Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

10 Contoh Pertanyaan (Soal) Wawancara BUMN 2022 Beserta Penjelasannya

Contoh Pertanyaan (Soal) Wawancara BUMN 2022 Beserta Penjelasannya - Hallo sahabat BUMN diamanapun anda berada, pasti kalian penasaran yaa tentang apa yang akan ditanyakan panitia seleksi kepada kalian semua saat seleksi tahap tiga seleksi BUMN dimulai bulan juni mendatang, oleh sebab itu mari kita simak ulasan berikut ini. 

Intermezo (Pengantar Admin) 

Bagaimana cara lolos seleksi wawancara kerja, dan bisa menjawab setiap pertanyaan HRD pada saat interview berlangsung? Salah satunya adalah dengan mempelajari berbagai pertanyaan yang umum diajukan oleh mereka. Kamu bisa temukan daftar pertanyaan tersebut di postingan kosngosan kali ini. Penasaran? yuk simak pembahasannya dibawah Interview kerja di pt atau perusahaan merupakan salah satu tahapan krusial yang harus kamu lalui apabila ingin diterima sebagai karyawan. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu terapkan dalam menjawab dan menghadapi setiap pertanyaan dalam wawancara ini.

Dan tentunya dibutuhkan kepercayaan tinggi untuk menghadapinya. Untuk meyakinkan seorang HRD atau pemilik perusahan mengenai kemampuanmu, sobat kosngosan harus mempersiapkan jawaban yang tepat atas Pertanyaan wawancara umum yang terkadang bisa menjadi bagian tersulit karena cenderung tidak spesifik dan bersifat terbuka.

Persiapan wawancara terbaik tidak dimulai sehari sebelum wawancara, namun yang terbaik adalah mempersiapkan diri sesaat setelah kamu sudah menjatuhkan lamaran pada perusahaan tersebut. Apa yang harus kamu persiapkan sehari sebelum wawancara dimulai? Berikut adalah beberapa tahapan nya:

Mempelajari perihal pekerjaan, resume dan surat lamaran yang kamu kirim untuk posisi ini. Buat dua salinan masing-masing - satu untuk referensi mu sendiri dan cadangan jika diperlukan.

Memastikan kamu membuat 3-5 pertanyaan umum yang sering dipertanyakan yang ingin kamu jawab dan memasukkannya kedalam catatan. Idealnya, ini adalah pertanyaan yang kamu kuasai selama persiapan.

Berikutnya bila ternyata kamu adalah seorang fresh graduate dan baru menghadapi interview untuk pertama kalinya, maka hal yang pertama kamu persiapkan adalah mental dan penampilan.

Bagi pemula seperti sobat kosngosan, harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi dan bertatap wajah dengan pewawancara. Selain itu pakailah pakaian formal yang rapi dan mengesankan bahwa sobat kosngosan benar benar serius untuk menginginkan pekerjaan ini.

Daftar Pertanyaan Wawancara

1. Coba kamu perkenalkan dirimu secara singkat

Ini adalah pertanyaan pertama yang biasanya diajukan oleh pihak HRP perusahaan kepada para calon karyawannya. Nantinya ini bisa dijadikan dasar seberapa bagus kepercayaan diri seseorang.

Pada kesempatan ini sobat BUMN bisa menceritakan apa yang sudah dan belum kamu tulis dalam CV, seperti misalnya prestasi, pencapaian terbaik dan keunggulan dalam berbagai hal lain yang dapat memberikan kesan positif dan tentunya berhububungan dengan pengalaman atau keahlian kerja yang gemilang.

2. Berikan alasan mengapa kami harus memperkerjakan kamu di sini

Pada kesempatan kali ini kamu harus menjelaskan keunggulanmu yang bisa sangat berkontribusi kepada pekerjaan mu nantinya. Jelaskan hal yang benar – benar ada dalam diri mu dan jangan pernah membual. Karena hal ini akan merugikan kamu nantinya apabila diterima di posisi tersebut.

Jangan juga memberikan jawaban yang muluk dan terkesan bertela-tele karena akan memberikan gambaran bahwa sobat BUMN adalah seorang yang angkuh, tidak jujur, dan berlebihan. Berikan alasan logis yang memang enak didengar dan terkesan alamiah.

Mempelajari profil dari situs web perusahaan. Tujuan mu kali ini adalah terutama jika kamu merasa tidak siap. Kamu bisa fokus pada bagaimana dirimu akan menjawab pertanyaan tentang mengapa kamu ingin bekerja untuk perusahaan ini, dan mengapa sobat BUMN harus dipekerjakan.


3. Bagaimana visi dan tujuan kamu dalam beberapa tahun ke depan

Kesempatan ini adalah saat yang tepat untuk berbagi tujuan dan cita cita yang selama ini kamu ingin raih bersama perusahaan tersebut. Jawaban yang membuat pihak perusahaan yakin memilih kamu adalah pernyataan yang visioner dan luar biasa tetapi dalam konteks yang realistis.

Ini akan memberikan poin lebih disaat kamu mengemukakanya dengan lugas dan penuh percaya diri. Sebagai contoh kamu ingin berkarier dan bekerja untuk meraih omset penjualan 100% lebih tinggi untuk tahun kedua kamu bekerja dan sebagainya.

4. Apa kelebihan dan kelemahan yang kamu punya

Pada kesempatan kali ini sebenarnya untuk menguji seberapa jujur kamu, seberapa besar persentase kamu bisa mengetahui kemampuan dirimu sendiri dan seberapa yakin sobat BUMN dengan kemampuan yang kamu punya. Intinya berikan point kelebihan kamu yang akan membangun perusahaan nantinya. Dan juga berikan point kelemahan kamu yang diikuti sikap upaya untuk memperbaikinya.

Jangan memberikan jawaban kelemahan dalam bentuk yang detail dan teknis seperti saya seorang pemalas, atau saya seorang pelupa, tapi berikan dalam konteks yang bisa dijadikan sebagai pemicu kepada hal yang lebih positif seperti saya seorang yang selalu gelisah bila tidak mengerjakan tugas tepat waktu, saya seorang yang tidak suka pekerjaan yang tidak terstruktur dan lainnya kemudian ikuti dengan pernyataan bahwa kamu akan berjanji untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

5. Apa alasan kamu berhenti dari pekerjaan sebelumnya

Kesempatan ini adalah untuk membuktikan bahwa kamu tidak ada masalah serius dengan perusahaan sebelumnya. Jangan pernah menyalahkan pihak perusahaan sebelumnya, misal kondisi kantor, pimpinan yang tidak becus atau teman kerja yang membosankan.

Berikan jawaban yang HRD inginkan seperti saya berhenti dari perusahaan lama untuk mengembangkan karir saya. Karena perusahaan lama tidak secara maksimal menggali potensi yang saya punya. Saya ingin memulai sesuatu yang baru, menantang dan sesuai dengan kemampuan yang saya punya dan saya rasa atau saya pikir perusahaan ini bisa mewujudkan itu.
Bagi kamu yang seorang fresh graduate, mungkin pertanyaan ini adalah beban. Katakan saja meskipun belum memiliki pengalaman, setidaknya saya akan bersikap loyal kepada perusahaan dan menikmati pekerjaan saya.

6. Berapa gaji yang kamu harapkan

Ini adalah pertanyaan yang mengukur seberapa besar kualitas dan harga mu bagi perusahaan yang baru. Tentunya sobat BUMN harus bisa menyesuaikan seberapa tinggi keterampilan dan keahlian yang kamu miliki dengan gaji yang sobat BUMN minta

Jangan nanti kamu adalah seorang fresh graduate namun meminta gaji yang tinggi. Untuk fresh graduate Mungkin kamu bisa minta gaji UMR. Dan untuk kamu yang berpengalaman bisa meminta gaji lebih tinggi dibandingkan dengan gaji di perusahaan lama

7. Apakah kamu suka bekerja dalam tim atau individual

Umumnya perusahaan lebih menyukai dia yang mampu bekerja dalam tim dan solid. Walaupun Terkadang ada pekerjaan yang membutuhkan penyelesaian secara Individual. Berikanlah jawaban yang plexibel bahwa kamu bisa bekerja dalam individu dan tim serta memberikan yang terbaik untuk keduanya


8. Bagaimana kamu menghadapi masalah dan kritikan

Untuk menghadapi masalah sangat berbeda dengan menghadapi kritik. Kamu bisa menjawab apabila untuk menghadapi masalah dan menyelesaikannya Kamu akan selalu memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi

Sementara untuk menghadapi kritik kamu bisa lebih bijak dan memfilter atau memilih kritik mana yang membangun dan kritik yang tidak membangun. Persamaannya adalah kamu harus sama-sama bersikap fleksibel dan memberikan all out

9. Apakah kamu bersedia lembur

Tentu saja setiap perusahaan sangat menginginkan karyawannya untuk bekerja lembur dan memberikan all out untuk pekerjaannya. Di sini kamu harus menjawab sebijaksana mungkin untuk bersedia bekerja lembur asalkan diberikan honor sesuai dengan output yang kamu sudah hasilkan


10. Apakah kamu siap ditempatkan di berbagai cabang perusahaan

Pertanyaan terakhir yang bisa kamu hadapi adalah apakah sobat BUMN bersedia untuk ditempatkan di berbagai daerah di kantor cabang perusahaan tersebut. Tentu saja Ini Membutuhkan loyalitas, apabila kamu mendapatkan penempatan di daerah yang terpencil, kamu bisa saja menolak Tawaran kerja tersebut.

Namun untuk lebih amannya kamu bisa menjawab untuk bersedia ditempatkan dimana saja, dan selama kamu mendapatkan tempat yang sesuai maka kamu tidak ada masalah. Namun apabila tempat tersebut terlalu terpencil kamu bisa mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain.

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain