Untuk Mendukung Blog Ini Klik Salah Satu Iklan Yang Tayang. DONASI DISINI

CONTOH LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA LARUTAN ASAM BASA PDF TAHUN 2022

CONTOH LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA LARUTAN ASAM BASA PDF TAHUN 2022 - Hallo sahabat semua kembali dengan admin yang akan membagikan kepada kalian semua tentang sebuah contoh laporan kimia yang mungkin bisa dijadikan referensi atau mungkin sama dengan apa yang sedang kalian kerjakan, oke kita langsung saja ke pembahasan dibawah ini.

A.Judul Percobaan

Larutan Asam dan Basa

B.Tujuan Percobaan

  • Untuk menguji larutan yang termasuk asam dan basa menggunakan pH indikatordan kertas lakmusii)
  •  Untuk menguji bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa

C.Dasar Teori

Indikator asam-basa (disebut juga Indikator pH) adalah senyawa halokromik  yangditambahkan dalam jumlah kecil ke dalam sampel, umumnya adalah larutan  yangakan memberikan warna sesuai dengan kondisi pH larutan tersebut. 

Pada temperatur25° Celsius, nilai pH untuk larutan netral adalah 7,0. Di bawah nilai tersebut larutandikatakan asam, dan di atas nilai tersebut larutan dikatakan basa. Kebanyakansenyawa organik yang dihasilkan makhluk hidup mudah melepaskan proton (bersifatsebagai asam Lewis), umumnya asam karboksilat dan amina, sehingga indikator asam-basa banyak digunakan dalam bidang biologi dan kimia analitik.

Teori Lewis yang mengatakan Asam adalah senyawa yang dapatMenerima pasangan elektron bebas dari senyawa lainAsam merupakan salahsatu penyusun dari berbagai bahan makanan dan minuman, misalnya cuka,keju, dan buah-buahan. Menurut Arrhenius, asam adalah zat yang dalam airakan melepaskan ion H+.Basa adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan dalam air (larutan) dapatmelepaskan ion hidroksida (OH-). 

Oleh karena itu, semua rumus kimia basaumumnya mengandung gugus OH. Dalam keadaan murni, basa umumnyaberupa kristal padat dan bersifat kaustik. Beberapa produk rumah tanggaseperti deodoran, obat maag (antacid) dan sabun serta deterjen mengandungbasa.

Identifikasi Larutan Asam dan Basa Menggunakan Indikator AlamiCara lain untuk mengidentifikasi sifat asam atau basa suatu zat dapat menggunakanindikator alami. Berbagai bunga yang berwarna atau tumbuhan, seperti daun, mahkota bunga, kunyit, kulit manggis, dan kubis ungu dapat digunakan sebagai indikator asam basa. Ekstrak atau sari dari bahan-bahan ini dapat menunjukkan warna yang berbedadalam larutan asam basa.

DOWNLOAD LAPORAN

Untuk kalian semua yang menginginkan secara lengkap kalian bisa mendownloadnya di link dibwah ini.

DOWNLOAD

Baca juga :

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.
© BLACK SCRIPTS. All rights reserved. Developed by Jago Desain