UPDATE KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022

KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2021/2022, berikut ini kami bagikan sebagai bahan referensi guru dalam membuar perangkat pembelajaran.

KI dan KD PAUD K13 ini dapat menjadi pedoman guru PAUD dalam menyusun perangkat pembelajran Tahun Pelajaran 2021/2022.

Sasaran kurikulum 2013 tersebut tertuang dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Sedangkan tujuan kurikulum 2013 dituangkan dalam Standar Isi sebagai turunan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL), yang terdiri dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

KI dan KD merupakan komponen dari Kurikulum 2013 yang membutuhkan pengembangan sesuai tuntutan kebutuhan pendidikan.Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu

Kompetensi Inti

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus peserta didik miliki.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL, sedangkan KI berbentuk kualitas yang harus peserta didik miliki yang dinyatakan dengan telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Setiap tingkat kelas atau program harus mengupayakan pencapaian Kompetensi Inti sebagai landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti (KI) terdiri dari KI-1 sampai dengan KI-4. Rumusan setiap KI berbeda dengan aspeknya. Berikut ini adalah rumusan Kompetensi Inti (KI).

  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, KI merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horisontal KD.

Organisasi vertikal KD adalah keterkaitan KD satu kelas dengan kelas lain di atasnya, sehingga memenuhi prinsip belajar, yaitu terjadi akumulasi yang berkesinambungan antarkompetensi yang peserta didik pelajari.

Organisasi horisontal adalah keterkaitan antara KD satu mata pelajaran dengan KD dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu kelas yang sama sehingga saling memperkuat.

Kompetensi Inti sikap spiritual (KI-1) dan Kompetensi Inti sikap sosial (KI-2) tercapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran dan kebutuhan serta kondisi peserta didik.

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) merupaka kemampuan untuk mecapai kompetensi inti, atau pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus peserta didik capai untuk menunjukkan penguasaan standar kompetensi yang telah ditetapkan.

Kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi. Kompetensi Dasar ini berisi sejumlah kemampuan yang harus peserta didik kuasai dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang terlihat dalam kata kerja dan materi. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, dan ciri suatu mata pelajaran.

Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan muatan pembelajaran untuk mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi Inti (KI).

Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik dan karakteristik mata pelajaran.

Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok sebagai berikut.

  • Kelompok 1 : kelompok KD sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1.
  • Kelompok 2 : kelompok KD sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2.
  • Kelompok 3 : kelompok KD sikap pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3.
  • Kelompok 4 : kelompok KD sikap keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Kompetensi Dasar yang berkaitan dengan sikap spiritual (mendukung KI-1) dan sikap sosial (mendukung KI-2) ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung, yaitu pada saat peserta didik belajar tentan pengetahuan (mendukung KI-3) dan keterampilan (mendukung KI-4).

Adapun pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Pembelajaran KI-1 dan KI-2 terintegrasi dengan pembelajaran KI-3 dan KI-4.

Berikut ini merupaka beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat merumuskan KD yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Rumusan tujuan yang dibuat harus berpusat pada peserta didik, dengan mengacu terhadap perubahan tingkah laku subjek pembelajaran yaitu peserta didik.
  2. Rumusan dari KD harus mencerminkan tingkah laku operasional yaitu tingkah laku yang dapat diamati dan diukur yang dirumuskan dengan menggunakan kata-kata operadional.
  3. Rumusan KD  berisi makna dari pokok bahasan atau materi pokok yang akan diajarkan pada saat kegiatan pembelajaran.

KI dan KD PAUD Kurikulum 2013

KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 ini merupakan edisi revisi tahun 2017, yang dapat dijadikan sebagai rambu-rambu guru dalam melaksanakan pembelajaran dan pedoman penyusunan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022.

KI dan KD PAUD Kurikulum 2013 selengkapnya dapat di unduh pada link di bawah ini.


Baca juga :