Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Memahami Struktur Fisik Dan Batin Puisi Beserta Contoh


 Memahami Struktur Fisik Dan Batin  Puisi Beserta Contoh- Hallo Sahabat pintar, Saat sahabat Diberi tugas oleh guru untuk menganalisis struktur fisik dan batin puisi, pasti yang sahabat cari tahu adalah apa itu struktur fisik dan batin puisi? di dalamnya mecakup apa saja. 

pada kesempatan kali ini, admin akan menjelaskan poin poin apa saja yang terdapat pada struktur fisik dan batin dalam puisi. berikut penjelasanya, semoga bermanfaat.  

Memahami Struktur Fisik Dan Batin  Puisi 

A. Struktur Fisik Puisi

1. Diksi

Struktur puisi pertama yang perlu kalian ketahui yaitu diksi. Diksi berarti pemilihan kata untuk mengungkapkan gagasan sehingga menghasilkan puisi yang indah. Contoh diksi yang sering digunakan adalah: Lintang (bintang), Chandra (bulan), Bianglala (pelangi), dan lain-lain.

2. Majas

Majas atau gaya bahasa berarti melukiskan atau menyampaikan makna konotasi atau bukan makna sebenarnya. Contohnya: Majas Personifikasi, Majas Metafora, dan lain-lain.

3. Tipografi

Struktur puisi selanjutnya adalah tipografi. Tipografi merupakan puisi yang memiliki bentuk unik dan memiliki makna tersendiri yang ingin penyair sampaikan. Puisi tipografi ini biasanya disusun menyerupai bentuk seperti wajah, zig zag, dan lain-lainnya. 

4. Imagery

Imagery adalah deskripsi visual dengan menggunakkan panca indera saat kalian menulis puisi. Dengan begitu, pembaca dapat merasakan suasana dan kesan yang nyata. 

Imagery sendiri terbagi menjadi enam jenis yaitu penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, pengecapan, dan gerak. Contoh imagery pendengaran: ‘Dan dalam dadaku, memerdu lagu’ (karya: chairil anwar, sajak putih)

5. Rima

Last but not least, ada yang namanya rima. Biasanya, rima ini ditemukan pada puisi lama, nih, guys! Dan, jarang ditemukan di puisi modern. 

Contoh: rima pasang (a-a-b-b)

Indonesia tanah airku

Tanah tumpah darahku

Di sanalah aku digusur

Dari tanah leluhur

Dengan demikian, persamaan bunyi setiap baris atau bunyi vokal akhir pada baris puisi disebut dengan Rima. 

B. Struktur Batin Puisi

1. Tema

Tema merupakan salah satu unsur penting yang membangun puisi. Pasalnya, dengan adanya tema ini, penyair dapat mengungkapkan dan mengembangkan perasaan mereka menjadi sebuah puisi.

Kalian pasti sering membaca atau menemukan puisi yang panjang banget, bukan? Nah, meski demikian, setiap puisi pasti memiliki tema atau pokok pikiran yang ingin disampaikan.

2. Rasa

Rasa adalah sesuatu yang sedang dirasakan. Misalnya, saat merasakan sedih, maka puisi kalian perlu diberikan sentuhan-sentuhan kesedihan. Ini dilakukan, supaya puisi kalian menjadi puisi yang indah. 

3. Nada

Struktur batin puisi berikutnya adalah nada. Nada adalah bagaimana cara kalian menyuarakan puisi, seperti tinggi rendahnya bunyi. Nah, nada terbagi menjadi lima macam, yaitu:

Melankolik: rendah, pelan, dan mendalam. 

Romantik: rendah/tinggi dan adanya perasaan senang. 

Patriotik: tinggi dan lantang.

Sinis: rendah, pelan, dan sinis.

Protes: tinggi dan memperlihatkan suatu penolakan.

4. Amanat

Struktur batin puisi yang terakhir adalah amanat. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. 


Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain