Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Cara Reset Akun PTK Terbaru dari Dapodikdasmen Tahun 2023

Reset Akun PTK Terbaru dari Dapodikdasmen 2023/2024 - Setiap satuan pendidikan yang terdaftar pada sistem informasi Pendidikan (Kemdikbud) tentunya sudah memiliki sebuah akun yang dapat dipergunakan untuk mengakses beberapa layanan informasi yang sudah di sediakan oleh Pusdatin/kemdikbud sebagai sarana untuk mengolah pendataan.


Kendati demikian, pengelolaan data setiap Satuan Pendidikan menggunakan sebuah Aplikasi Dapodik yang sudah dirilis dan dikembangkan dengan sebaik mungkin untuk mempermudah pengelolaan data setiap tahunnya. Sehingga ini akan memberikan kemudahan bagi pusdatin untuk merekam beberapa data berdasarkan hasil entri di aplikasi dapodik.

Untuk itulah, kami disini akan memcoba membahas terkait dengan Reset Akun PTK Terbaru dari Dapodikdasmen 2023/2024 yang merupakan akun personal dari setiap PTK yang sudah terdata pada aplikasi dapodik. Akan tetapi, ketika akun atau username dan password akan digunakan untuk mengakses informasi semacam info GTK tidak bisa login dikarenakan passwordnya tidak cocok/salah.

Disini password yang tidak cocok/dikatakan salah, merupakan password yang harus di update oleh satuan pendidikan yang dikases oleh Operator Sekolah melalui laman/situs sso dapodik-manajemen sekolah untuk memperbaiki password ptk/gtk yang bermasalah.

A. Akun PTK Sekolah

PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut para guru dan tenaga pendidikan lainnya yang bekerja di sekolah. Dalam hal ini, akun PTK sekolah mungkin merujuk pada akun yang dibuat untuk setiap guru atau tenaga pendidikan di sekolah tersebut. Akun ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti mengelola tugas dan kegiatan mengajar, menyimpan informasi tentang peserta didik, dan berkomunikasi dengan orang tua dan administrasi sekolah.

Bagaimana akun ini dibuat dan dikelola tergantung pada sekolah atau sistem pendidikan setempat. Beberapa sekolah mungkin memiliki sistem informasi manajemen sekolah yang memungkinkan para guru dan tenaga pendidikan untuk membuat akun mereka sendiri, sementara yang lain mungkin memerlukan bantuan dari administrasi sekolah.

B. Reset Akun PTK Sekolah

Untuk mereset akun PTK sekolah, tergantung pada sistem yang digunakan oleh sekolah tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Hubungi administrasi sekolah: Jika sekolah Anda memerlukan bantuan administrasi untuk membuat atau mereset akun PTK, Anda dapat menghubungi administrasi sekolah dan meminta bantuan mereka.
  2. Gunakan fitur lupa kata sandi: Banyak sistem informasi manajemen sekolah memiliki fitur lupa kata sandi yang memungkinkan Anda untuk mereset kata sandi akun Anda. Carilah tautan "lupa kata sandi" atau "reset kata sandi" pada halaman login, dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  3. Hubungi tim dukungan teknis: Jika Anda mengalami masalah dengan mereset akun Anda, Anda dapat menghubungi tim dukungan teknis yang bertanggung jawab atas sistem informasi manajemen sekolah tersebut.

Sebagai catatan, pastikan Anda memiliki informasi yang dibutuhkan, seperti alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun PTK Anda, untuk mempermudah proses mereset akun.

Pengertian SSO Dapodikdasmen

SSO (Single Sign-On) adalah sistem otentikasi tunggal yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke beberapa aplikasi dengan hanya memasukkan satu set nama pengguna dan kata sandi. Dalam hal ini, SSO Dapodikdasmen adalah sistem Single Sign-On yang diterapkan pada aplikasi Dapodikdasmen (Data Pendidikan Dasar dan Menengah).

Dengan menggunakan SSO Dapodikdasmen, guru dan tenaga pendidikan dapat mengakses beberapa aplikasi pendidikan dengan hanya memasukkan satu set nama pengguna dan kata sandi, sehingga mempermudah proses otentikasi dan mempercepat akses ke informasi yang dibutuhkan.

Namun, untuk menggunakan SSO Dapodikdasmen, Anda harus memiliki akun terdaftar dan dikonfirmasi oleh pihak yang berwenang, seperti Dinas Pendidikan setempat. Bila Anda belum memiliki akun, Anda dapat menghubungi Dinas Pendidikan untuk meminta bantuan dalam proses pendaftaran.

Adapun Proses untuk Reset Akun PTK Terbaru dari Dapodikdasmen 2023/2024 sebagai berikut:

  1. Buka dan login situs Manajemen Sekolah - SSO DAPODIK
  2. Masukan Username dan Password Dapodik
  3. Klik icon Konci ''AKUN''
  4. Klik ''Tampilkan'' PTK
  5. Klik icon pensil di sisi kiri
  6. Masukan Password baru (Gunakan 3 Kombinasi : Huruf Besar, Huruf Kecil, Angka dan karakter)
  7. Klik ''Update''. tunggu beberapa saat, agar muncul popup tanda berhasil mereset password


Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain