Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

Sistematika dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Beserta Contoh


 Sistematika dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Beserta Contoh  - Hallo Sahabat pintar, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sistematika surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. semoga dengan adanya sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan ini bisa membantu sahabat pintar. 

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, selain harus faham tentang struturnya kita juga harus faham penulisannya. bagaimana tanda bacanya, ejaanya, Pemakaian hurufnya, dst.

Sistematika dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar Beserta Contoh  

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat

Hal yang pertama adalah penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat. Penulisan ini sangat penting untuk mengetahui kapan dan di mana surat lamaran dibuat. Peletakan tempat dan tanggal ini biasa ada di pojok kanan atas tanpa titik, karena bukan kalimat.

2. Lampiran dan hal

Biasanya pada surat lamaran Anda akan menyisipkan berbagai lampiran. Contohnya pada surat lamaran harus dilengkapi oleh data diri dan kualifikasi pelamar sebanyak 3 lembar, jadi Anda dapat menulisnya seperti berikut:

Lampiran : Tiga lembar

Hal              : Pemberitahuan

Kesalahan yang biasanya terjadi adalah menyingkat kata ampiran menjadi “lamp” atau “lamp”. Agar menjadi surat lamaran yang baik dan benar maka jangan menyingkat kata lampiran.

3. Alamat surat

Alamat surat biasanya akan memuat penerima dan alamat perusahaan yang ingin dilamar. Selain itu sering terjadi beberapa kesalahan dalam menulis alamat surat. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis alamat surat dalam lamaran pekerjaan.

Surat lamaran kerja termasuk surat dinas, jadi Anda tidak menyurati seseorang saja. Maka dari itu, Anda tidak perlu menggunakan “Kepada”.

Penulisan alamat sebaiknya tidak lebih dari tiga baris untuk mempersingkat isi surat.

Apabila Anda menuliskan jabatan seseorang dalam alamat surat maka tidak perlu menggunakan panggilan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu.

Penulisan keterangan teks “Jalan” pada alamat tidak boleh disingkat.

Alamat surat bukan kalimat, maka dari itu jangan menggunakan titik di setiap akhir baris.

Contoh:

Yth. Manajemen PT. Sukses Mandiri

Jalan Sukarasa nomor 115, Citereup

Bandung

4. Salam Pembuka

Salam pembuka dalam surat lamaran merupakan salam atau ucapan hormat yang biasa dimulai dengan kalimat “Dengan hormat, “ untuk memulai surat lamaran pekerjaan secara formal.

Contohnya:

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran menjadi Staf IT Support pada PT. Maju Mandiri.

5. Alinea Pembuka

Alinea pembuka ini merupakan alinea utama untuk mengungkapkan pernyataan diri. Maksudnya adalah bila iklan lowongan pekerjaan mencantumkan permintaan untuk pelamar yang merupakan lulusan baru atau fresh graduate, dan kebetulan Anda adalah baru lulus maka Anda dapat mencantumkannya secara tidak langsung di alinea pembuka ini.

Jadi dapat di kata, alinea pembuka merupakan menjadi jembatan utama dialog antara surat lamaran pekerjaan dan iklan lowongan pekerjaan. Hal ini penting agar organisasi atau perusahaan yang Anda lamar merasa dihargai karena Anda tidak hanya membuat surat lamaran yang sama untuk semua perusahaan.

Contoh Alinea Pembuka (kalimat pembuka surat lamaran yang benar):

Dengan Hormat,

Berdasarkan kebutuhan yang tercantum dalam lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui internet, saya siap untuk bekerja keras dan memiliki kualifikasi yang relevan, karena saya baru saja lulus dari Universitas bidang keahlian Administrasi Perkantoran.

6. Isi Surat

Isi surat lamaran pekerjaan terdiri dari hal-hal berikut ini.

Identitas diri

Berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat ditambah hal lainnya sesuai dengan keperluan melamar. Dalam menuliskan keterangan tersebut, huruf awal kata menggunakan huruf kecil, contohnya:

    nama                               : Budi Jaya

    tempat tanggal lahir        : Denpasar, 25 Januari 1997

    pendidikan terakhir        : S-1 Sistem Komputer

    alamat                         : Jl. Ahmad Yani N0. 1, Denpasar, Bali, 80115

Maksud dan tujuan

Merupakan keterangan mengenai alasan pengirim atau pelamar untuk menulis surat.

Menyatakan lampiran

Lowongan pekerjaan akan meminta beberapa dokumen persyaratan meliputi ijazah, kartu tanda penduduk, hingga pasfoto, dsb.

7. Penutup

Dalam penutup, sebaiknya pelamar pekerjaan harus menunjukkan keantusiasan atau harapan terhadap pekerjaan yang dituju.

Contoh:

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan .

Salam Penutup

Jika di awal terdapat salam pembuka tentunya di bagian akhir surat harus dilengkapi menggunakan salam penutup. Salam penutup dapat Anda tulis sederhana seperti:

Hormat saya,

Tanda tangan dan nama terang

Hal ini berguna untuk menginformasikan bahwa pelamar benar-benar menulis lamaran tersebut atas keinginan dirinya sendiri. Bagian ini dibubuhkan tepat di bawah salam penutup. Contohnya:

Hormat saya,

(tanda tangan)

nama

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain