Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Analisis Struktur Fisik Dan Struktur Batin Puisi Senja Di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar

 Analisis Struktur Fisik  Dan Struktur Batin Puisi Senja Di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar- Chairil Anwar Merupakan seorang penyair terkemuka indonesia. Beliau diperkirakan telah menulis 96 karya, temasuk 70 puisi. salah satu puisi yang populer ialah puisi yang berjudul senja di pelabuhan kecil. berikut ini saya akan memberikan analisis struktur fisik dan batin pada puisi  tersebut. 

Analisis Struktur Fisik  Dan Struktur Batin Puisi Senja Di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar


SENJA DI PELABUHAN KECIL – Chairil Anwar

Buat: Sri Ajati


Ini kali tidak ada yang mencari cinta

 diantara gudang, rumah tua, pada cerita

tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut

menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut


Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang

menyinggung muram, desir hari lari berenang

menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak

dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.


Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan

menyisir semenanjung, masih pengap harap

sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan

dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap


A. Struktur Batin Puisi

Bait 1 pengarang menceritakan cinta yang sudah tidak dapat diperoleh lagi. Pengarang melukiskan gedung, rumah tua, tiang dan temali, kapal, dan perahu yang tidak bertaut. Benda-benda itu semua mengungkapkan perasaan sedih dan sepi. Pengarang merasakan kehampaan hati karena cintanya yang hilang. Kenangan cinta sangat memukul hatinya sehingga hatinya mati setelah orang yang dicintainya pergi seperti kapal yang tidak berlaut hidupnya tiada berarti.

Bait 2 pengarang memfokuskan perhatian pada suasana pelabuhan dan tidak lagi ke benda-benda di pelabuhan yang beraneka ragam. Di pelabuhan itu turun gerimis yang mempercepat kelam (menambah kesedihan pengarang) dan ada ‘kelepak elang’ yang menyinggung muram ( membuat hati pengarang lebih muram).‘desir hari lari berenang’ (kegemingan telah musnah). Suasana di pantai itu suatu saat membuat hati pengarang dipenuhi harapan untuk terhibur, tapi ternyata suasana pantai itu kemudian berubah. Harapan untuk mendapatkan hiburan itu musnah, sebab “dan kini tanah air tidur hilang ombak”.

Bait 3 pikiran pengarang lebih dipusatkan pada dirinya dan bukan kepada pantai dan benda-benda sekeliling pantai itu. Dia merasa ‘ aku sendiri’. Tidak ada lagi yang diharapkan akan memberikan hiburan dalam kesendirian dan kedukaannya itu. Dalam kesendirian itu, pengarang mengisir semenanjung semula ia berjalan dengan dipenuhi harapan. Setelah  pengarang mencapai ujung tujuan, ternyata orang yang diharapkan akan menghiburnya itu malah mengucapkan selamat jalan. Pengarang merasa bahwa sama sekali tidak ada harapan untuk mencapai tujuannya. Sebab itu dalam kesendirian dan kedukaannya, pengarang merasakan “dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap”. Betapa mendalam rasa sedihnya itu, ternyata dari pantai keempat sedu-sedan tangisnya dapat dirasakan.

1. Tema: kedukaan yang mendalam karena kegagalan cinta.

2. Nada: pengarang menceritakan kegagalan cintanya dengan nada ratapan yang sangat mendalam, karena lukanya benar-benar sangat dalam.

3. Perasaan : pengarang merasakan kesedihan, kedukaan, kesepian, dan kesendirian itu disebabkan oleh kegagalan cintanya dengan Sri Ayati. Bahkan sedu tangisnya menggumandang sampai ke pantai ke empat karena kegagalan cintanya.

4. Amanat : pengarang ingin mengungkapkan kegagalan cintanya yang menyebabkan hatinya sedih dan tercekam. Kegagalan cintanya yang menyebabkan seseorang seolah-olah kehilangan segala-galanya. Cinta yang sungguh-sungguh dapat menyebabkan seseorang memahami apa arti kegagalan secara total.


B. Struktur Fisik Puisi

1. Diksi (pilihan kata)

Pilihan kata banyak menggunakan kata-kata bernada muram, dipantulkan oleh kata-kata: gudang, rumah tua, temali, kelam, laut, tidur, hilang ombak, ujung desir, dll.

2. Majas (bahasa kiasan)

Gaya bahasa yang terdapat pada puisi diatas adalah

a. Metafora

Pengarang menggunakan bahasa kias untuk memperdalam rasa duka yang dirasakan. Ketidak berdayaan diungkapkan pengarang sebagai sebuah ‘gudang, rumah tua, tiang dan temali’ yang tiada berguna. Harapan pengarang kandas bagai kapal dan perahu yang tidak melaut karena menghempaskan diri di pantai saja. Serta kebekuan hati bagai air dan tanah yang tidur dan tidak bergerak.

b. Personifikasi

Diungkapkan pengarang melalui “rumah tua pada cerita, ada juga kelepak elang menyinggung muram, desir hari lagi berenang, dan kini tanah dan air tidur hilang ombak dan sedu penghabisan bisa terdekap”. Lewat kata tersebut pengarang mecoba menghidupkan rumah tua yang seakan mampu bercerita, dan menghidupkan juga kelepak elang yang mampu menyinggung perasaan orang yang sedang muram. Hari pun dikatakan pengarang seakan berlari dan berenang menjauh hingga pengarang bisa memutar balik waktu itu. Pengarang juga berusaha menidurkan tanah air sehingga merasa dalamlah kebekuan hati seseorang yang digambarkan.

c. Sinekdot

Terlihat pada kata ‘tiang’ yang sebenarnya pengarang mencoba menggambarkan rumah. Kata kapal dan perahu yang berarti pelabuhan.

d. Hiperbola

Terdapat pada kalimat “dan kini tanah dan air tidur hilang” serta “dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap”. melebih-lebihkan kebekuan hati karena sang gadis itu.

3. Pencitraan

“Diantara gudang, rumah tua, pada cerita

tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut”

Pengarang membuat pembaca seolah-olah dapat melihat gudang, rumah tua pada cerita, tiang serta temali,  kapal, dan perahu yang tidak berlaut.

4. Tipografi

“Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang

menyinggung muram, desir hari lari berenang”.

Pengarang menggunakan tipografi puisi konvensional dengan dilengkapi enjambement berupa titik ditengah baris yang menunjukkan bahwa gagasan pada suatu baris dalam puisi masih berlanjut pada baris berikutnya.

5. Verifikasi ( rima, ritma, metrum)

Rima akhir setiap bait /ta-ta-ut-ut/ (abab). Ritma berupa ikatan yang mengikat bait dengan menggunakan keterangan kalimat. Pada bait pertama menggunakan frasa/ini kali/ pada bait kedua menggunakan /gerimis/ pada bait ketiga menggunakan /tiada lagi/. Kata pengikat tersebut memunculkan gelombang irama baru.


Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain