Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD Terlengkap Tahun 2022

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD Terlengkap Tahun 2022 - Halloo sahabat semua kembali lagi dengan admin yang akan membagikan kepada kalian semua seputar modul ajar untuk anak paud/tk yang tentunya sudah sesuai dengan kurikulum merdeka ya.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD. Kurikulum Merdeka Belajar menekankan modul ajar dalam perencanaan pembelajaran, baik untuk PAUD, TK, RA, SD dan jenjang lainnya yang menerapkan.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD merupakan pengganti dari RPP sebagai bahan yang harus dipersiapkan oleh guru, termasuk guru PAUD, TK, RA dan lainnya.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD harus dipersiapkan guru PAUD, TK, RA sebagai langkah yang bertujuan agar pembelajaran aktif di kelas tercapai.

Pada Kurikulum Merdeka Belajar terdapat pembelajaran intrakurikuler yang beragam, konten lebih optimal dengan tujuan agar peserta didik mempunyai cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dalam proses pembelajaran guru leluasa memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Atas hal itu, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) menegaskan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dimulai pada tahun ajaran baru.

Kurikulum Merdeka menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih dan ditetapkan secara sukarela oleh satuan pendidikan.

Selain itu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 044/H/KR/2022 yang ditandatangani 12 Juli 2022 terdapat lebih dari 140 ribu satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka tahun ajaran baru.

Diketahui pula pada Kurikulum Merdeka Belajar terdapat dua level yang dapat diterapkan, pertama level mandiri belajar dan kedua level mandiri berubah.

KemdikbudRistek mendorong satuan pendidikan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka berdasarkan dengan kebutuhan dan tingkat kesiapan satuan pendidikan masing-masing.

Kurikulum Merdeka Belajar juga dirancang untuk memberi fleksibilitas bagi satuan pendidikan.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat kurikulum operasional satuan pendidikan yang kontekstual, supaya pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan belajar murid.

Sebenarnya, Kurikulum Merdeka diterbitkan Mendikburistek pada bulan Februari 2022 lalu sebagai salah satu program Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kurikulum Merdeka lebih fokus pada materi yang esensial dan pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Perubahan-perubahan yang terjadi di kurikulum merdeka belajar juga cukup terlihat. Seperti perubahan penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS.

Selanjutnya, perubahan jam mengajar guru yang mempunyai perbedaan dengan kurikulum sebelumnya.

Ada juga penambahan mata pelajaran baru di semua jenjang, yaitu mata pelajaran Profil Pendidikan Pancasila.

Meskipun demikian, semua pelajaran di semua jenjang seperti PAUD, TK, RA masih sama. Perlu diketahui pula perubahan RPP menjadi modul ajar.

DOWNLOAD

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain