Contoh Soal Uji Kompetensi D3 Kebidanan dan Kunci Jawaban Lengkap Dengan Pembahasan Edisi 1


Contoh Soal Uji Kompetensi D3 Kebidanan dan Kunci Jawaban Lengkap Dengan Pembahasan Edisi 1 - Hallo teman-teman kebidanan semua kali ini mimin akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah soal uji kompetensi kebidanan yang mungkin bisa kalian adobsi untuk referensi belajar kalian semua.

Berikut kami sajikan 7 buah soal UKOM D3 Bidan Beserta Kunci jawabannya

1. Seseorang pasien yang berumur 25 tahun datang ke polindes dan mengatakan sejak 2 bulan terakhir tidak mengalami menstruasi. Pasien mengeluh sakit pada perut bagian bawah disertai dengan keluaran darah bercak berwarna coklat tua. Hasil pemeriksaan didapatkan belum ada pembukaan, nyeri goyang potio, plano test (+)

Diagnosa yang tepat untuk Ny. E adalah...
a. Molahidatidosa
b. Abortus Imminens
c. Kehamilan ektopik
d. Plasenta previa
e. Kehamilan ektopik terganggu

Jawaban a. Molahidatidosa



2. Seseorang pasien yang berstatus G4 P3 A2 berumur 36 tahun, dengan usia kehamilan 29 minggu, datang ke rumah sakit dengan keluhan perdarahan pervaginam merah kehitaman, nyeri perut menetap, gerakan janin tidak dirasakan oleh ibu tersebut. Hasil pemeriksaan DJJ (-), palpasi ditemukan perut teraba keras TD =120/80. HR= 80x/menit. T=36 derajat celsius
Diagnosa yang tepat untuk Ny. E adalah...

a. Molla hidatidosa
b. Abortus incipniens
c. Abortus imminens
d. Abortus incomplete
e. kehamilan ektopik terganggu

Jawaban d. Abortus incomplete


3. Seorang pasien yang berumur 27 tahun dengan kondisi hamil 8 bulan datang ke polindes, ini adalah kunjungan yang pertama selama hamil. Pasien selama ini tidak pernah periksa karena jarak rumah dengan polindes jauh dan tidak ada yang mengantar. Saat ini dia mengeluh kaki sering keram dan bengkak. Karna khawatir dengan keadaan kehamilannnya maka ibu Oneng terpaksa datang ke polindes. Hasil pemeriksaan TTV yaitu TD = 110/90 mmhg. Nadi = 60x/menit.
Yang harus dilakukan oleh bidan adalah

a. Melakukan pemeriksaan secara priodik
b. Mengusahakan transportasi untuk periksa ulang
c. Merencakan kunjungan ke rumah untuk pemeriksaan selanjutnya
d. Menganjurkan kepala keluarga dan ibu kunjungan berikutnya
e. Menganjurkan pasien mencari tumpangan untuk kunjungan berikutnya

Jawaban d. Menganjurkan kepala keluarga dan ibu kunjungan berikutnya



4. Ny. S yag berumur 26 tahun. Hamil kedua dan datang ke BPM dengan keluhan aminorea 3 bulan, Ibu S mengatakan bahwa ia sering mual kadang muntah. Hasil pemeriksaan tinggi fundus uteri 3 jari dibawah pusat, tidak teraba balotemen, hasil pemeriksaan PPV : darah kecoklatan.
Berdasarkan kasus di atas, Ny. S dengan kondisi suspect...

a. Kehamilan dengan hipermesis gravidarum
b. Kehamilan dengan abortus imminens
c. Kehamilan dengan mola hidatidosa
d. Kehamilan ektopik terganggu
e. Kehamilan dengan anemia

Jawaban b. Kehamilan dengan abortus imminens



5. Seseorang pasien yang bernama Ny. D dengan umur 35 tahun, riwyat kehamilan G2 P1 A0 umur kehamilan yaitu 7,5 bulan datang ke BPM dengan keluhan cepat lelah, sesak napas, dan keluhan tersebut akan hilang ketika ia istirahat. Pada pemeriksaaan fisik didapatkan palpitasi dan odem ditangan dan tungkai. TD : 110/80 mmhg. Nadi : 90 x/menit.
Asuhan kebidanan yang diberikan kepada Ny. D adalah...

a. Rujuk RS
b. Rawat jalan
c. Kontrol rutin
d. Akhiri persalian
e. istirahat yang cukup

Jawaban d. Akhiri persalian



6. Seseorang pasien bernama Ny. D, yang berusia 25 tahun dengan status, G1 P0 A0, datang ke bidan untuk memeriksakan keadaan kehamilannya. Keluhan mual muntah terus menerus, tidak nafsu makan dan nyeri epigastrium, pasien mengatakan ia tidak menstruasi 2 bulan. Hasil pemeriksaan TTV menunjukkan, TD = 90/60 mmhg, HR= 96 x/menit, T= 38℃, RR : 18 x/menit, nafas tercium bau ecetone dan PP tes (+). Pasien mengatakan ia khawatir dengan keadaan dirinya.
Berdasarkan  data diatas, diagnosa yang bisa ditegakkan untuk Ny. D adalah...

a. Emesis gravidarium
b. Hypermesis tingkat I
c. Hypermesis tingkat II
d. Hypermesis tingkat III
e. Hypermesis tingkat IV

Jawaban a. Emesis gravidarium



7. Seseorang pasien yang berumur 22 tahun datang untuk memeriksakan kehamilannya ke BPM hamil pertama kali mengeluh mengeluarkan darah filek-filek dari jalan lahir 2 hari OUE tidak ada pembukaan.
Diagnosa kasus Ny. A...

a. Blighted ovum
b. Abortus insipens
c. Abortus incomplete
d. Abortus incomplete
e. Inplantation bleending

Jawaban c. Abortus incomplete

Demikianlah artikel singkat kami ini tentang Contoh Soal Uji Kompetensi D3 Kebidanan dan Kunci Jawaban Edisi 1, semoga apa yang kami sajikan tersebut diatas bermanfaat bagi teman-teman semua dan sampai jumpa dipertemuan kita lainnya.

Baca juga :