Widget HTML Atas

Contoh soal uji kompetensi perawat d3 dan pembahasannya

Contoh soal uji kompetensi perawat d3 dan pembahasannya - Hallo sahabat perawat dimanapun kalian berada, nah kali ini mimin akan berbagi kepada kalian semua tentang contoh soal ukom perawat yang mudah-mudahan bisa menjadi bahan bacaan dan bahan referensi untuk menghadapi ujian kopetensi yang sebenarnya, oke langsung saja saja kita simak ya.



Soal Latihan UKOM Perawat KMB 001

Obat antihipertensi diresepkan untuk klien dengan hipertensi. Klien mengatakan pada perawat bahwa ia akan memilih obat herbal untuk membantu menurunkan tekanan darahnya. Manakah dari pernyataan perawat berikut ini yang paling penting untuk disampaikan kepada klien?

A. Obat herbal tidak aman dan sebaiknya tidak digunakan”

B. Saya akan mengajarkan anda cara pengukuran tekanan darah sehingga dapat dimonitor dengan ketat”

C. Anda harus menemui dokter lebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat herbal”

D. Jika anda mengkonsumsi obat herbal, anda harus mengukur tekanan darah secara teratur”

E. Jika anda yakin obat herbal dapat menurunkan tekanan darah, silahkan digunakan”


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 001

Jawaban :C

Rasional: Walaupun obat herbal mungkin mempunyai manfaat, namun tidak semua aman untuk dikonsumsi. Klien yang dirawat dengan obat konvensional harus disarankan untuk menghindari obat herbal yang mempunyai efek yang sama. Karena kombinasi dapat menimbulkan reaksi yang berlebihan atau interaksi obat yang tidak diketahui. Untuk itu perawat menyarankan klien untuk mendiskusikan penggunaannya dengan tenaga ahli kesehatan.


Strategi Mengerjakan Soal: Catat yang paling penting. Abaikan pilihan jawaban A terlebih dulu karena adanya kata pendek tertutup yaitu ‘tidak pernah’, kemudian abaikan pilihan jawaban B dan D karena sama, sedangkan E juga harus dihindari karena klien mendapatkan pengobatan secara konvensional.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 002

Seorang klien dibawa ke unit gawat darurat oleh tim ambulan setelah mengalami pingsan dirumahnya. Resusitasi jantung paru telah dilakukan namun tidak berhasil. Istri klien mengatakan kepada perawat bahwa klien adalah seorang pendonor organ tubuh dan mata korban sudah didonasikan. Manakah tindakan yang harus dilakukan perawat selanjutnya?

A.Letakkan verban kering yang steril pada kedua mata almarhum

B.Hubungi Yayasan Donor Nasional untuk memastikan bahwa klien adalah pendonor.

C.Tutup kedua mata klien., tinggikan kepala tempat tidur, dan letakkan kantung es kecil

D.Minta istri klien untuk mendapatkan dokumen legal mengenai donasi organ dari pengacara

E.Lakukan persiapan pembedahan untuk penagmbilan kornea mata


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 002

Jawaban :C

Rasional: saat seorang pendonor kornea meninggal dunia, tetes mata antibiotik dapat diresepkan dan diteteskan. Kedua mata ditutup dan letakkan kantung es kecil pada kedua mata tersebut. Kepala tempat tidur dinaikkan sampai 30 derajat untuk mencegah udem. Dalam 2 sampai 4 jam, bola mata dikeluarkan. Kornea bisa ditransplasi dalam 24 sampai 48 jam. Pilihan jawaban A salah karena verban tidak dipasang. Bebrpa protokol donor organ menggunakan balutan yang dibasahi cairan fisiologis. Pilihan jawaban B bukan tindakan yang harus segera dilakukan. Dan seharusnya klien juga menandatangani kartu donor., atau menvcamtumkan keinginannya semasa masih hidup dalam SIM (surat izin mengemudi) milik pendonor. Dokumen legal tambahan harus dilengkapi. Prosedur-prosedur resmi mengenai perawatan donor.


Strategi Mengerjakan Soal: catat kata strategis ‘selanjutnya’. Juga catat pokok masalah terkait persiapan kornea dan donasi kornea tersebut. Hal ini akan membantu membuang pilihan jawaban B, D, dan E. Dari pilihan tersebut, pikirkan tentang efek grafitasi dan terjadinya edema dan atur bagian kepla tempat tidur dan sudut elevasi.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 003

Seorang perawat sedang merawat klien setelah tindakan mastektomi. Klien mengatakan lengannya mengalami pembengkakan. Kondisi ini menunjukkan bahwa klien mengalami komplikasi yang tidak diharapkan akibat pembedahan. Apakah prinsip etik yang gagal dipertahankan berdasarkan kasus tersebut?

A. Otonomi

B. Berbuat baik

C. Ketaatan

D. Mencegah kematian

E. Kerahasiaan


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 003

Jawaban :B

Rasional: Udema lengan pada area yang dioperasi adalah komplikasi setelah tindakan mastektomi yang dapat terjadi segera, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah pembedahan. Komlpikasi ini sering terjadi pada klien post mastectomy dan merupakan kondisi yang tidak diharapkan. Upaya agar tidak terjadi komplikasi relevan dengan prinsip berbuat baik dan tidak merugikan pada klien. Adanya komplikasi edema pada lengan dapat mengakibatkan penurunan fungsi lengan tersebuat yang berarti hasilnya tidak baik. Pilihan yang paling tepat adalah prinsip berbuat baik yang gagal dipertahankan.


Strategi Mengerjakan Soal: Ingat pokok masalah, komplikasi mastektomi adalah akibat yang tidak diharapkan dari suatu tindakan mastektomi. Pilihan B adalah prinsip berbuat baik yang harus dipertahankan dalam situasi apapun.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 004

Seorang klien dengan BPH (beign prostatic hypertrophy) sedang menjalani operasi TURP (transunethral resection of the prostate) dan mendapatkan irigasi kandung kemih. Sebelum tindakan dilakukan, perawat bedah memberikan penjelasan dan meminta persetujuan klien. Apakah nilai etik utama yang menjadi pedoman perawat dalam tindakan tersebut?

A. Keadilan

B. Kebebasan

C. Mendahulukan kepentingan orang lain

D. Persamaan hak

E. Harga diri manusia


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 004

Jawaban :B

Rasional: TURP merupakan tindakan invasif yang beresiko untuk terjadinya komplikasi. Penjelasan sebelum pembedahan dilakukan untuk memberikan kesempatan klien mengambil keputusan terbaik bagi dirinya. Informed consent adalah persetujuan yang diberikan klien setelah pemberian informasi, merupakan salah satu bentuk penerapan nilai kebebasan. Klien bebas membuat keputusan untuk menerima atau menolak tindakan bagi dirinya.


Strategi Mengerjakan Soal: Pengetahuan mengenai pokok masalah , nilai etis utama yang menjadi pedoman perawat dalam bertindak.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 005

Seorang perawat sedang memberikan penjelasan kepada klien untuk persiapan pulang pada klien dengan kanker prostat setelah tindakan prostatectomy. Penjelasan yang diberikan agar klien tidak mengangkat barang dengan bobot lebih dari 10 kg selama minimal 6 minggu. Apakah diagnosa keperawatan yang relevan dengan rencana tersebut?

A. Resiko gangguan cairan

B. Gangguan aktivitas dan istirahat

C. Resiko komplikasi pendarahan

D. Resiko gangguan mobilitas fisik

E. Gangguan eliminasi urine


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 005

Jawaban :C

Rasional: Untuk mencegah mengangkat beban yang lebih dari 10 kg selama minimal 6 minggu merupakan penjelasan yang tepat bagi klien pasca prostatektomi untuk mencegah komplikasi pendarahan. Pilihan C adalah diagnosis yang relevan dengan rencana tersebut. Pilihan A, B, D, dan E disingkirkan karena tidak ada data dan rencana yang relevan dengan diagnosis tersebut.


Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, diagnosis yang relevan dengan penjelasan pasca prostatektomi.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 006

Seorang klien yang dirawat dengan diabetes mellitus tipe I mendapat NPH dan regular insulin 2 jam yang lalu pada pukul 7.30. klien memanggil perawat dan melaporkan bahwa ia merasa lapar, gemetar dan lemas. Klien makan pagi pada pukul 08.00 dan akan makan siang. Perawat harus membuat daftar urutan prioritas tindakan. Susunlah urutan tindakan yang harus dilakukan. Semua pilihan harus dimasukkan.

i. Periksa tanda- tanda vital klien

ii. Tes ulang kadar glukosa darah klien

iii. Periksa kadar glukosa darah klien

iv. Berikan klien setengah cangkir jus buah untuk diminum

v. Berikan klien camilan kecil yang mengandung karbohidrat dan protein

vi. Dokumentasikan keluhan klien, tindakan yang diambil dan hasilnya

Pilihan jawaban:

A. iii, iv, i, ii, v, vi

B. ii, i, iv, iii, v, vi

C. v, ii, i, iv, iii, vi

D. v, iv, iii, ii, i, vi

E. iv, iii, ii, i, v, vi


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 006

Jawaban :A

Rasional: Klien mengalami gejala hipoglikemi ringan. Jika terdapat gejala lapar, iritabel, gemetar atau lemas, perawat pertama kali harus mengecek kadar gula darah untuk memastikan bahwa klien mengalami hipoglikemia. Setelah dipastikan, perawat akan memberikan 10-15 gr karbohidrat dan kemudian mengecek kembali kadar gula darah dalam waktu 15 menit. Sementara itu, perawat akan mengukur tanda-tanda vital. Perawat akan memberikan makanan lain yang mengandung 10-15 gr karbohidrat jika gejala klien belum hilang. Atau sebaliknya perawat akan memberikan makanan ringan mengandung karbohidrat dan protein jika jadwal makan selanjutnya lebih dari 1 jam dari waktu kejadian. Setelah dilakukan tindakan dan perbaikan, status hipoglikemi, perawat akan mendokumentasikan kejadian, tindakan dan hasil.


Strategi Mengerjakan Soal: Catat kata penting, ‘prioritas’. Fokus pada pokok masalah, hipoglikemia. Catat bahwa klien yang dirawat dirumah sakit akan membantu anda menentukan bahwa tindakan anda pertama adalh mengecek kadar gula darah. Setelah hal itu selesai dilakukan, yang diperlukan selanjutnya adalah mengatasi hipoglikemia. Ingat kembali bahwa tujuan tidak dapat ditentukan sampai perawatan yang dilakukan akan membantu anda menseleksi dokumentasi tindakan sebagai tindakan terakhir. Berdasarkan 3 pilihan terakhir lainnya, pilih tindakan mengukur tanda-tanda vital sebagai tindakan ketiga. Perwat tidak akan memberikan klien makanan mengandung karbohidrat dan protein dengan segera setelah memberikan klien 10-15 gr kandungan karbohidrat atau sebelum mengecek ulang kadar gula darah.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 007

Seorang perawat sedang merawat klien stroke dengan hemiparese dextra yang masuk fase rehabilitasi. Saat ini perwat sedang mengajarkan klien agar dapat makan dengan tangan kirinya dan berjalan dengan menggunkan tripot. Apakah teori utama yang mendasari tindakan perawat dalam asuhan keperawatan tersebut?

A. Caring

B. Adaptasi,

C. Self care

D. Kebutuhan

E. Perwatan holistik


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 007

Jawaban :C

Rasional: Membntu klien yang mengalami kelumpuhan antara lain makan dengan menggunakan tangan yang sehat dan membantu klien berjalan dengan menggunakan tripot adalah upaya yang dilakukan perawat agar klien dapat mandiri dengan keterbatasan yang ada pada dirinya. Perawat berupaya memandirikan klien sehingga dia dapat melaksanakan aktivitas tanpa bantuan setelah pulang dari rumah sakit.


Strategi Mengerjakan Soal: Catat kata-kata penting, ‘utama’. Jawaban A, B, D, dan E adalah benar, tetapi data terkait aktivitas yang dilakukan perawat kurang mendukung unuk mengarah ke suatu teori tertentu. Pilihan jawaban yang paling tepat adalah C karena fokus asuhan keperawatan adalah memandirikan klien sesuai teori self care dari Orem.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 008

Seorang perawat menerima penugasan merawat klien. Bagaimana urutan prioritas yang harus diterapkan berdasarkan kebutuhan klien? Susun urutan klien berdasarkan urutan yang seharusnya terlihat. Semua pilihan harus digunakan.

i. Klien terpasang gips selama 1 hari mengeluh merasa nyeri sangat menyiksa

ii. Klien yang masuk rumah sakit 4 hari yang lalu karena MCI, mengeluh pusing

iii. Klien 3 hari postoperasi pembedahan abdomen, mengeluh nyeri saat nafas dalam

iv. Klien 1 hari postoperasi setelah operasi ORIF (open reduction and internal fixation) pada pergelangan tangan mengeluh nyeri pada area pemasangan pin

v. Klien yang dipindahkan dari ruang ICU, 1 hari postoperasi CABG (coronary artery bypass graft), mengeluh nyeri pada area insisi.

Pilihan Jawaban:

A. i, ii, iv, iii, v

B. i, iv, iii, v, ii

C. i, v, ii, iv, iii

D. ii, iv, iii, i, v

E. ii, iv, i, v, iii

Kunci & Pembahasan Latihan UKOM Perawat KMB 008

Jawaban :C

Rasional: Setiap klien ini dalam keadaan nyeri dan memerlukan pengkajian dan perawatan. Klien dengan nyeri luar biasa (nyeri berat) perlu dikaji terhadap terjadinya kompartemen sindrom. Bila tidak ditangani akan cepat mengalami kecacatan. Selanjutnya klien yang baru dipindahkan seharusnya dikaji karena klien ini sehabis menjalani prosedur bedah mayor satu hari sebelumnya dan sedang merasa nyeri. Klien yang mengalami pusing perlu dikaji kemudian untuk memastikan apakah pusing karena disebabkan oleh hipertensi. Klien dengan keluhan nyeri pada area insersi pin setelah operasi ORIF pada pergelangan tangan mempunyai kebutuhan prioritas setelah 3 hari pasca operasi klien merasa nyeri saat napas dalam.


Strategi Mengerjakan Soal: Gunakan prinsip ABC- airway, breathing, circulation- pada kasus ini, focus pada system sirkulasi. Klien yang paling beresiko adalah klien dengan potensi masalah sirkulasi, kompartemen sindrom. Klien memerlukan pengkajian segera. Selanjutnya fokus pada diagnosa klien yang lain yang diprioritaskan berdasarkan prosedur yang telah dilakukan.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 009

Seorang perawat ditugaskan untuk merawat 5 orang klien dan menghabiskan waktunya unuk merawat 1 orang diantaranya yang baru kembali dari kamar bedah. Perawt tidak minta asisten dan tidak memonitor kliennya yang lain. Pada sinag hari, salah seorang kliennya turun dari tempat tidur tanpa bantuan dan jatuh dari tempat tidur, sehingga lengannya patah. Manakah perilaku perwat yang menggambarkan negligence?

A. Perawat melakukan asuhan keperawatan kepada 4 orang klien.

B. Perawat tidak mengecek secara teratur klien lain

C. Membiarkan klien turun dari tempat tidur

D. Menghabiskan sebagian besar waktunya merawat salah seorang klien yang baru kembali dari kamar bedah

E. Tangan klien yang mengalami patah


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 009

Jawaban : B

Rasional: Perawat dapat dituntut dengan tuntutan malpraktik, karena gagal memenuhi tugasnya sehingga menyebabkan orang lain dalam bahaya. Perawat juga dapat dituntut dengan tuntutan negligence karena perbuatan pengabaian klien. Hati-hati juga tindakan pengabaian yang menimbulkan bahaya bagi orang lain. Perawat yang tidak melakukan monitoring secara teratur berarti gagal melakukan tugas dan kewajibannya terhadap klien yang mengakibatkan klien trauma.


Strategi Mengerjakan Soal: catat informasi pada pertanyaan dan fokus pada pokok masalah, tanggunga jawab perawat kepada klien. Kewajiban perawat secara rutin, seharusnya melakukan supervisi (monitoring) kepada klien. Untuk klien dengan resiko tinggi terjadinya trauma, kegiatan supervisi tersebut harus lebih ditingktkan lagi dengan melibatkan peran sertaaktif klien untuk meminta bantuan jika akan turun dari tempat tidur, meminta bantuan asisten perawat untuk memantau klien atau pengawasan bersama keluarga.


Soal Latihan UKOM Perawat KMB 010

Seorang perawat sedang merawat klien yang baru kembali dari kamar bedah untuk tindakan perbaikan fraktur lengan. Klien mengeluh nyeri berat pada lengan dan juga terasa baal pada tangannya. Perawat mencatat bahwa jari klien tampak pucat dan nadi pada tangan tersebut sangat lemah. Perawat berusaha untuk menghubungi dokter bedah beberpa kali, tetapi tidak ada jawaban. Siapa yang harus dihubungi perawat saat ini?

i. Perawat penanggung jawab

ii. Pengawas

iii. Administrator rumah sakit

iv. Pengawas dokter bedah

v. Perwakilan media lokal

Pilihan jawaban:

A. i, ii, iv

B. ii, iii, v

C. iii, iv, v

D. i, ii, iii

E. ii, iii, iv


Kunci & Pembahasan Latihan KBS UKOM Perawat KMB 010

Jawaban : A

Rasional: Perawat bertanggung jawab mencarikan bantuan untuk klien ini walaupun dokternya tidak berespons. Perawat akan segera menghubungi perawat yang bertugas, pengawas rumah sakit, pengawas dokter bedah atau dokter bedah lain yang dihubungi oleh perawat atas arahan dari perawat yang berwenang. Tidak perlu memberitahukan pihak administrasi rumah sakit pada saat ini dan perawat tidak akan membertahukan media massa lokal mengenai kondisi klien.

Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada pokok masalah, tanggung jawab perwat yang bertugas terhadap klien. Ingat kembali bahwa hal ini merupakan tanggung jawab perawat mencarikan bantuan walaupun dokternya tidak berespons. Berfokus pada informasi dalam pernyataan akan membantu anda menentukan siapa yang harus dihubungi dan diberitahu pada situasi tersebut.

Baca Juga

No comments for "Contoh soal uji kompetensi perawat d3 dan pembahasannya"

close