Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Ronde Keperawan adalah

Pengertian Ronde Keperawatan - Ronde keperawatan terjadi proses interaksi antara perawat dengan perawat, perawat dengan pasien. Kozier et al (2004) menyatakan bahwa ronde keperawatan merupakan prosedur di mana dua atau lebih perawat mengunjungi pasien untuk mendapat informasi yang akan membantu dalam merencanakan pelayanan keperawatan dan memberikan kesempatan kepada pasien untuk mendiskusikan masalah keperawatannya serta mengevaluasi pelayanan keperawatan yang telah diterima pasien.

Rode keperawatan merupakan proses interaksi antara pengajar dan perawat atau siswa perawat di mana terjadi proses pembelajaran. Ronde keperawatan dilakukan oleh teacher nurse atau had nurse dengan anggota stafnya atau siswa untuk pemahaman yang jelas tentang penyakit dan efek perawatan untuk setiap pasien (Clement, 2011).

Ronde keperawatan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan pasien yang dilaksanakan oleh perawat selain melibatkan pasien untuk membahas dan melaksanakan asuha keperawatan. Pada kasus tertentu harus dilakukan perawat primer atau konselor, kepala ruangan, perawat pelaksana yang perlu juga melibatkan seluruh anggota tim kesehatan (Nursalam, 2002).

Beberapa pengertian tentang teori ronde keperawatan dapat diambil kesimpulan bahwa ronde keperawatan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan klien yang dilaksanakan untuk perawat, dengan pasien atau keluarga terlibat aktif dalam diskusi dengan membahas masalah keperawatan serta mengevaluasi hasil tindakan yang telah dilakukan.

Tujuan dari pelaksana ronde keperawatan bisa dibagi dua yaitu: tujuan bagi perawat dan bagi pasien. Tujuan ronde keperawatan bagi perawat menurut Armola et al (2010) dalam saleh (2012) adalah:

  • Melihat kemampuan staf dalam manajemen pasien
  • Mendukung pengenmbangan profesional dan peluang pertumbuhan 
  • Meningkatkan pengetahuan perawat dengan menyajikan dalam format studi kasus
  • Menyediakan kesempatan pada staf perawat untuk belajar meningkatkan penilaian keterampilanm klinis
  • Membangun kerjasama dan rasa hormat
  • Meningkatkan retensi perawat berpengalaman dan mempromosikan kebanggaan dalam profesi keperawatan.

Ronde keperawatan selain berguna bagi perawat juga bagi pasien. Hal ini dijelaskan oleh Clement (2011) mengenai tujuan dari pelaksanaan rode keperawatan bagi pasien adalah:

  • Untuk mengamati kondisi fisik dan mental pasien
  • Untuk mengamati pekerjaan staf
  • Untuk membuat pengamatan khusus pasien dan memberikan laporan ke dokter mengenai, misalnya: luka, drainase, pendarahan, dan sebagainya
  • Untuk memperkenalkan pasien ke petugas dan sebaliknya.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain