dengan olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk membakar lemak adalah olahraga kardio seperti jogging, berenang, atau aerobik.

19. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk dalam hal menurunkan berat badan. Bakteri ini antara lain terdapat pada makanan dan minuman yang difermentasi seperti yogurt, tempe, atau kimchi.

Sebagai salah satu cara diet alami yang sehat, konsumsi probiotik akan membantu mencegah penumpukan lemak di tubuh, mengurangi nafsu makan, dan meredakan inflamasi atau peradangan di tubuh.

20. Atur jadwal makan

Bukan berarti karena sedang diet, maka kamu boleh sengaja melompati jadwal makan.

Kamu tetap perlu mengatur jadwal makan agar tidak sampai kelaparan. Jadwal makan ini juga harus teratur, asalkan sesuai kebutuhan serta apa yang kamu konsumsi sesuai dengan ketentuan diet sehat.




Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain