Widget HTML Atas

Update Harga Bata Ringan 2021, Batako, dan Bata Merah

Update Harga Bata Ringan 2021, Batako, dan Bata Merah

Info Harga Bata Ringan, Batako, dan Bata Merah 2021. Dinding adalah elemen paling utama sebuah bangunan. Ada banyak media pembuat dinding bangunan diantaranya adalah bata merah, batako, dan yang mulai populer adalah bata ringan. Berbagai macam jenis batu bata terbaik bisa kita temui di toko toko bangunan terdekat. Macam macam batu batako tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing.

Sebelum Anda membangun rumah, ada baiknya mengetahui ciri-ciri ketiganya termasuk daftar harganya, sebagai perbandingan nilai keekonomiannya.

Bata Merah, Karakter Bata Merah dan Harga Bata Merah

Bata merah merupakan salah satu jenis bahan dasar pembangunan rumah yang sudah sangat umum digunakan di Indonesia, dari zaman dulu hingga zaman modern seperti saat ini bata merah memang sudah menjadi salah satu bahan wajib didalam membangun rumah. Cukup bisa dimaklumi, bata merah masih lebih banyak digunakan dari pada bata ringan atau batako press, karena selain sudah teruji kekuatannya, mendapatkan jenis material ini pun tidak susah.

Bata merah yang dimaksud adalah bata yang dibuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang digunakan pun bukanlah sembarang tanah, tapi tanah yang agak liat sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan.

Karena itulah, rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan adem. Selain lebih kuat dan kokoh serta tahan lama, sehingga jarang sekali terjadi keretakan dinding yang dibangun dari material bata merah. Selain itu Material ini sangat tahan terhadap panas sehingga dapat menjadi perlindungan tersendiri bagi bangunan Anda dari bahaya api.

Harga bata merah dipasaran saat ini adalah Rp. 500 – Rp. 700 tergantung lokasi penjualan dan jarak dari sentra produksinya.

Batako, Karakter Batako dan Harga Batako

Selanjutnya setelah bata merah adalah Batako, material dinding dari batako ini umumnya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau dipress. Selain itu ada juga yang membuatnya dari campuran batu tras, kapur dan air.

Bahkan kini juga beredar batako dari campuran semen, pasir dan batubara. Dengan bahan pembuatan seperti yang telah disebutkan, batako memiliki kelemahan yaitu kekuatannya lebih rendah dari bata merah, sehingga cenderung terjadi keretakan dinding, terutama jika bagian kosong-nya tidak diisi dengan adukan spesi.

Pemakaian material batako untuk dinding juga membuat bangunan lebih hangat bahkan cenderung pengap dan panas, tidak seperti bata merah yang terbuat dari material tanah. Batako cenderung lebih ringan daripada bata merah. Teksturnya pun terlihat lebih halus dari bata merah.

Harga Batako Dipasaran saat ini berada dikisaran Rp. 2.500 – Rp. 3.000 tergantung lokasi.

Bata Ringan, Karakter Bata Ringan dan harga Bata Ringan

Material dinding yang terakhir adalah Bata ringan atau sering disebut hebel atau celcon. Material bata ringan ini pembuatannya sudah sangat modern dimana material ini dibuat dengan menggunakan mesin pabrik. Bata ini cukup ringan, halus dan memilki tingkat kerataan yang baik. Bata ringan ini diciptakan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalisasi sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung.

Kelebihan Bata Ringan :

  • Memiliki ukuran dan kualitas yang seragam sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi.
  • Tidak memerlukan siar yang tebal sehingga menghemat penggunaan perekat.
  • Lebih ringan dari pada bata biasa sehingga memperkecil beban struktur.
  • Pengangkutannya lebih mudah dilakukan.
  • Pelaksanaannya lebih cepat daripada pemakaian bata biasa.
  • Tidak diperlukan plesteran yang tebal, umumnya ditentukan hanya 2,5 cm saja.
  • Kedap air, sehingga kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.
  • Mempunyai kekedapan suara yang baik.
  • Kuat tekan yang tinggi.
  • Mempunyai ketahanan yang baik terhadap gempa bumi.

Harga Bata Ringan 2021

  • 20 x 50 x 7.5cm         Kubik Rp. 750.000
  • 20 x 50 x 10cm         Kubik Rp. 775.000
  • 20 x 50 x tebal custom Kubik Rp. 790.000
  • 10 x 20 x 60cm           Buah Rp. 10.000
  • 7,5 x 20 x 60cm           Buah Rp. 7.850
  • 10 x 20 x 60cm          Kubik Rp. 615.000
  • 7,5 x 20 x 60cm          Kubik Rp. 585.050
Baca Juga

No comments for "Update Harga Bata Ringan 2021, Batako, dan Bata Merah"

close