Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Politik Kualitatif/Kuantitatif

Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Politik Kualitatif/Kuantitatif - Hallo sahabat politik dimanapun kalian berada admin yang baik hati ini akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah judul skripsi yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi kalian dalam memilih sebuah judul, oke kita simak saja ulasannya.

Prospek Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik sangat cocok bagi seseorang yang ingin terjun di dunia politik. Lulusan dari jurusan ini nantinya bisa bekerja sebagai politikus, anggota partai politik, hingga anggota DPR.

Jurusan Ilmu Politik sangat erat kaitannya dengan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki minat tinggi pada ilmu sosial. Di jurusan ini akan dipelajari tentang teori dan praktik politik. Dalam jurusan ini nantinya juga akan dikupas tuntas mengenai kekuatan politik di Indonesia, politik perkotaan, pemikiran poltik barat, politik lokal dan otonomi daerah, hingga HAM dan Perubahan Politik.

Contoh Judul Skripsi Jurusan Ilmu Politik 

  1. Pembentukan Partai Politik Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik (Studi Kasus : Pendirian Partai Solidaritas Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara)
  2. Transformasi Ormas Menjadi Partai Politik (Studi Tentang Perubahan Ormas Persatuan Indonesia Menjadi Partai Persatuan Indonesia di Sumatera Utara) 
  3. Implementasi Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Rekrutmen Politik pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Medan 
  4. Peran Wali Nanggroe dalam Pembangunan Politik di Aceh 
  5. Peran Media Massa Terhadap Pengetahuan Politik (Studi Kasus: Peran Harian New Tapanuli Terhadap Pengetahuan Politik Masyarakat Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2017) 
  6. Peran MNC Group dalam Popularitas Partai Perindo Kota Medan
  7. Komunikasi Politik dalam Hubungan Eksekutif dengan Legislatif (Studi Kasus: Strategi Komunikasi Politik Nikson Nababan Membangun Hubungan Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten Tapanuli Utara) 
  8. Strategi Ekonomi Politik Turki (Studi analisis: Normalisasi Hubungan Diplomatik Turki-Israel di tahun 2016) 
  9. Politik Kepala Daerah (Studi Kasus Implementasi Kebijakan Politik Khairuddin Syah dengan Janji–Janji Politik Periode 2010–2015 di Kabupaten Labuhan batu Utara) 
  10. Sistem Ekonomi Politik Cina (Studi Kasus: Peralihan Sistem Ekonomi Sosialisme Menuju Sistem Ekonomi Kapitalisme) 
  11. Peran Nahdlatul Ulama Sebagai Kekuatan Politik Islam di Indonesia pada Awal Reformasi
  12. Pengaruh Elit Lokal dalam Pemenangan Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus: Pemilihan Kepala Desa Mulio Rejo Kecamatan Sunggal Deli Serdang) 
  13. New Social Media & Imagologi Politik Kebijakan (Studi Kasus Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Kebijakan Ridwan Kamil) 
  14. Etnisitas dalam Politik (Studi Etnografi Tentang Kontestasi Pilkada Kota Medan Tahun 2015) 
  15. Pencalonan Kepala Daerah Jalur Independen (Sebuah Studi Teoritis Radical Democracy Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe)
  16. Pergeseran Demokrasi ke Tirani (Studi Analisis: Sistem Demokrasi pada Masa Rezim Jokowi) 
  17. Pengaruh Orientasi Politik Terhadap Partisipasi Perempuan pada Pilkada Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2015
  18. Politik Melanesia dan Diplomasi Indonesia (Studi Analisis: Geopolitik dan Geostrategi Separatisme di Papua Pasca Sidang Majelis Umum PBB ke-70)
  19. Kebijakan Ekonomi Politik Cina dalam Pembangunan di Indonesia (Studi Kasus: Kerjasama Cina dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Tahun 2005-2015) 
  20. Politik Jokowi: Suatu Studi Terhadap Energi Sebagai Alat Diplomasi Indonesia-Jepang pada Pemerintahan Jokowi 
  21. Sikap Politik Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), (Studi Kasus di Fakultas Fisip USU)
  22. Analisis Keberadaan Mahkamah Partai Politik di Indonesia dalam Penyelesaian Perselisihan Internal Partai Politik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011
  23. Peranan Budaya Matriarki terhadap Partisipasi Politik (Studi Kasus Pemilih Perempuan di Kota Pandang pada Pemilihan Umum Tahun 2014) 
  24. Pengaruh Pendidikan dalam Menentukan Pilihan Politik pada Pemilihan Umum Presiden 2014 di Kota Medan 
  25. Partisipasi Politik Kader Perempuan Parpol dalam Pilkada di Kabupaten Karo 
  26. Marketing Politik Parlindungan Purba dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Tahun 2014 
  27. Strategi Pemenangan Ngogesa Sitepu dalam Pemilihan Ketua DPD Golkar SUMUT 2016-2021 
  28. Partisipasi Politik Masyarakat Parmalim (Study Kasus: Pemilihan Umum Kepala Daerah Walikota dan Wakil Walikota Kota Medan Periode 2015-2020) 
  29. Partisipasi Politik Masyarakat Jawa Terhadap Pemilihan Kepala Daerah di Sumatera Utara Tahun 2013 (Studi Kasus Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru)
  30. Partisipasi Politik PITI (Paguyuban Islam Tionghoa Indonesia) dalam pemilihan walikota Medan 2015 
  31. Partisipasi Politik Asosiasi India Muslim Indonesia (AIMI) dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Medan Tahun 2015 
  32. Strategi Political Marketing dalam Pemilihan Kepala Daerah Langsung Tahun 2015 (Studi Kasus Pasangan Calon Bupati Nias Barat Faduhusi Daely- Khenoki Waruwu) 
  33. Pola Kaderisasi Partai Politik (Studi Deskriptif : Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Dewan Pimpinan Provinsi Sumatera Utara Periode 2016-2021) 
  34. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Politik pada Pilkada Serentak di Kabupaten Karo Tahun 
  35. PartisipasiPemilihpadaPilkada Kota Medan Tahun 2015 di Kecamatan Medan Tuntungan 
  36. Analisis Penganggaran pada Program Kaderisasi Partai PDI-Perjuangan Provinsi Sumatera Utara 
  37. Politik Sastra: Konflik Aliran Sastra Antara Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) dan Manifes Kebuadayaan (Manikebu) 1950-1965 
  38. Gerakan Politik Islam Hizbut Tahrir Indonesia (Studi Analisis Pada Gerakan Politik Islam Hizbut Tahrir di Provinsi Sumatera Utara) 
  39. Strategi Politik Ok Arya Zulkarnaen dalam Memenangkan Pilkada di Kabupaten Batubara Tahun 2013
  40. Strategi Politik dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus : Pada Kepala Desa Terpilih Rumbin Sitio di Desa Tengganau Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau Tahun 2017)
  41. Pemasaran Politik Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Aceh Singkil Tahun 2017
  42. Proses Rekrutmen Politik Calon Legislatif Provinsi Sumatera Utara 2019 – 2024 
  43. Partai Politik Sebagai Pilar Demokrasi di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik 
  44. Strategi Politik pada Pemenangan Pemilu Dr. Januari Siregar, SH, M.Hum pada Pemilu Legislatif 2014 dari Daerah Pemilihan II Sumatera Utara 
  45. Peran Generasi Milenial dalam Mempengaruhi Budaya Politik Indonesia 
  46. Politik Identitas dalam Iklan Politik pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera 2018 
  47. Pola Rekrutmen Calon Legislatif 2019 oleh Partai Solidaritas Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara
  48. Gaya Komunikasi Politik Edy Rahmayadi Pasca Dilantik Menjadi Gubernur Sumatera Utara 
  49. Politik Identitas Uken Toa dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017 di Kabupaten Aceh Tengah 
  50. Komunikasi Pemasaran Politik Tim Pemenangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Pilkada SUMUT 2018 
  51. Strategi Pemenangan Politik H. Ihwan Ritonga dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019 dari Daerah Pemilihan IV Kota Medan 
  52. Proses Penetapan Daftar Calon Tetap ( DCT ) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Yang Di Usung Oleh Dpd Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Dairi 
  53. Pengaruh Politik Uang terhadap Partisipasi Masyarakat pada Pilkada 2018 di Tapanuli Utara 
  54. Pengaruh Hasil Pemilu 2019 Terhadap Popularitas Partai Solidaritas Indonesia di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara 
  55. Peranan Kelompok Tani dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Desa (Studi Kasus: Desa Sei Mencirim Kuta Limbaru)
  56. Kekuatan Partai Politik (Studi tentang Kekuatan Tokoh dan Kader Partai Golkar Memenangkan Terbit Rencana Perangin-Angin dan Syah Afandin pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Langkat Tahun 2018) 
  57. Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum Gubernur di Sumatera Utara Tahun 2018 
  58. Strategi Politik Ahmad Arif S.E, M.M dalam Pemilu Legislaltif di Kota Medan Tahun 2014 
  59. Peranan Partai Politik dalam Pengkaderan dan Penetapan Calon Legislatif dalam Pemilihan Umum 2019
  60. Faktor-Faktor Kemenangan Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) pada Pemilihan Gubernur (Pilgubsu) Sumatera Utara Tahun 2018 di Kecamatan Medan Marelan
  61. Perbandingan Sistem Kaderisasi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Parti Islam Se-Malaysia (PAS) Era Hamzah Haz dan Abdul Hadi Awang 
  62. Demokratisasi dalam Proses Kepengurusan Partai Politik di Indonesia 
  63. Ideologi Jamaah India Muslim Terhadap Partisipasi Politik (Studi Kasus :Pemilihan Kepala Daerah Kota Medan Tahun 2015) 
  64. Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum Gubernur di Sumatera Utara Tahun 2018 (Studi Kasus: Masyarakat Kelurahan Simalingkar B Medan) 
  65. Strategi Politik Kepala Desa Terpilih Desa Silalahi Pagar Batu Tahun 2019 (Studi pada: Kepala Desa terpilih Patar Sabungan Nadapdap di Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba)
  66. Strategi Pemenangan Politik Pasangan Ashari Tambunan dan Ali Yusuf Siregar pada Pilkada Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018 
  67. Peranan Berita-berita Politik di Surat Kabar Harian Waspada dalam Meningkatkan Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera di Kota Medan 
  68. Pemikiran Politik Partai Keadilan Sejahtera dalam Affirmative Action : Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara 
  69. Perbandingan Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Medan Selayang dalam Pemilihan Presiden Republik Indonesia Tahun 2019 (Studi Kasus: Kelurahan Tanjung Sari dan Kelurahan Padang Bulan Selayang I) 
  70. Strategi Pemenangan Politik Artha Berliana Samosir dalam Pemilihan Umum Anggota Dprd Prov. Sumatera Utara pada Daerah Pemilihan Medan A Tahun 2019 
  71. Motif Aktor Lokal dalam Kuota Pencalonan 120 Persen Partai Politik Lokal pada Pemilu 2019 di Provinsi Aceh 
  72. Pemasaran Politik Rasdiaman Damanik Dari Partai Hanura Dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019 di Dapil IV Kabupaten Serdang Bedagai 
  73. Partisipasi Politik Masyarakat Karo Dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Dusun VI Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang Periode 2019-2024 
  74. Strategi Pemenangan Politik Ruben Tarigan dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019 dari Daerah Pemilihan III Sumatera Utara 
  75. Penggunaan Media Sosial pada Pemilih Pemula Dalam Partisipasi Politik Pasca Pemilihan Presiden 2019 di Kota Medan 
  76. Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Terhadap Kasus Pelecehan Seksual Catcalling 
  77. Peran Partai Golkar pada Pemenangan Pasangan Eddy Rahmayadi dan Musa Rajekshah dalam Pilkada Gubernur Sumatera Utara 2018
  78. Political Marketing Generasi Millennial dalam Pemilu Tahun 2019 
  79. Partisipasi Anggota Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Kota Medan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 
  80. Analisis Faktor Determinan Tingkat Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas pada Pemilihan Umum 2019 di Kota Banda Aceh 
  81. Strategi Pemenangan Pasangan Edy Rahmayadi–Musa Rajekshah dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018
  82. Konflik Politik dalam Karya Sastra “Hamlet; Prince of Denmark” oleh William Shakespeare 
  83. Strategi Pemenangan Pasangan Calon Eramas dalam Pilkada Sumatera Utara di Kota Medan Tahun 2018 
  84. Peranan Rekrutmen DPRK terhadap Independensi Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Pidie Periode 2018-2023
  85. Keberadaan Pasangan Calon Tunggal pada Pemilihan Kepala Daerah dari Perspektif Demokrasi Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
  86. Politik Progresif Generasi Milenial (Studi pada Komunitas Generasi Milenial Kota Medan pada Pemilihan Presiden 2019)
  87. Perilaku Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah di Kabupaten Batubara Kecamatan Limapuluh Tahun 2018 
  88. Partisipasi Pemilih Pilkada Kota Medan Tahun 2020 di Kecamatan Medan Selayang 
  89. Pengaruh Komunikasi Politik Pemerintahan Desa dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Desa Tahun 2019
  90. Tipologi Partai Politik Studi pada Partai Amanat Nasional Kota Medan 
  91. Produktivitas Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara di Masa Pandemi 
  92. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terpilihnya Anggota Legislatif dari Partai Gerindra di Kabupaten Aceh Tamiang pada Tahun 2019 
  93. Analisis Pasangan Calon Tunggal dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Pematang Siantar Tahun 2020
  94. Hubungan Persepsi Nepotisme dengan Persepsi Keadilan Prosedural di Dalam Politik 
  95. Fikih Siyasah K.H Abdul Wahab Hasbullah Tahun 1950-1955
  96. Tipe dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pemilih Masyarakart Desa Air Putih Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu pada Pemilihan Gubernur Riau Tahun 2018 
  97. Strategi Politik Muhammad Andri Alfisah di Pileg 2019
  98. Politik Pembangunan Masyarakat Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang 
  99. Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Menenggunakan Hak Pilih pada Pemilihan Walikota Medan Tahun 2020 
  100. Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kota Medan (1998 – 2010) 
  101. Analisis Fenomena Calon Tunggal pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan semoga segera lulus ya, buat bangga orang tuamu
Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain