Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Update Info Pendaftaran Online UGM 2022/2023 (Universitas Gadjah Mada)

um.ugm.ac.id 2022 -- Pendaftaran UGM, PMB UGM, Pendaftaran Online Masuk UGM, Penerimaan Mahasiswa Baru UGM, Informasi Pendaftaran Online UGM, Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru UGM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur PBUTM, Jalur PBUK, Jalur PBUB, Jalur PBOS, Jalur Bidikmisi, Jalur UTUL, Pendaftaran Universitas Gadjah Mada, UGM. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi penting tentang Pendaftaran Online UGM 2022/2023 (Universitas Gadjah Mada). Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, admin akan memberikan sekilas informasi mengenai Universitas Gadjah Mada (UGM).

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu Universitas Negeri terfavorit di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di tingkat Program Diploma, Program Sarjana, Program Pascasarjana, Program Internasional, dan Program Profesi.

Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan kampus tertua di indonesia yang didirikan setelah negara Indonesia merdeka.

Sejarah singkat :

Didirikan pada periode awal kemerdekaan, dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan, di antaranya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten, yang disahkan dengan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit.

Nama Gadjah Mada juga memiliki makna tersendiri, mengandung semangat serta teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Teladan ini diterjemahkan ke dalam rumusan jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan.

Pada awal pendiriannya, UGM memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan. Kegiatan perkuliahan masa itu dilakukan di Sitinggil dan Pagelaran, dengan memanfaatkan ruangan-ruangan kamar dan fasilitas di lingkungan Kraton Yogyakarta.

Baru pada tahun 1951 pembangunan fisik kampus bulaksumur dimulai, dan memasuki decade 1960-an UGM sudah memiliki berbagai fasilitas seperti rumah sakit, pemancar radio, serta sarana lain yang mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa juga untuk melayani kepentingan masyarakat. Kini, UGM memiliki 18 Fakultas, satu Sekolah Pascasarjana, serta satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

(https://ugm.ac.id/id/tentang-ugm/1356-sejarah)

2. Motto UGM

Moto Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah Memimpin Peradaban Bangsa.

3. Fasilitas 

Universitas Gadjah Mada menyediakan beberapa pelayanan fasilitas untuk mendukung pembinaan minat dan bakat mahasiswa, seperti :
  • UGM Residence
  • Fasilitas Kegiatan Kemahasiswaan
  • Perpustakaan
  • Penjaminan Mutu
  • Pengembangan Pendidikan
  • Sumber Daya dan Sistem Informasi
  • Penerbitan
  • Arsip
  • Museum
  • Rumah Sakit Akademik

4. Kontak dan Lokasi Kampus UGM
  • Alamat : Universitas Gadjah Mada (UGM) terletak di Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia.
  • Kontak : info@ugm.ac.id ,  +62 (274) 6492599  ,  +62 (274) 565223

5. Fakultas dan Program Studi yang Ada di UGM

Di UGM mungkin berbeda dalam penyebutan "program studi", di UGM menyebutnya dengan departemen. Jadi tidak perlu binggung untuk memilih program studi yang ada di UGM. Penyebutan departemen sama saja dengan program studi. Disini banyak sekali pilihan program studi yang ada.

Fakultas dan Departeman Jenjang Sarjana

Fakultas Biologi, terdiri dari :
  • Departemen Biologi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis, terdiri dari :
  • Departemen Akuntansi
  • Departemen Ekonomi
  • Departemen Manajemen



























Fakultas Ilmu Sosial & Politik, terdiri dari :

Fakultas Ilmu Budaya, terdiri dari :

Fakultas Teknik, terdiri dari :

Fakultas Teknologi Pertanian, terdiri dari :

Sekolah Pascasarjana, terdiri dari :









  1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK negeri maupun swasta dalam negeri tahun ini.
  2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 sampai dengan semester 5. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4.
  3. Peserta jalur prestasi diusulkan oleh sekolah dan termasuk 40% terbaik di kelasnya pada semester 1-5, atau 75% terbaik hingga semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap calon mahasiswa.
  4. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

  1. Siswa berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  2. Pengusulan disertai dengan: Rapor mulai semester 1 sampai 5 (sampai semester 4 bagi siswa akselerasi).
  3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 sampai 5, atau hingga semester 4 bagi siswa akselerasi.
  4. Kartu Keluarga (C1).
  5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Khusus pegawai negeri atau swasta yang disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
  6. Surat keterangan tidak mampu dari Desa atau Kelurahan setempat, apabila tidak mempunyai akses terhadap Desa/Kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari RT/RW/Kepala Dusun.
  7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet (bila ada untuk 3 bulan terakhir) dan pembayaran PBB. Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
  8. Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA / SMK / MA / MAK (jika ada)

  1. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. (a)  Biaya : Rp. 25.000,-. (b) Kode Pembayaran : 953 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy). Contoh : 95310061998, untuk pembayaran PBUTM dengan tanggal lahir 10 Juni 1998.
  2. Kemudian login ke laman http://um.ugm.ac.id/ untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) program studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan.
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman lolos berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.
  6. Berdasarkan hasil lolos berkas: (a) Peserta yang tidak lolos berkas maka tidak dapat mengikuti tes tulis/seleksi tahap berikutnya. (b) Peserta yang lolos berkas dapat mengikuti tes tulis/seleksi tahap berikutnya dengan mengunduh/mencetak kartu ujian peserta sesuai jadwal yang ditentukan.

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50KB sampai 200KB untuk masing-masing file; scanan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi, kemudian diunggah pada saat mendaftar online. Berikut ini persyaratan-persyaratan dan format filenya.
  1. Foto terbaru dan berwarna. *.jpg .
  2. Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (sampai semester 4 untuk siswa akselerasi). *.pdf.
  3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf.
  4.  Kartu Keluarga (C1). *.pdf
  5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji untuk karyawan institusi. *.pdf.
  6. Surat keterangan tidak mampu yang disahkan oleh kelurahan dan kecamatan. *.pdf.
  7. Foto rumah tampak depan. *.pdf
  8. Foto rumah tampak belakang. *.pdf
  9. Foto tempat belajar. *.pdf
  10. Foto bersama anggota keluarga. *.pdf
  11. Tagihan listrik (3 bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB. *.pdf
  12. Tagihan air dan tagihan internet (3 bulan terakhir; jika ada). *.pdf
  13. Piagam Kejuaraan/Sertifikat terbaik yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA (jika ada). *.pdf

Tahapan Seleksi PBUTM
  1. Seleksi administratif.
  2. Tes tertulis (bagi yang lolos seleksi administratif).

Materi Tes Tertulis PBUTM

Materi seleksi berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Tes tertulis dilaksanakan di Yogyakarta.

Untuk informasi lain yang belum dimuat disini dapat dilihat pada website UGM

D. Pendaftaran UGM Jalur PBUK

PBUK atau Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah yang mempunyai keinginan yang kuat untuk membangun daerahnya dimana biaya pendidikan ditanggung oleh Pemda, Institusi pemerintah dan/atau perusahaan.

Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK negeri ataupun swasta dalam negeri tahun ini.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri tahun ini dan 1 tahun lalu (telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan).
  3. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 sampai dengan semester 5. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4.
  4. Peserta jalur prestasi diusulkan oleh sekolah dan termasuk 40% terbaik di kelasnya pada semester 1 sampai 5, atau 75% terbaik hingga semester 4 bagi siswa kelas akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap siswa calon pendaftar.
  5. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing

Persyaratan Khusus
  1. Siswa harus diusulkan oleh mitra yang bekerjasama dengan UGM (ditunjukkan dengan Perjanjian Kerja Sama yang masih berlaku).
  2. Pengusulan disertai dengan:
    • Rapor mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi).
    • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 hingga semester 5, atau hingga semester 4 untuk siswa kelas akselerasi.
    • Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai ketentuan di Perjanjian Kerja Sama (PKS).
    • Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku.

Prosedur Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. (a) Biaya : Rp. 350.000,-. (b) Kode Pembayaran : 956 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy). (c) Contoh : 95607051999, untuk pembayaran PBUK dengan tanggal lahir 7 Mei 1999.
  2. Lalu login ke laman http://um.ugm.ac.id/ untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUK berhak untuk memilih 2 (dua) program studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan.
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor pendaftaran. Peserta wajib melihat pengumuman lolos berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.
  5. Berdasarkan hasil lolos berkas :
    • Peserta yang tidak lolos berkas maka tidak dapat mengikuti tes tulis/seleksi tahap berikutnya.
    • Peserta yang lolos berkas dapat mengikuti tes tulis/seleksi tahap berikutnya dengan mengunduh/mencetak kartu ujian peserta sesuai jadwal yang ditentukan.

Kelengkapan Dokumen dan formatnya

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50KB sampai 200KB untuk masing-masing file; scanan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi, kemudian diunggah pada saat mendaftar online. Berikut ini persyaratan-persyaratan dan format filenya.
  1. Foto terbaru dan berwarna. *.jpg
  2. Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 hinnga 5 (hingga semester 4 untuk siswa akselerasi). *.pdf
  3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM *.pdf
  4. Surat Rekomendasi dari mitra. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  5. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai Perjanjian Kerja Sama. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf 
  6. Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku.*.pdf

Tahapan Seleksi PBUK
  1. Seleksi administratif
  2. Tes tertulis (bagi yang lolos seleksi administratif).

Materi Tes Tertulis PBUK

Materi tes tertulis PBUK berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Lokasi tes tertulis PBUK ditetapkan berdasarkan permohonan mitra dengan mempertimbangkan jumlah pendaftar dan akan diinformasikan kemudian.

Untuk informasi lain yang belum dimuat disini dapat dilihat langsung di website UGM. 

E. Pendaftaran Online UGM Jalur PBUB

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) adalah jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi UGM yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang unggul disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pernah menjadi pemenang lomba tingkat nasional atau finalis internasional).

Calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur PBUB harus dapat memenuhi persyaratan umum dimana persyaratan umumnya sama seperti persyaratan pada jalur PBUK.

Sedangkan persyaratan khusus dijelaskan sebagai berikut:
  1. Siswa mempunyai prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan. Kejuaraan yang dimaksud adalah :
    • Juara lomba tingkat nasional
    • Juara lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM
    • Finalis lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh International Mathematics Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Olympiad in Informatics (IOI), LIPI, dan Kemendikbud.
  2. Pengusulan disertai dengan:
    • Rapor mulai semester 1 sampai 5 (sampai semester 4 bagi siswa akselerasi).
    • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 40% terbaik dikelasnya pada semester satu hingga semester lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi.
    • Surat kesanggupan orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
    • Sertifikat/piagam kejuaraan yang diikuti selama jenjang SMA/SMK/MA/MAK (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik).
    • Kejuaraan yang dimaksud adalah: (a) Juara lomba tingkat nasional; (b) Juara lomba yang diselenggarakan di lingkungan UGM; (c) Finalis lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI/ICO, LIPI, dan Kemendikbud.

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran sama seperti pada jalur PBUK. Yang membedakan hanyalah kalau pada jalur PBUK kode pembayaran : 956 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy), kalau untuk jalur PBUB kode pembayaran : 957 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy). Untuk yang lainnya sama.

Kelengkapan Dokumen dan formatnya

Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50KB - 200 KB untuk masing-masing file; scanan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi, kemudian diunggah pada saat mendaftar online. Berikut ini persyaratan-persyaratan dan format filenya.
  1. Foto terbaru dan berwarna. *.jpg
  2. Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi). *.pdf
  3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  4. Surat Kesanggupan Pembiayaan. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
  5. Piagam Kejuaraan/Sertifikat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Sertifikat yang berlaku adalah sertifikat yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik). *.pdf

Tahapan Seleksi PBUB
  1. Seleksi administratif. 
  2. Tes tertulis (bagi yang lolos seleksi administratif).

Materi tes tertulis PBUB

Materi tes tertulis PBUB berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Tes tertulis diselenggarakan di Yogyakarta.

Untuk informasi lain yang belum dijelaskan disini dapat dilihat langsung di website UGM.

F. Pendaftaran Jalur PBOS UGM

Pada tahun ini, UGM kembali membuka jalur seleksi dengan nama Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS). Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang pernah menjadi pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional.

Bakat yang dimaksud untuk Bidang Olahraga adalah : Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulu tangkis, Bridge, Catur, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Pencak Silat, Renang, Sepak Bola / Futsal, Softball / Baseball, Taekwondo, Tenis Lapangan, dan Tenis Meja.
    Sedang Bakat yang dimaksud untuk Bidang Seni adalah : Fotografi, Marching Band, Orchestra, Paduan Suara, Seni Lukis, Teater, Seni Tari: gaya Yogya, gaya Surakarta, Bali, dan Kreasi baru.

    Calon peserta yang ingin mengikuti seleksi jalur PBOS harus dapat memenuhi persyaratan berikut ini.

    Persyaratan Umum
    1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK negeri maupun swasta dalam negeri tahun ini.
    2. Lulusan setara SMA luar negeri tahun ini dan 1 tahun lalu (telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan).
    3. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 sampai dengan semester 5. Untuk siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4.
    4. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

    Persyaratan Khusus
    1. Siswa memiliki prestasi di bidang olahraga dan seni yang dibuktikan dengan adanya sertifikat/piagam kejuaraan.
    2. Kejuaraan yang dimaksud Bidang Olahraga adalah :
      • Juara I, II, III, IV, atau V Kejuaraan Internasional, atau;
      • Juara I, II, atau III PON/KEJURNAS/POPNAS atau kegiatan sejenis tingkat nasional; atau
      • Juara I atau II PORDA/KEJURDA/ POPDA atau kegiatan sejenis tingkat provinsi
    3. Kejuaraan yang dimaksud Bidang Seni adalah :
      • Juara I, II, atau III PORSENI/Festival Seni atau kegiatan sejenis tingkat nasional, atau;
      • Juara I atau II PORSENI/ Festival Seni atau kegiatan sejenis tingkat provinsi, atau;
      • Pernah mengikuti pementasan/pameran/kegiatan tingkat internasional yang direkomendasi oleh Dewan Kesenian Daerah.
    4. Pengusulan disertai dengan:
      • Rapor mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi).
      • Surat Kesanggupan Aktif di UKM.
      • Surat kesanggupan orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
      • Sertifikat/piagam kejuaraan yang diikuti selama jenjang SMA/SMK/MA/MAK (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik).

    Prosedur Pendaftaran

    Prosedur pendaftaran sama seperti pada jalur  PBUK. Yang membedakan hanyalah kalau pada jalur PBUK kode pembayaran : 956 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy, kalau untuk jalur PBOS kode pembayaran : 958 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy).Yang lainnya sama.

    Kelengkapan Dokumen dan formatnya

    Calon mahasiswa harus mempersiakan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50KB sampai 200KB untuk masing-masing file; scanan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi, kemudian diunggah pada saat mendaftar online.berikut ini persyaratan-persyaratan dan format filenya.
    1. Foto terbaru dan berwarna. *.jpg
    2. Rapor asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah mulai semester 1 sampai 5 (hingga semester 4 bagi siswa akselerasi). *.pdf
    3. Surat Kesanggupan Aktif di UKM. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
    4. Surat Kesanggupan Pembiayaan. Format surat bisa didownload disitus resmi UGM. *.pdf
    5. Piagam Kejuaraan/Sertifikat di bidang olah raga dan seni. Sertifikat yang berlaku adalah sertifikat yang diperoleh semasa jenjang SMA / SMK / MA (maksimal 5 sertifikat prestasi terbaik). *.pdf

    Tahapan Seleksi PBOS
    1. Seleksi administratif.
    2. Tes tertulis (bagi yang lolos seleksi administratif)
    3. Tes keterampilan (bagi yang lolos seleksi administratif dan tes tertulis).

    Materi Tes Tertulis PBOS

    Materi tes tertulis berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Lokasi pelaksanaan tes tertulis akan diumumkan kemudian dan Tes keterampilan diselenggarakan di Yogyakarta.

    Untuk informasi lainnya dapat dilihat di website UGM

    G. Pendaftaran UTUL UGM

    UTUL atau ujian tulis adalah salah satu jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Universitas Gadjah Mada melalui seleksi ujian tertulis. UTUL merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru UGM yang paling akhir.

    Jadi untuk calon peserta yang telah mengikuti jalur seleksi sebelumnya namun dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur UTUL UGM.

    Persyaratan Pendaftaran UTUL
    1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK dalam dan luar negeri untuk 2 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini atau lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya untuk 2 tahun lalu.
    2. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
    3. Kelengkapan Dokumen dan formatnya

    Calon mahasiswa harus mempersiapkan scanan dokumen di bawah ini dengan ukuran antara 50 Kb - 200 Kb. Berikut ini kelengkapan dokumen dan format filenya.
    1. Foto terbaru dan berwarna.*.jpg
    2. Scan Ijazah (untuk lulusan 2 tahun lalu) atau Kartu Peserta UAN (untuk calon lulusan tahun ini).*.pdf
    3. Scan KTP/Kartu Keluarga.*.pdf

    Untuk informasi lainnya yang belum dimuat disini dapat dilihat langsung di website UGM.

    H. Pendaftaran Online KIP Kuliah

    Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu serta memiliki prestasi yang baik.

    Bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu akan memberikan perubahan pula para prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

    Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

    Keterangan lain seperti perrsyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

    II. Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Pascasarjana

    Pendaftaran Pascasarjana UGM

    Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UGM silahkan daftarkan diri anda. Penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana UGM dibuka melalui 3 jalur, yaitu :

    a. Jalur Reguler

    Jalur reguler diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia. Pelamar BPPDN termasuk dalam kategori ini.

    b. Jalur Kerjasama

    Jalur Kerjasana diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku.

    c. Jalur Internasional

    Jalur Internasional diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA) yang ingin kuliah di UGM jenjang Pascasarjana.

    Untuk informasi lainnya seperti persyaratan, prosedur pendafaran, dan lain sebaganya dapat anda baca langsung di website UGM di alamat pasca.ugm.ac.id

    IV. Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Diploma

    Penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma dibuka melalui jalur PBUTM SV, PBUK SV, PBUSMAK SV, PBUB SV, dan UTUL. Keterangan mengenai jalur-jalur tersebut tidak jauh beda dengan keterangan pada jenjang Sarjana. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat di web UGM.


    Penting!!!
    Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UGM.

    Demikianlah Informasi yang bisa admin bagikan kali ini tentang Pendaftaran Online UGM (Universitas Gadjah Mada). Semoga informasi tersebut bermanfaat dalam memberi panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online UGM.

    Silakan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol share yang tersedia.

    Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti sehingga nantinya bisa menjadi mahasiswa baru UGM. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu membaca disini, sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Aamiin.
    Baca juga :

    Post a Comment

    Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

    1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
    2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
    © BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain